ACCOUNTING & FINANCE CORNER
Thursday February 20th 2020

Akuntansi ETAP untuk BPR dan BPRS (Revisi)

Berikut materi akuntansi ETAP untuk BPR dan BPRS. Materi ini merupakan update per tanggal per 6 Nopember 2014. Khusus untuk BPRS satu materi lengkap saya ambil dari website OJK draft PA BPRS (Badan Pembiayaan Rakyat Syariah). Mungkin ke depan akan diupdate dan diberikan contoh ilustrasi soal.

SE Pelaporan BPR

Pedoman Akuntansi BPR pdf

Slide Pelaporan BPR 30102014

Slide PEDOMAN AKUNTANSI BPR ETAP 05112014

Slide Pengantar Akuntansi BPR SYARIAH ETAP 05112014

Slide Akuntansi BPR SYARIAH ETAP 06112014

 

 

Overview PSAK Baru Efektif 2015

Beberapa PSAK baru diterbitkan pada 2013 dan 2014 yang akan afektif pada tahun 2015. Mungkin beberapa slide berikut ini bermanfaat untuk teman-teman dalam membaca PSAK tersebut. Ada beberapa yang sudah disiapkan namun belum selesai. Somoga dimudahkan Allah untuk menyelesaikan.

 

Overview PSAK eff 2015 versi 11092014

SAK ETAP DETIL 12092014

Akuntansi ETAP Rumah Sakit

PSAK 24 Imbalan Kerja revisi 2013 – 12092014

 

Palembang 13 Sept 2014

 

salam

Dwi Martani

SNA XVII Mataram 24 – 27 September 2014

Simposium Nasional Akuntansi XVII – Mataram
Pertemuan Akbar Peneliti, Akademisi, Praktisi dan Mahasiswa Akuntansi

Simposium Nasional Akuntansi (SNA) merupakan kegiatan tahunan IAI KAPd dan merupakan pertemuan akbar akuntan di Indonesia. Pada kegiatan tersebut bertemua para peneliti, akademisi, praktisi dan juga mahasiswa akuntansi. Mereka saling bertukar pengetahuan, pengalaman, penelitian dan menjalin kerjasama. Dari tahun ke tahun kegiatan SNA semakin semarak dengan beragamnya acara dan kegiatan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan akuntansi. Detail kegiatan SNA dapat dilihat pada link berikut. Update Susunan Acara Forum Dosen Program Riset SNA update 15092014
Pada SNA XVII, tema yang diangkat adalah “PERANAN AKUNTAN DALAM PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN MELALUI PELAPORAN TERINTEGRASI”. Tema ini diangkat untuk menegaskan kembali bahwa akuntan memiliki peranan dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan demi mewujudkan kesejahteraan berkelanjutan. Perkembangan pelaporan akuntansi internasional menuju pelaporan terintegrasi menjadikan peran akuntan dalam pelaporan entitas semakin luas, tidak hanya melaporkan aspek keuangan namun informasi non keuangan sebuah entitas. Tanggung jawab entitas secara komprehensif dalam menciptakan profit, menyelamatkan planet, dan memperhatikan people (tripple bottom line), akan menjamin pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan karena tidak ada mengejar pertumbuhan saat ini namun juga menghasilan pertumbuhan keberlanjutan di masa depan.

Pelaporan entitas akan diarahkan untuk dapat menginformasikan aktivitas entitas dalam melaksanakan tanggung jawab kepada people, profit dan planet. Untuk itu diperlukan perubaan paradigma dalam akuntansi, karena akuntan harus melaporkan ketiga tanggung jawab tersebut dalam laporan keuangan, laporan tahunan maupun dalam laporan keberlanjutan. Untuk memenuhi hal tersebut diperlukan modifikasi kurikulum pembelajaran, pengembangan bidang ilmu dan kesiapan sumber daya manusia.

