ACCOUNTING & FINANCE CORNER
Saturday September 21st 2019

K2N Mahasiswa UI – “Menghalau Batas Negeri, Menjangkau Keterasingan, Menuju Percepatan Pembangunan”

Pagi ini, di meja tergeletak UI Update, buletin yang dikeluarkan UI. Mungkin sudah lama dikirim, tetapi baru kali ini sempat sejenak membukanya. Covernya merah putih, seakan mengingatkan bahwa UI menyandang nama Indonesia, yang mestinya lulusannya harus banyak berkiprah untuk negeri tercinta.

UI Update mengisahkan tentang kegiatan K2N UI – singkatan dari Kuliah Kerja Nyata. Tema yang diusungpun membuat “merinding” – “Menghalau Batas Negeri, Menjangkau Keterasingan, Menuju Percepatan Pembangunan” yang dilaksanakan 23-25 Juli 2012.

Kegiatan K2N benar-benar kuliah kerja nyata di lapangan dengan lokasi-lokasi pulau terluar dan daerah terluar negeri ini. Kuliah yang benar-benar diberikan di lapangan, oleh masyarakat, oleh lingkungan. Sebelum dikirim ke daerah mereka dididik dulu ala militer oleh Korps Marinir di Cilandak. Mereka menuju pulau-pulau terluar dengan menggunakan kapal TNI AL ke daerah Kapuas Hulu, Sintang, Kayong Utara, Bengkayang,Malinau, Belu….mereka tidak di kota tetapi masuk ke desa-desa dan langsung menjalankan program-program yang telah mereka susun. Program Kesehatan untuk semua, Pencerahan Hukum, Intervensi orang yagn berkebutuhan khusus. rumah kreatif, keterampilan mandiri dan ekonomi kreatif berbasis SDA Lokal,Kampung berseri.

Kegiatan ini pasti akan menjadi kenangan sendiri masyarakat setempat dan tentunya mahasiswa yang mengikutinya. Melatih disiplin, kepedulian, kemandirian memang tidak dengan diceramahkan di kelas namun lebih tepat dengan pengalaman di lapangan. Semoga kelak sekelumit pengalaman mereka dapat meningatkan mereka bahwa di ujung batas Indonesia masih banyak saudara sebangsa yang harus diperhatikan.

Apresiasi untuk kemahasiswaan UI semoaga di kemudian hari semakin banyak kegiatan serupa dilaksanakan dan kegiatan ini dapat melibatkan lebih banyak mahasiswa.

salam

Materi Pertemuan Forum Kajur di SNA 15 Banjarmasin

Materi Diskusi Forum Kajur pada acara SNA 15 di Banjarmasin dapat dilihat dalam link berikut ini. Diskusi tersebut diisi oleh pemaparan mengenai PP tentang Persyaratan Ujian CPA dan PMK Register Akuntan oleh Bapak Agus Suparto, penjelasan tentang CPA Exam oleh Pak Bayu dan pandangan dari sisi Akademisi oleh Dwi Martani.

1. CPA Pathways – banjarmasin

2. Presentasi RPMK Register Akuntan-banjarmasin

3. DSIAPI-Sosialisasi Sertifikasi-3

4. Presentasi Pengaturan profesi akuntansi – PPAJP present

 

Mohon untuk universitas yang belum hadir pada kesempatan tersebut dapat menghubungi saya untuk dapat kami registrasikan nama kajurnya sehingga dapat tercatat nama universitas dan ketua programnya.

 

salam

Dwi Martani

0813718227080

 

 

Call for Paper The 4th Accounting Conference and The 1st Accounting Student Forum FEUI

Call for Paper

The 4th International Accounting Conference

Jakarta, November 22 – 23, 2012

 

Theme:

“A New Paradigm of Accounting for Capital Market and Corporations:

Bridging the Gap between Theory and Practice”

 

And

 

The 1th Accounting Students Research Forum

Jakarta, November 22 – 23, 2012

 

Theme:

 “A Quest for Thesis Completion”

  Submission deadline September 30, 2012

I.          Background

Department of Accounting, Faculty of Economics, Universitas Indonesia proudly presents The 4th International Accounting Conference. The main theme of the conference is “A new paradigm of Accounting for Capital Market and Corporations: Bridging the Gap between Theory and Practice”.

