all about the world of sports medicine at Faculty of Medicine, Universitas Indonesia
all about the world of sports medicine at Faculty of Medicine, Universitas Indonesia

PROGRAM STUDI

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER SPESIALIS ILMU KEDOKTERAN OLAHRAGA FKUI

Aktivitas fisik, exercise dan olahraga merupakan elemen kunci dalam menjaga dan memelihara kesehatan. Penerapan ilmu kedokteran olahraga dalam pemeliharaan kesehatan tersebut diharapkan dapat memberi manfaat bagi pelakunya serta mencegah dan mengobati cedera yang mungkin terjadi. Sebagaimana pada praktik kedokteran pada umumnya, aspek promosi, pencegahan, pengobatan, dan rehabilitasi merupakan landasan bagi penatalaksanaan menyeluruh, integratif dan berkelanjutan yang diterapkan dalam Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Kedokteran Olahraga di FKUI.

Program Studi ini  didirikan sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat akan dokter spesialis yang terlatih mengatasi masalah medis yang terkait dengan pelatihan bagi atlet dan komunitas yang melaksanakan aktivitas fisik/olahraga. Pelayanan kesehatan dalam bidang kedokteran olahraga yang diterapkan berdasarkan pemahaman komprehensif tentang karakteristik pelatihan dan dampaknya terhadap tubuh manusia dan kemampuan dalam memberi konseling yang adekuat telah terbukti menjadi hal yang penting untuk keberhasilan suatu program exercise atau olahraga.

 

VISI

Menjadi program studi yang berperan serta meningkatkan kualitas kesehatan dan kebugaran nasional melalui program pendidikan dokter spesialis kedokteran olahraga unggulan yang memberi pengalaman istimewa bagi semua.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas di bidang spesialisasi kedokteran olahraga yang bercirikan pengembangan keilmuan dan kemanfaatan ilmu yang relevan secara nasional dan internasional didukung akses yang luas, pendidikan dan pengajaran berkualitas, dan partisipasi aktif semua pihak.
  2. Mengembangkan keilmuan dan keprofesian bidang kedokteran olahraga melalui program/kegiatan dalam pendidikan dokter spesialis yang memanfaatkan ilmu kedokteran untuk mendukung manusia secara pribadi, keluarga, komunitas dan masyarakat luas memperoleh kehidupan yang sehat dan sejahtera melalui terintegrasinya upaya berkegiatan fisik secara aktif dengan upaya pemeliharaan kesehatan sebagai bagian dari Pola Hidup Sehat.
  3. Menyiapkan lulusan menjadi bagian dari pelayanan kesehatan terintegrasi dan berjenjang yang diterapkan di Indonesia, untuk semua kelompok komunitas yang membutuhkan melalui pengalaman langsung dalam pelayanan kesehatan bidang kedokteran olahraga.
  4. Mengembangkan penelitian unggulan bidang kedokteran olahraga untuk mendapatkan bukti terbaik bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat melalui upaya kesehatan bidang kedokteran olahraga.

 

TUJUAN

  1. Mengembangkan kinerja profesional Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga yang diwujudkan dalam ketajaman analisis permasalahan, keserbacukupan kajian dan keterpaduan pemecahan masalah.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran olahraga, dengan menjunjung etika ilmu, etika profesi dan hukum kedokteran.
  3. Mencegah dan mengatasi masalah kesehatan individu dan masyarakat yang timbul sebagai konsekuensi partisipasi dalam kegiatan olahraga dan latihan jasmani.
  4. Memanfaatkan olahraga dan latihan jasmani sebagai bagian upaya pencegahan dan pengelolaan masalah kesehatan individu dan masyarakat yang timbul sebagai konsekuensi gaya hidup kurang aktif/sedentary.
  5. Mengupayakan penggunaan keahlian spesialis kedokteran olahraga dengan penuh tanggung jawab secara mandiri atau bersama-sama dalam bentuk pelayanan kesehatan perorangan, keluarga dan masyarakat sesuai kebutuhan.
  6. Menghasilkan riset unggulan kolaborasi lintas bidang ilmu kedokteran, kesehatan dan olahraga.
  7. Memanfaatkan penelitian sebagai bagian tidak terpisahkan dari pencapaian kompetensi akhir spesialis kedokteran olahraga.

 

Pencapaian tujuan diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang dapat membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan mengatasi permasalahan bangsa lainnya khususnya dalam bidang olahraga.