SNA akan membahas perkembangan praktik pelaporan terintegrasi dalam perusahaan, institusi strategis seperti BI dan perkembangan regulasi pelaporan yang dikeluarkan oleh regulator. Akan didiskusikan pula perkembangan penelitian pada bidang tersebut serta perkembangan praktik dan standar internasional pelaporan terintegrasi. Aspek kesiapan SDM dalam menyiapkan pelaporan terintegrasi dan kesiapannya dalam menghadapi persaingan global akan melengkapi pembahasan acara utama SNA.

Selain seminar utama, acara SNA akan diisi dengan kegiatan diskusi penelitian yang akan menampilkan hasil-hasil penelitian akuntansi yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa akuntansi. Paper yang dipresentasikan dalam acara ini merupakan paper yang telah diseleksi oleh tim reviewer dari paper yang masuk ke panitia. Diskusi akan dilaksanakan dalam kelas paralel sesuai dengan bidang penelitian. Kegiatan ini akan memberikan gambaran bagaimana perkembangan penelitian akuntansi di Indonesia. Untuk dosen dan mahasiswa mengikuti diskusi tersebut dapat membuka wawasan dan memberikan ide-ide baru penelitian.

Kegiatan SNA merupakan pertemuan akbar untuk meningkatkan kompetensi dosen dan pengelola program studi. Pada hari pertama kegiatan SNA diawali dengan workshop forum dosen. Dalam workshop ini dosen akan berkumpul dalam bidang masing-masing untuk mendiskusikan:
– Pengembangan kurikulum mata kuliah terkait dengan bidang tersebut
– Pengembangan metodologi pengajaran yang tepat dalam mengajarkan bidang ilmu tersebut
– Perkembangan bidang ilmu, praktik atau regulasi yang terkait dengan bidang ilmu
– Perkembangan penelitian bidang ilmu
– Pembahasan mengenai potensi network dan kerjasama antar dosen dalam satu rupun bidang ilmu termasuk pemilihan koordinator.

Kegiatan forum dosen ini akan dibagi dalam kelas paralel untuk bidang ilmu berikut:
1. Akuntansi Keuangan
2. Akuntansi Manajemen
3. Akuntansi Sektor Publik
4. Akuntansi Syariah
5. Auditing
6. Perpajakan
7. Sistem Informasi Akuntansi
8. Governance dan CSR

Melalui diskusi dalam pertemuan ini dosen dapat mengupdate pengetahuan, memperoleh sharing pengalaman serta mengembangkan kerjasama dengan dosen lain. Harapannya kegiatan ini dapat mengurangi kesenjangan kualitas pengajaran sehingga akan terdapai keseragaman kompetensi untuk masing-masing bidang ilmu.

Untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan dosen dalam penelitian, SNA juga menyediakan forum khusus untuk meningkatkan kemampuan penelitian dan publikasi. Kegiatan dalam forum penelitian akan diisi dengan diskusi dalam kelas paralel oleh para pakar dan peneliti Akuntansi untuk beberap topik berikut ini:
• Bagaimana membuat hipotesis
• Teknik menyusun kuesioner
• Penelitian Kualitatif
• Bagaimana mempublikasikan hasil penelitian pada jurnal internasional

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi dosen dan mahasiswa yang sedang menyelesaikan studinya. Melalui forum ini pengetahuan penelitian dosen dapat meningkat. Sharing dari para pakar akan membuka wawasan bagaimana melakukan riset dan publikasi sehingga dosen dapat memahami teknik-teknik terbaik dalam penelitian. Secara otomatis pemahaman ini akan digunakan oleh dosen sebagai bekal dalam melakukan penelitian secara mandiri maupun dalam membimbing mahasiswa dalam melakukan penelitian.

Pengelolaan Program Studi merupakan hal yang juga akan didiskusikan dalam forum ketua program studi. Dalam forum ini akan dibahas bagaimana mengembangkan kurikulum yang tepat sehingga dapat menghasilkan akuntan yang berkualitas siap menghadapi tantangan global. Dalam SNA akan dilaksanakan Diskusi Forum Program Studi Pendidikan Profesi Akuntansi (SNA) dan Forum Program Studi S1.

Acara SNA akan ditutup dengan kegiatan Rapat Umum Anggota IAI KAPd. Untuk SNA kali ini, rapat umum anggota memiliki makna strategis karena akan dilakukan pemilihan ketua umum IAI KAPd yang baru. Rapat Anggota memiliki dua agenda utama yaitu penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus 2012-2014 dan pemilihan ketua untuk periode 2014-2016.

Selain acara serius dalam bentuk workshop dan seminar, SNA juga merupakan arena untuk silaturahmi dan temu kangen sesama dosen, mahasiswa atau praktisi akuntansi. Acara gala dinner akan menjadi ajang untuk menjalin kerjasama sesama peserta. Dalam gala dinner peserta akan disuguhi dengan aneka kekhasan Lombok baik dari kuliner maupun kesenian khas Lombok.

Dalam SNA akan digelar pameran buku dan produk khas Mataram. Untuk program studi yang akan mengisi perpustakaannya atau kesulitan mencari buku-buku akuntansi, momen SNA dalam dijadikan ajang untuk berbelanja buku. Bagi yang mau membawa oleh-oleh, panitia sudah menyediakan tempat berbelanja di arena SNA sehingga lebih mudah.

Tidak lengkap rasanya jika kegiatan SNA tidak ditutup dengan tour menikmati indahnya pantai Sengigi, Pantai Kuta, snorkling di pulau Gili atau sekedar shopping membeli mutiara. Dalam perjalanan tour peserta dapat lebih saling mengenal sehingga dapat menambah teman dan sahabat. Hal yang pasti, SNA XVII seperti halnya acara pada setiap SNA, ingin menjadi momen indah yang tidak terlupakan serta selalu dapat kita ingat dan ceritakan di masa depan.

Ditunggu kehadirannya pada acara SNA XVII Mataram

Salam hangat

Dwi Martani

Informasi pendaftaran SNA : 021-31904232 atau 021 391089 atau 021 71544455 email: registrasi@iaiglobal.or.id

 

Akuntansi Keuangan 2 Silabus dan Materi

Untuk teman-teman yang mengajar dan ingin belajar Akuntansi keuangan, silakan untuk melihat materi dalam bentuk ppt contoh-contoh soal untuk digunakan dalam ujian atau sekedar latihan.

 

Semoga bermanfaat

Depok 9 Februari 2014

Laporan Keuangan Pemerintah Berbasis Akrual

Tahun 2015 pemerintah baik pusat maupun daerah harus menyusun laporan keuangan pemerintah menggunakan PP nomor 71 tahun 2010 lampiran 1 dengan menggunakan basis akrual. Jika pengin tahu bagaimana cara melakukan pencatatan dan transformasi dapat dilihat dalam slide dalam sub pages SAP.

semoga  bermanfaat.

PSAK Baru dan Exposure Draft PSAK Revisi 2013

 

Buat teman-teman yang pengin tahu khabar terakhir tentang PSAK. Setelah konvergensi tahn 2012, mulai tahun 2013 DSAK mengeluarkan beberapa exposure draft. Ada dua kali publik hearing PSAK yang dilakukan di bulan Juli dan Desember 2013. Untuk PSAK yang dihearingkan pada Juli 2014 telah disahkan dan efektif akan berlaku di tahun 2015. Sedangkan untuk PSAK yang dihearingkan Desember masih dalam proses.

Silakan lihat exposure draftnya di pages ED PSAK. Untuk slide-nya hanya beberapa yang telah dibuat versi ppt, masih menunggu versi PSAK yang masih dalam proses finalisasi. Silakan dilihat dalam Slide PSAK.

salam

 

SIMPOSIUM NASIONAL AKUNTANSI 16 MANADO

 

Simposium Nasional Akuntansi adalah pertemuan nasional dosen akuntansi seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan event terbesar IAI Kompartemen Akuntan Pendidik. Hasil penelitian di bidang akuntansi, perkembangan praktik dan bidang ilmu akuntansi didiskusikan pada acara tersebut.

Materi Seminar – Kamis

Materi Diskusi Panel – Prof Sidharta Utama, CFA  Governance and Financial Reporting Quality SNA

Materi Workshop – Rabu

Koreksi Kesalahan

Sebuah perusahaan melakukan kesalahan yang terjadi di tahun 2008, misalkan entitas salah menghitung depresiasi aset tetap yang diperoleh pada tahun 2008, depresiasi yang dilakukan 10 seharusnya 25. Kesalahan tersebut baru diketahui pada tahun 2012.
Bagaiman perlakukan akuntansinya.

Sesuai dengan PSAK 25, koreksi kesalahan harus diberlakukan secara retrospektif dimulai saat kesalahan tersebut ditemukan. Sesuai dengan PSAK 1 ketika terjadi penyajian kembali (retrospektif) yang berdampak pada lebih dari periode lalu, maka laporan posisi keuangan disajikan komparatif untuk periode sekarang, komparatif periode lalu dan awal peride lalu.

Kesalahan tersebut akan mengoreksi saldo laba dan nilai akumulasi depresiasi. Perusahaan harus menyajikan kembali laporan keuangan komparatif yang disajikan kembali dengan mengoreksi akumulasi depresiasi dari tahun 2008. Dampak kesalahan tersebut juga harus dikoreksi dari tahun 2008.

PSAK 25 menyebutkan jika tidak praktis untuk kembali ke periode di mana kesalahan terjadi, maka entitas dapat melakukan penyesuaian dimulai di mana periode tersebut praktis. Pengungkapan diperlukan untuk menjelaskan alasan tidak praktis tersebut.

salam

Contoh Ilustrasi Aset Tetap – Model Revaluasi

Ada pertanyaan soal revaluasi aset tetap. Daripada saya bingung dan dikejar rasa bersalah karena tidak membantu teman, lebih baik saya share soal dan jawabannya di sini. Semoga dapat digunakan teman-teman yang lain belajar. Silakan dikritisi kalau ada yang salah.

PT. Melati memiliki aset bangunan dengan harga perolehan 400jt, dibeli tanggal 2 Januari 2000. Aset ini didepresiasikan selama 20 tahun tanpa nilai sisa. Perusahaan menggunakan model revaluasi aset dalam menilai gedung terebut.
Data hasil revaluasi: pada 31 Desember 2001 dinilai kembali nilainya 420jt, 31 Desember 2003 sebesar 360 jt dan 31 Desember 2005 sebesar 400jt.

2 Januari (satuan juta)
Gedung                    400
Kas                             400

31 Desember 2000 depresiasi
Beban Depresiasi      20
Akumulasi Depresiasi           20

31 Desember 2001 depresiasi
Beban Depresiasi 20
Akumulasi Depresiasi 20

31 Desember 2001 Revaluasi
Akumulasi Depresiasi 40
Gedung 40
Gedung 60
Surplus Revaluasi 60
Nilai gedung baru 420 didepresiasi selama 18 tahun

31 Desember 2002 depresiasi
Beban Depresiasi 23,33
Akumulasi Depresiasi 23,3
Surplus Revaluasi 3,33
Saldo laba 3,33

31 Desember 2003 depresiasi
Beban Depresiasi 23,33
Akumulasi Depresiasi 23,3
Surplus Revaluasi 3,33
Saldo laba 3,33

31 Desember 2003 Revaluasi
Akumulasi Depresiasi 46,66
Gedung 46,66
Surplus Revaluasi 13,33
Gedung 13,33

Nilai gedung baru 360 didepresiasi selama 16 tahun
Surplus revaluasi 60-6.67-13.33 = 40 diamortiasi selama 16 tahun