 

International Accounting Conference was first held by Universitas Indonesia in November 2007.  Since its inception the conference has made progress in terms of participants and reputation.  The Conference will provide an excellent media for exchange of ideas and information among researchers, academicians, and practitioners. Furthermore, the conference is expected to provide meaningful benefits to the accounting societies, particularly for capital market participants and corporations.  In doing so, the conference is aimed to bridge the gap between theory and practice in accounting.

 

The 1st Accounting Students Forum will be held as part of the conference, to provide opportunities for accounting students in all level (undergraduate, master, and doctorate students) to present their research proposal and obtain feedback from discussants. Please refer to Call for Paper of Accounting Students Forum for the details of submission.

 

II.       Venue


Date    :           November  22 – 23, 2012

Venue  :           Bidakara Hotel, Jakarta, Indonesia.

 

III.    Prospective Participants

 The conference is intended for researchers and academicians who are interested in accounting research for the purpose of enhancing research knowledge and skills. The conference is also useful for business practitioners who want to improve their insight on business practice through relevant and applicable research results.

 

The forum is intended for undergraduate, master and doctoral students of accounting program to obtain exposures on research ideas, skill and knowledge.  Participants are students who are in the process of thesis completion for the purpose of obtaining feedback on their thesis, as well as students who are interested in enhancing their research skill and knowledge.

IV.    Important Dates

 

Date

Submission deadline

September 30, 2012

Notification to the authors

October 10, 2012

 

V.       Registration Fee

Conference

 

Early bird

Until October 22,  2012

 

After October 22, 2012

Regular participants

$ 250

$300

Student participants

$125

$175

Accounting Student Forum

 

Early bird

Until October 22,  2012

After October 22, 2012

Presenter:

–          Doctoral Students

–          Master Students

–          Undergraduate Students

$125

$100

$50

$175

$150

$100

 

Other Participants

$125

$175

 

*Includes registration fee for participation in the 4th International Accounting Conference

VI.    Conference program

­  Key note speech : Prof. Gary Biddle, PCCW Professor and Chair of Accounting at the University of Hong Kong and General Lecture on “Value-Creating Tools for Turbulent Times:  ABC, BSC and EVA”.

­  Panel Discussion : Discussions on the topic by speakers representing Corporation,  Capital Market, Standard Setter, Audit Firm, and Academic

­   Parallel sessions for presentation of papers

­   Accounting Student Research Forum

­   Gala Dinner and announcement of Best Papers

 

 

 

VII. Submission

 1.      Papers and research proposals on accounting practice and accounting research are invited. The papers and research proposals can be quantitative or qualitative. Topics of interest include, but are not limited to:

a.       Financial accounting

b.      Management accounting

c.       Governance

d.      Corporate Social Responsibility and Sustainability Reporting

e.       Auditing

f.       Taxation

g.      Information systems

h.      Accounting education

i.        Ethics and professionalism

j.        Capital market research

k.      Financial management

l.        Investment

m.    Banking

n.      Public sector accounting and financial management

o.      Islamic accounting and financial management

p.      Small and Medium Enterprise (SME) accounting and financial management

 

2.      Papers and research proposal submitted to the conference must be original and unpublished.

3.      Paper submitted for research forum can be in form of an approved and complete proposal or proposal summary. Proposal summary should include at least research purposes, contribution, prominent previous researches, and methodology.

4.      Papers are to be written in English. Only limited number of papers in Bahasa Indonesia will be accepted.

5.      Papers should be double-spaced in Microsoft Word for Windows format. For consistency, use a 12-point Times New Roman type font and A4 paper size. The paper should not exceed 25 pages, excluding appendices.

6.      Please include a cover page (in a separate file) indicating:

a.       the author’s name,

b.      the author’s title

c.       affiliation,

d.      complete postal address, e-mail address, telephone number and fax number

e.       topic of the paper, referring to the list in point (1), e.g. Financial Accounting

 

7.      Please submit your paper via conference website accountingconference.ui.ac.id or e-mail to accountingconference@fe.ui.ac.id

8.      All papers and proposals will be subject to a double blind review process.

9.      All submissions must be received by September 30, 2012. Notification about the decision will be made by October 10, 2012.

