Mengoptimalkan Windows Explorer untuk Mengatasi Beberapa Masalah Virus (1)

Virus (komputer) sudah menjadi bagian hidup, tatkala penggunaan komputer masih menjadi bagian dari pekerjaan sehari-hari. Virus bukan urusan pakar IT semata, tapi juga orang urusan awam yang tidak terlepas dari penggunaan komputer. Bagaimana mengenali suatu virus, mencegah penularan virus, dan seberapa bahaya suatu virus ? Simak tulisan berikut.

Saya sering menggunakan flash disk untuk bertukar data, maka sesering itulah resiko tertular virus akan terus mengikuti saya.

Untuk mencegah virus memulai infeksinya ke komputer, saya akan abaikan fitur Autoplay pada windows, caranya ? Mudah. Cukup tekan Cancel (X) atau tutup kotak tersebut ketika setelah saya mencolokkan flashdisk ke komputer dan ada kotak dialog yang menanyakan untuk membuka sesuatu (lihat Gambar 1).

Autoplay Gambar 1

Banyak virus yang memanfaatkan kebiasaan saya ini, jadi saya biasakan untuk tidak menggunakan fitur Autoplay lagi.

Lalu bagaimana membedakan virus ketika saya sudah berada di dalam Windows Explorer ? Gunakan fitur View dan telanjangi mereka.

Pada Windows 7, di kanan atas windows explorer saya ada icon view seperti pada Gambar 2.

Icon View Gambar 2

Cukup klik panah ke bawah yang ada, lalu pilih tampilan Details.

Dengan demikian akan terlihat semua file beserta tipe / jenis aslinya. Lho, aslinya ? Maksudnya ?

Iya, kadang virus menyamarkan diri mereka sebagai dokumen yang pernah saya buat, jadi gambar yang terlihat oleh mata saya adalah icon Word dengan W warna biru, tapi begitu saya klik ternyata virus.

Nah, untuk membedakan mana yang virus atau buka, setelah saya menampilkan isi windows explorer dalam tampilan Details tadi, maka di samping kanan dari tiap dokumen akan terdapat jenis/tipe dokumen tersebut. Jika memang dia adalah dokumen word, maka tipenya tentu saja MS Word Document, namun jika dia ternyata virus, maka tipenya akan tertulis Application. Ini yang harus saya hapus.

212 Responses

Leave a Reply