31 Desember 2004 depresiasi
Beban Depresiasi 22,50
Akumulasi Depresiasi 22,50
Surplus Revaluasi 2,5
Saldo laba 2,5

dst

25th ASIAN-PACIFIC CONFERENCE ON INTERNATIONAL ACCOUNTING ISSUES – CALL FOR PAPER


25th ASIAN-PACIFIC CONFERENCE ON INTERNATIONAL ACCOUNTING ISSUES

 

November 10-13, 2013

BALI, INDONESIA

 

Co-Sponsored by:

UNIVERSITAS INDONESIA

INDONESIA

AND

CRAIG SCHOOL OF BUSINESS

CALIFORNIA STATE UNIVERSITY, FRESNO

U.S.A.

 

1st CALL FOR PAPERS

 

Home Page: www.apconference.org 

BACKGROUND

The Twenty-Fifth Asian-Pacific Conference on International Accounting Issues will be held on November 10-13, 2013 in Bali, Indonesia. The Conference will provide an important forum for the interaction of different ideas and information between academicians and practitioners, in order to enhance the understanding of international accounting issues in various countries.

 

Research paper presentations and special workshops will be held by well-known international accounting scholars and practitioners to discuss issues on international accounting research, education, and practice, impact of advanced technology in international accounting, comparative ethics in international auditing and business, and related international business topics.

 

Prominent scholars and practitioners from the United States, Canada, Europe, China, Hong Kong, Japan, Korea, Philippines, Thailand, Malaysia, Singapore, Taiwan, Indonesia, India, Australia, New Zealand, Mexico, South America, Middle East, and other countries are expected to attend the conference.

 

CONTINUING PROFESSIONAL EDUCATION CREDITS

Participants in our past conferences have earned up to 16 CPE credits.

 

TOPICS

Paper presentations and panel discussions on international accounting and other related international business topics are invited.  Major topics of interest include, but are not limited to:

·         Global Accounting and the Challenges of IFRS

·         Global Currency Issues

·         Accounting’s Role in International Capital Markets

·         Regulation of National and International Banking

·         Implementation and Value Relevance of IFRS

·         The Accountability of Government Functions

·         Changing Paradigm in Accounting, Finance, and Management

·         Extensible Business Reporting Language (XBRL)

·         Accounting for Carbon Credit

·         Sustainable Reporting

·         Forensic Accounting

·         International Accounting Research, Education, and Practice

·         International Financial Issues

·         Corporate Governance and Accountability

·         Earnings Management

·         Revenue Recognition and Quality of Earnings

·         Adaptability of International Accounting Standards

·         Capital Markets

·         Behavioral Issues in Accounting

·         Social and Environmental Issues – Corporate Social Responsibility, Sustainable Development: Performance Measures and Indicators

·         Impact of International Free Trade and Investment on Accounting Education and the Profession

·         Comparative Analysis of Financial Accounting, Managerial Accounting, Auditing, Taxation and Finance, in an International Arena

·         Contemporary Issues of Advanced Technology in International Accounting (such as Impact of Enterprise Resource Planning and E-commerce on Accounting Systems)

·         Information and Control Systems for Multinational Corporations

·         Interrelationship between Accounting and Other Disciplines (such as Management, Marketing, Finance, Economics, Human Resource Management and Information Management)

·         Entrepreneurship and New Ventures

·         Comparative Ethics in International Auditing and Business

·         Cross Cultural Studies in International Accounting

·         Impact of Currency Fluctuations on Financial Reporting and Control

·         Impact of International Mergers and Acquisitions on Accounting Practice

·         Privatization of Governmental Functions and Government Enterprises and their Impact on Accounting

·         Accounting-Marketing Issues

·         Accounting-Finance Issues

·         Accounting-Human Resource Management Issues

·         Accounting-Entrepreneurship Issues

·         Accounting-Management Issues

·         Accounting Programs and Leadership

·         Government and Nonprofit Accounting

·         History and Integrative Teaching and Curriculum

·         Islamic Accounting: Challenges and Opportunities

·         Issues in Public Sector

·         Other related international business topics

 

INTERNATIONAL DOCTORAL COLLOQUIUM

This doctoral colloquium is created to offer participants an opportunity to share their research and provide networking opportunities between senior research faculty and doctoral students. This interactive setting will provide mentoring in the fields and methodologies relevant to accounting and finance and give doctoral students a chance to present their research for discussion in small group situations.

