February 20, 2009

Profesor 4 : Sialnya Menjadi Orang Jawa

Filed under: Uncategorized — rani @ 5:34 pm

Tidak selamanya menjadi seorang Jawa yang menjadi kelompok etnis terbesar di wilayah Nusantara menyenangkan dan mendapat berbagai kemudahan. Seorang Guru Besar UI, yang mempunyai reputasi dan berpengalaman diperbantukan sebagai birokrat di lingkungan pemerintahan mengalami hal yang tidak mengenakkan.

Sang Guru Besar ini selama beberapa waktu lamanya sempat menjabat posisi penting di lingkungan salah satu institusi pemerintahan dan tahu betul seluk beluk birokrasi. Setelah tidak menjabat, kembali lagi mengajar di almamater dan turut aktif menjadi anggota Senat Akademik Universitas.

Pada waktu SBY akan membentuk pemerintahan baru, seorang alumni UI yang pernah menjadi anggota kabinet serta mempunyai hubungan yang baik dengan SBY, mengusulkan supaya sang profesor memegang jabatan salah satu kementerian, dengan alasan sudah menguasai bidangnya serta tidak diragukan integritasnya. Pengusulannya semata-mata didasarkan pada profesionalisme, bukan karena kebetulan sesama profesor dan sesama alumni.

Bagaimana tanggapan SBY atas usulan tersebut? SBY kurang lebih menjawab seperti ini.”Mohon maaf, sudah banyak orang Jawa yang duduk dalam kabinet yang akan saya bentuk. Saat ini, yang diperlukan adalah seorang menteri yang berasal dari Kalimantan.” (19/02/09)

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment