ACCOUNTING & FINANCE CORNER
Thursday January 20th 2022

Sustainability Reporting

Berikut materi terkait dengan sustainability reporting berdasarkan GRI 2021. Ini yang terbaru dan baru akan efektif dua tahun lagi. Jadi bersiap untuk belajar dan menyusun SR dengan standar baru.

Dampak PP 35 terhadap Kewajiban Imbalan Pasti

UU Ciptakerja kluster ketenagakerjaan merubah beberapa ketentuan dalam UU 13 tahun 2003 tentang Ketegakerjaan. Salah satu bentuk perubahan dalam UU tersebut adalah perubahan besarnya pesangon yang diberikan kepada pekerja saat terjadi Pemutusan Hubungan Kerja. PP 35 tahun 2021 menjelaskan secara detil ketentuan pelaksanaan dan besarnya pesangon yang diberikan kepada pekerja.

Ketentuan tersebut secara akuntansi akan berdampak pada perhitungan kewajiban imbalan pasti jika besarnya imbalan pasti dihitung berdasarkan ketentuan hukum atau regulasi. Namun perubahan tersebut tidak berdampak jika imbalan yang diberikan pada saat PHK ditentukan berdasarkan perjanjian kontraktual dengan pekerja yang nilainya lebih tinggi dari ketentuan regulasi, serta perusahaan tidak melakukan perubahan perjanjian kerja sebagai dampak dari ketentuan regulasi tersebut. Hal ini disebabkan karena UU Ketenagakerjaan dan UU Ciptaker menentukan jumlah imbalan minimal yang diberikan saat terjadi PHK, sehingga jika perjanjian kerja mengatur hal yang lebih tinggi maka ketentuan yagn lebih teinggi tersebut yang berlaku.

Secara umum, ketentuan dalam UU Ciptaker berdampak pada penurunan nilai kewajiban imbalan pasti karena dua komponen yang berubah. Pertama uang pesangon yang diberikan kepada pekerja yang berhenti karena pensiun menjadi lebih kecil awalnya 2xpesangon berubah menjadi 1,75xpesangon. Kedua komponen uang penggantian hak tidak ada lagi ada penggantian perumahan dan kesehatan sebesar 15% dari jumlah uang pesangon dan Uang Penghargaan Masa Kerja ( UPMK ).

Berdasarkan PSAK penurunan nilai kewajiban akan diakui sebagai beban jasa lalu, yang menjadi komponen beban pensiun dalam laporan laba rugi. PP 35 / 2021 sebagai peraturan pelaksana UU 11 tahun 2020 baru disahkan 2 Februari 2021, sehingga dampak perubahan tersebut akan diakui pada laporan keuangan tahun 2021.

Untuk perusahaan bersiap-siap untuk memperoleh winfall tambahan laba dari penyesuaian nilai kewajiban manfaat pasti. Namun sebaliknya bagi pembaca laporan keuangan, tetaplah kritis dan dapat membedakan mana laba yang dihasilkan dari kegiatan operasi perusahaan dan mana laba yang dihasilkan dari penyesuaian akuntansi.


Jika ada yang tertarik untuk diskusi lebih lanjut atau ingin mengundang sebagai trainer, narasumber, tenaga ahli di bidang akuntansi dan perpajakan atau topik-topik dalam blog ini dapat menghubungi: Dwi 081318227080; Siina 081384047777; Dian 081316501678.

Standar Akuntansi Pemerintahan

Workshop Akuntansi Sektor Publik yang diselenggarakan oleh PKKM Prodi S1 Akuntansi FEB UNTAD dan IAI WIlayah Sulawesi Tengah, yang dilaksanakan pada Sabtu, 28 Agustus 2021, pukul 08.30 WITA s.d. selesai

Akuntansi Keuangan Kontemporer PKN STAN Gasal 2020-2021

Berikut materi dan beberapa contoh soal matakuliah akuntansi keuangan kontemporer. Matakuliah ini membahas perkembangan standar dan penerapan standar terbaru dalam pelaporan keuangan. Materi ini di beberapa program atau ujian sertifikasi diberi nama Akuntansi dan Pelaporan Keuangan. Walaupun namanya berbeda namun secara umum materinya sama.