10.  Outstanding papers will be offered publication in journals published by Department  of Accounting, Faculty of Economics, Universitas Indonesia: (1) Asia Pacific Journal of Accounting and Finance (2) Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, and (3) Economics, Business and Accounting Review

 

VIII.       Best Paper

Best paper (s) will be awarded The Best Paper Certificate and a Notebook.

 

 For further information, please contact:

Dodik Siswantoro, Romi Yunani, Yasinta
Department of Accounting
Faculty of Economics University of Indonesia
UI Campus, Depok
Telephone Number +62 – 21 – 78880746 / 78880747, Ext 889, 7863558
Mobile Number +62 – 838-11111500
Fax Number +62 – 21 – 78880745, 7863558
E-mail: accountingconference@fe.ui.ac.id
Website: accountingconference.ui.ac.id

Undangan Diskusi Kurikulum Akuntansi – Untuk Kajur Akuntansi dan Ketua Pendidikan Profesi Akuntansi

 

Dalam rangka memperoleh masukan dalam penyusunan peraturan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 5 tahun 2011 dan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 1954, Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai (PPAJP) bersama dengan Forum Kajur Akuntansi PTN se-Indonesia akan mengadakan Diskusi Kurikulum Pendidikan Tinggi Akuntansi di Indonesia sebagai Prasyarat Ujian Certified Public Accountant Indonesia dan Arah Pengaturan Profesi Akuntan di Indonesia sesuai dengan draft PMK tentang Register Akuntan, yang akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal     :  Jumat / 21 September 2012

Waktu                  :  08.00 – selesai (diakhiri makan siang)

Tempat               :  Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat

Banjarmasin, Kalimantan Selatan, bersamaan dengan SNA 15

Narasumber    : 1.  Langgeng Subur, Direktur Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai, PPAJP.

2.  Agus Suparto, Kepala Bidang Pembinaan Usaha dan  Akuntan Publik PPAJP

3. Agung Nugroho Soedibyo, Dewan Sertifikasi Profesi, IAPI.

4. Dr. Dwi Martani, Akademisi FEUI.

 

Karena keterbatasan kapasitas kami harapkan Bapak/Ibu dapat melakukan konfirmasi kehadiran dengan mengirimkan formulir ke PPAJP melalui fax: 021-3508573 up. Nanik/Wuri paling lambat tanggal 17 September 2012.Dapat kami informasikan, bahwa selain melakukan konfirmasi kehadiran untuk kegiatan diskusi dimaksud, peserta tetap harus melakukan registrasi SNA untuk dapat hadir dalam kegiatan SNA XV Banjarmasin.

Undangan lengkap dan formulis konfirmasi dapat dilihat dalam link berikut.

 

Konfirmasi Kehadiran

SOSIALISASI PENILAI

Departemen Akuntansi bekerjasama dengan PPAJP (Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai) Kementerian Keuangan, akan menyelenggarakan sosialisasi dan wokrshop teknik penilaian. Profesi Akuntansi dengar era IFRS menjadi sangat dekat dengan profesi penilai, sehingga akuntan diharapkan juga memahami profesi penilai dan teknik dasar penilaian.

Acara ini dikhususkan untuk staf pengajar, sehingga diharapkan dapat mengembangkan mata ajar Penilaian sebagai mata ajar pilihan.

Hari        :    Senin, 18 Juni 2012 (08.00-16.15 WIB)
Tempat   :     Kampus FEUI Depok
Materi     :    PENILAIAN BISNIS DAN PROPERTI
• Pengenalan Profesi Penilai
• Konsep Dasar dan Teknik-Teknik Penilaian
• Dasar-Dasar Penilaian Properti dan Aset Biologi
• Dasar-Dasar Penilaian Bisnis

Pembicara :  PPAJP dan MAPPI

Kegiatan sosialisasi ini tidak dipungut biaya, namun kami membatasi jumlah peserta disesuaikan dengan kapasitas ruangan.

Sejalan dengan kegiatan tersebut Departemen Akuntansi akan menyelenggarakan series Pelatihan IFRS dan Perpajakan khusus untuk dosen. Kegiatan ini tidak free untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Ibu Dian Wahyuni 0217863558 / 081316501678.

