January 30, 2009

Caleg Berstatus Dosen

Filed under: Uncategorized — rani @ 2:24 pm

Ketika menghadiri peringatan 100 Tahun Pendidikan Hukum di Indonesia hari Kamis (29/01) di Kampus Fakultas Hukum Depok, seorang teman yang berstatus dosen bercerita tentang teman-temannya yang mengajukan diri menjadi calon legislatif (caleg) dari partai tertentu. Mereka itu sudah lolos dari verifikasi pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU).

 

 

Sebetulnya dosen yang berstatus PNS menjadi caleg atau menjadi pimpinan parpol bukan sesuatu hal yang baru. Pada periode sebelumnya hal demikian memang kerap terjadi. Tetapi kali ini persoalannya berbeda, karena ada aturan-aturan tertentu yang harus dipatuhi sebelum seseorang menjadi caleg, bahkan parpol yang mencalonkan pun pastinya sudah tahu aturan main merekrut caleg. Aturan tersebut misalnya para caleg (dosen) harus mengajukan pengunduran dirinya sebagai PNS serta harus diketahui oleh pimpinan/atasannya dimana dia bekerja. Kalau ternyata dikemudian hari caleg tersebut tidak terpilih, tidak bisa kembali menjadi pegawai dimana caleg tersebut dahulu bekerja. Dan kalau tidak ada surat tertulis pengunduran dirinya, caleg tersebut bisa dijerat dengan hukuman pidana.

 

Ada peribahasa, sepintar-pintarnya menyembunyikan terasi, pasti akan tercium baunya. Maka tinggal tunggu saja nanti setelah pemilu, adakah dosen yang mengundurkan diri atau terjerat hukum pidana.

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment