RSS Feed

Jenis Bahan Kertas untuk Membuat Amplop

Posted by NURUSYSYARIFAH A on 23rd January and posted in Informasi

Jenis Bahan Kertas untuk Membuat Amplop

Amplop menjadi salah satu barang kebutuhan penting siapapun mulai dari perkantoran sampai perorangan membutuhkannya. Fungsi dari amplop sendiri adalah wadah surat atau dokumen penting dalam bentuk cetak agar terlindungi dari resiko rusak ataupun hilang.

Jenis Bahan Kertas untuk Membuat Amplop

Amplop memiliki berbagai kegunaan. Sehingga desainnya disesuaikan dengan keperluannya. Untuk membuatnya diperlukan keahlian khusus, maka dari itu disarankan untuk menggunakan jasa percetakan buku agar hasilnya memuaskan. Berikut ini jenis kertas yang dapat menjadi ide untuk Anda.

  1. Kertas HVS

Kertas ini banyak sekali digunakan di cetak buku murah, mulai dari pembuatan buku agenda, mencetak dokumen penting, bahkan tugas sekolah. HVS 80 gsm dan 100 gsm juga digunakan sebagai amplop surat. Walaupun ringan, kertas ini kurang direkomendasikan karena kurang dalam daya tahannya.

  1. Kertas Matte Paper

Bila menginginkan amplop dengan tekstur permukaan yang lembut dan halus dapat menggunakan Matte Paper 120 gsm. Amplop dengan jenis bahan ini dapat didesain dengan warna yang beragam karena bersifat glare free. Kesaannya pun mewah, fancy, dan eksklusif.

  1. Kertas Samson Kraft

Sebagai kertas daur ulang modern, Samson Kraft berwarna coklat dan permukaannya bertekstur sedikit kasar. Yang biasanya dijumpai adalah amplop coklat lamaran kerja. Ketebalan yang direkomendasikan dalam menggunakan kertas ini adalah 70 gsm, 200 gsm, dan 280 gsm.

  1. Kertas Art Paper

Untuk desain amplop yang eye catching bisa menggunakan ketas Art Paper 150 gsm sebagai bahannya. Sebab kertas ini memiliki permukaan dengan kesan glossy. Daya tahan yang ditawarkan pun bagus sehingga aman dalam menyimpan dokumen. Sayangnya, cukup kaku untuk jadi amplop.

  1. Kertas Earth One White

Pilihan jenis kertas terakhir yang dapat digunakan untuk amplop adalah kertas Earth One White.Bila menyukai amplop dengan tekstur yang kasar, Anda bisa mempertimbangkan kertas jenis ini sebagai bahan pembuatannya. Kertas memiliki warna putih polos sehingga bisa dikreasikan sekreatif mungkin.

Itulah jenis-jenis kertas yang dapat digunakan dalam pembuatan amplop. Pilihlah sesuai kebutuhan Anda. Untuk mendapatkan hasil cetakan memuaskan dan berkualitas bisa dilakukan di percetakan buku terpercaya. Semoga membantu.

Comments are closed

Powered By Wordpress || Designed By @ridgey28