 

INSTRUCTIONS FOR CONTRIBUTORS

Each contributor is required to submit ONLINE a double-spaced copy of the full paper in Microsoft Word for Windows format (Microsoft Word is the preferred format).  For consistency, use a 12-point type font and 1” margins all around.  The paper should not exceed 35 pages.  Please include a cover page indicating the name, title, affiliation, complete postal address, e-mail address, telephone number and fax number of each author.  On the cover page, please also indicate the general topic of your paper (e.g. Financial Accounting, Corporate governance, etc.).  Abstracts without full papers will not be considered.

 

For submission of your paper, please go to conference web site www.apconference.org and submit your paper as an attached file.

 

All papers will be subject to a blind review process.  The submission of a paper for review means the author certifies that the manuscript is not copyrighted, and has not been published elsewhere.

 

Please keep in mind that if you are the co-author of more than 1 paper accepted to the conference, at least 1 of your co-authors of the other papers must register in order to present more than 1 paper at the conference.

 

All submissions must be received by May 14, 2013.  Notification about the decision will be made by July 1, 2013.

 

CONFERENCE REGISTRATION FEE

$350 (US dollar)

A special registration fee of $250 is available to full-time graduate students.

 

Registration fee includes:

Welcome Reception, Luncheons, Coffee Breaks, Gala Dinner (Banquet and Entertainment), Copy of Conference Program and Proceedings, Admission to all Conference Sessions

 

To register for the conference, please visit our website at www.apconference.org.

 

CONFERENCE VENUE

The Conference will be held at the Grand Hyatt, Nusa Dua-Bali, Indonesia.

Room rate will be $235 US dollar net, including breakfast.

 

THE VERNON ZIMMERMAN BEST PAPER AWARDS

The best three papers will each be awarded $500 US dollar, to be selected by a panel of distinguished reviewers. In addition, the best doctoral student paper will also be awarded $500 US dollar.

 

CONFERENCE ADVISORS

Dr. Jossy Prananta Moeis, Dean,  Faculty of Economics, Universitas Indonesia, Indonesia

Dr. Robert Harper, Dean, Craig School of Business, California State University, Fresno, U.S.A.

 

CONFERENCE ADMINISTRATION COMMITTEE MEMBERS

Dwi Martani, Head of Accounting Department, Faculty of Economics, Universitas Indonesia, Indonesia

Ali Peyvandi, Conference Chairman, California State University, Fresno, U.S.A.

 Page 17 of 19  « First  ... « 15  16  17  18  19 »

Latest Topics

Perpajakan 2

Tidak terasa semester berganti, sehingga mahasiswa akan berganti dan materi yang diajarkan juga dimodifikasi. Hanya [Read More]

UMKM DI ERA 4.0

Di era digital 4.0 seluruh aktivitas akan terpengaruh termasuk juga bisnis UMKM. Era digital 4.0 pada satu sisi adalah [Read More]

Overview PSAK

Berikut materi overview PSAK. Untuk contoh soal dapat mengambil dari materi di post-post sebelumnya.   SOAL CP_SAK [Read More]

Instrumen Keuangan

Berikut materi terkait instrumen keuangan PSAK 60 pengungkapan instrumen keuangan 20122017 [Read More]

SD Akuntansi Kontemporer

Matakuliah mengajarkan topik akuntansi terkini dari perspektif penelitian. Penelitian Pajak 22112019 Contoh Riset pajak [Read More]

Popular Topics

Dokumen Publikasi puisi

Pages

Insider

Archives