Kami mengharapkan dalam workshop ini dosen dapat terupdate pengetahuan dan pemahamannya sehingga dapat mengajarkan materi akuntansi keuangan dan perpajakan berdasarkan standar dan peraturan terbaru yang diselenggarakan 3 (tiga) hari berikutnya. Kegiatan ini khusus diberikan untuk para Dosen. Ada undangan khusus free untuk satu orang dosen PTN dengan menyertakan surat tugas dari pimpinan fakultas.

salam

Dwi Martani

Undangan Workshop 1 DOSEN PTN dan Undangan Forum Kajur

Diberikan satu Undangan khusus untuk mengikuti National Workshop in Accounting Education: Valuation, IFRS & Taxation di FEUI satu orang perwakilan dosen dari PTN seluruh Indonesia. Hubungi Contact person di post sebelumnya, mohon konfirmasi dan sertakan surat tugas untuk pendaftaran.

Mengundang pimpinan Kajur Akuntansi PTN seluruh Indonesia untuk hadir dalam acara diskusi dan silaturahmi pengembangan Program Studi Akuntansi di Departemen Akuntansi FEUI tanggal 19 Juni 2012 jam 16.00 – 19.00. Membahas RPP Register Akuntan dan prasyarat Ujian CPA. Apa dampaknya terhadap Program Akuntansi ?

Karena keterbatasan ruangan, mohon konfirmasi kehadiran pada acara tersebut pada  Ibu Dian Wahyuni 0217863558 / 081316501678 sebelum 12 Juni 2012.

Salam

Dwi Martani
Head of Accounting Department
Faculty of Economic, Universitas Indonesia
Acc. Department Building 2nd
UI Depok 16424
martani@ui.ac.id atau dwimartani@yahoo.com
+6221-7272425 ext 401 or +6221-7863558
+6281318227080 / +628161932935

National Workshop in Accounting Education: Valuation, IFRS & Taxation

Berbagai perubahan terjadi dalam dunia akuntansi dalam tahun-tahun terakhir ini dan ini mengakibatkan perubahan dalam kurikulum dan pengajaran akuntansi. Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) sesuai misinya untuk memimpin perkembangan ilmu dan praktik Akuntansi di Indonesia dan hasilnya bermanfaat global, merasa bertanggung jawab untuk ikut mensosialisasikan perkembangan dalam ilmu akuntansi kepada akademisi. Untuk itu Departemen Akuntansi bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA) melakukan kegiatan workshop penyusunan kurikulum dan pengajaran standar-standar baru dalam rangka meningkatkan awareness para pengajar tentang pentingnya penyesuaian terhadap standar-standar baru tersebut, terutama dalam hal adopsi IFRS yang secara penuh akan dilakukan pada 2012 ini.



WAKTU DAN TEMPAT:
18-21 Juni 2012
Gd. Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Kampus UI Depok

AGENDA KEGIATAN:
Hari 1: Senin, 18 Juni 2012 (08.00-16.15 WIB)
PENILAIAN BISNIS DAN PROPERTI
• Pengenalan Profesi Penilai
• Konsep Dasar dan Teknik-Teknik Penilaian
• Penilaian Properti dan Aset Biologi
• Penilaian Bisnis

Hari 2: Selasa, 19 Juni 2012 (08.30-16.15 WIB)
TEKNIK PENGAJARAN IFRS: CASE STUDIES – bagian 1
• Penerapan IFRS di Dunia Praktik dan Permasalahannya
• Penyajian Laporan Keuangan (PSAK 1)
• Instrumen Keuangan (PSAK 50, 55, dan 60)

  •   Kapitalisasi Biaya Transaksi
  •   Effective Interest Rate
  •   Penurunan Nilai
  •   Derecognition
  •   Pemisahan Ekuitas dan Liabilitas

Hari 3: Rabu, 20 Juni 2012 (08.30-16.15 WIB)
TEKNIK PENGAJARAN IFRS: CASE STUDIES – bagian 2: Aset Tetap
• PSAK 13, 16, 26, 30, 48, 57, dan  58
• ISAK 8

Hari 4: Kamis, 21 Juni 2012 (08.30-16.15 WIB)
PERPAJAKAN
• Update regulasi pajak
• Akuntansi perpajakan
• Perpajakan internasional

NARASUMBER
• Rosita Uli Sinaga, SE, Ak, MM, CPA – Ketua DSAK
• Dr. Sylvia Veronica – Anggota DSAK
• Dr. Dwi Martani – Anggota Tim Implementasi IFRS
• Ir. Hamid Yusuf, MAPPI – Ketua Masyarakat Profesi Penilai Indonesia
• Bpk. Darussalam/Bpk. Danny Septriadi – Tax Consultant
• Dr. Ratna Wardhani – Staf Pengajar Departemen Akuntansi FEUI
• Taufik Hidayat S.E., Ak., M.M – Staf Pengajar Departemen Akuntansi FEUI
• Aria Farahmita S.E., Ak.,CPA, MSM – Staf Pengajar Dept Akuntansi FEUI
• Christine S.E., Ak., M.Int.Tax – Staf Pengajar Departemen Akuntansi FEUI
KONTRIBUSI PESERTA
• Paket 1 hari  : Rp    600.000 (khusus untuk hari 1 atau hari 4)
• Paket 2 hari  : Rp 1.000.000 (khusus untuk hari 2 dan 3)
• Paket 3 hari  : Rp 1.100.000 (khusus untuk hari 1, 2, 3 atau hari 2, 3, 4)
• Paket 4 hari  : Rp 1.200.000
DISKON
• Diskon early bird sebesar 10% bagi peserta yang mendaftar paling lambat 31 Mei 2012; atau
• Diskon 20% untuk pendaftaran kolektif 5 (lima) orang atau lebih, khusus untuk paket 4 hari.

Seluruh kontribusi peserta dapat ditransfer ke:
Bank BNI 46 Cabang UI Depok a/n UI PPA FEUI PROYEK No. 000-669-2358

Contact Person:
Dian / Ahmad
Gd. Dept. Akuntansi FEUI Kampus Baru UI Depok 16424
Telp: 021-7272425 Ext. 400, 403; Fax: 7863558

Email: dwahyuni@ui.ac.id

Leave a Comment

Materi Kuliah Perpajakan 1

Mahasiswa kelas perpajakan, silakan untuk download materi pertemuan 1 pada pages Pengajaran, Perpajakan 1.

Silakan berikan komentar ya dalam blog tersebut.

 

salam

Dwi Martani

martani@ui.ac.id

081318227080

Maaf sudah lama tidak Update

Mohon maaf sudah lama saya tidak mengupdate blog ini, semoga mulai sekarang semakin sering mengupdate dan memperbaruhi blog ini. Silakan buat teman-teman yang mau berkomentar dan memberikan masukan. Insya Allah akan semua bagikan apa yang saya miliki dan bermanfaat untuk teman-teman.

 

Salam

MALAM…..

Bulir bening mengalir dari telaga

Saat malam berganti pagi

Sunyi….

Sepi…

Sendiri…

 

Kesepian senantiasa membangkitkan kenangan

Indah  …..

Memabukkan …

Mimpi-mimpi indah

Janji-janji surga

 

Sirna semua mimpi ….

Ingkar semua janji…

Tinggallah sunyi….sepi

 

Bulir itu semakin deras….

Saat telihat tiga pasang mata lelap

Polos dalam ketenangan

Merenda mimpi…..

 

Wahai Pemilik Cinta….

Inikah jalanku

Untuk mendapatkan CintaMu ??

 

Depok….2008

 Page 17 of 18  « First  ... « 14  15  16  17  18 »

Latest Topics

Overview PSAK 71, 72, 73

Berikut materi PSAK 71, 72, 73 khusus untuk yang mengalami perubahan. Overview PSAK BARU 11092019 PSAK 73 Sewa 19082019 [Read More]

Akuntansi Sektor Publik

Berikut materi akuntansi sektor publik ASP Pertemuan 1 02092019 ASP Pertemuan 2 PSAK 45, ISAK 35 09092019 ASP Pertemuan [Read More]

Perpajakan 2

Tak terasa sudah satu tahun mengajar perpajakan 2, sudah bertemu lagi matakuliah ini. Semoga materi ini bermanfaat. [Read More]

Seminar Doktoral Akuntansi Publik

Berikut materi untuk matakuliah seminar doktoral akuntansi publik. Matakuliah ini mengajarkan akuntansi publik dalam [Read More]

PSAK BARU DAN PSAK 24

Berikut saya sampaikan Materi PSAK 71 72  73 dan PSAK 24   Perkembangan Standar & Overview 19082019 PSAK 71 [Read More]

Popular Topics

Dokumen Publikasi puisi

Pages

Insider

Archives