Kelas Perpajakan 2

Berikut ini adalah materi dan beberapa contoh soal-soal untuk kelas Perpajakan 2 semester gasal 2021/2021. Silakan jika akan digunakan untuk belajar. Untuk teman-teman dosen yang akan menggunakan materi, mohon untuk disesuaikan dengan kondisi mahasiswa dan juga tujuan program studi.

Kelas Akuntansi Sektor Publik sem gasal 2020/2021

Berikut materi matakuliah ASP di semester gasal 2020/2021. Beberapa materi ppt, referensi, contoh soal akan tersedia dalam post ini. Silakan jika akan dimanfaatkan untuk belajar.

Renungan…..

Sudah lebih dari lima bulan, tidak lagi menginjakan kaki dan kampus atau juga di tempat kerja. Pada awal pandemi, praktis tidak banyak aktivitas yang dilakukan. Tapi Allah mengirimkan ujian, kakak cantik sakit, sehingga menemaninya adalah tugas utama.

Seiring berlalunya waktu, proses penyesuaian terjadi. Belajar memulai semua aktivitas dengan metode online. Meja kerja, laptop dan hp menjadi teman setia untuk mengajar, membimbing, menguji, rapat, memberikan training, memberikan seminar, bahkan untuk kegiatan pengajian. Makin hari, semakin menikmati kegiatan online. Teknologi telah membantu untuk dapat terus berbagi, bahkan mungkin dapat berbagi lebih luas.

Masih nasihat para Ustadz, selalulah berpikiran positif. Setiap yang ditakdirkan terjadi, pandanglah sebagai keindahan, pandanglah itu bagian dari rencana Allah. Tetaplah syukuri, Allah mengirimnya sebagai bentuk pengajaran ataupun teguran. Setiap musibah, ujian tetaplah indah adanya, selama hati lapang menerima dan menyadari bahwa semua ini tidak terjadi dengan sendirinya namun bagian dari rencana Allah. Jika Allah telah menakdirkanNya untuk kita, pasti itu adalah baik menurutNya, tinggal bagaimana kita menyikapi semua itu.

Mungkin banyak yang merasakan dengan pandemi, kepala terasa lebih lama dalam bersujud, lebih banyak waktu untuk berdiri dalam shalat dan munajat, lebih sering duduk berlama membaca Quran. Waktu yang tidak lagi habis untuk travelling menjadi semakin banyak digunakan bersama anak-anak, masak bareng, diskusi atau aktivitas lain. Itu salah satu hikmah dari pandemi.

Pandemi ini hadir bersamaan dengan berakhirnya kontrak kerja di Pertamina. Tidak terasa telah 7 tahun membersamai Pertamina di Gedung Tua Perwira bersama teman-teman Komite dan staf untuk memberikan support pada Dewan Komisaris. Ada rutinitas yang hilang, namun itulah dinamika hidup. Allah ciptakan sesuatu datang dan pergi, untuk menguji bahwa semua yang ada di sekeliling kita suatu saat bisa datang dan pergi atau kita yang akan meninggalkannya. Semoga aktivitas selama 7 tahun di Pertamina dicatat sebagai amal sholeh. Banyak pelajaran berharga dari masa kerja tersebut, banyak ilmu baik tentang minyak, manajemen pengelolaan BUMN yang diperoleh selama di Pertamina. Semoga bermanfaat juga sebagai bahan diskusi dengan mahasiswa di kelas. Berarti bersiap menunggu tugas apa yang diberikan Allah setelah Pertamina, adakah BUMN atau perusahaan swasta yang akan mengajak bergabung. Allah Maha Tahu pekerjaan apa yang tepat untukku, pekerjaan yang bukan hanya memberikan gaji untuk banyak berinfak, namun juga pekerjaan yang dapat menjadi tempat amal sholeh, tempat mempraktikkan dan menularkan kebaikan-kebaikan pada sesama. Allah lebih Tahu kapan tugas itu diberikan. Jika belum diberikan juga tugas tersebut, tetap ada keyakinan tugas lain telah berderet menunggu, jadwal ngajar, seminar, narasumber, rapat yang tidak pernah habis kosong di setiap minggu.

Namun ada sedikit kesedihan yang terkadang masih menggelayut dalam diri. Masih merasakan belum optimal dalam beramal sholeh, belum optimal dalam bekerja. Masih banyak PR yang belum terselesaikan. Mimpi untuk dapat menyusun materi pengajaran Akuntansi Keuangan, Perpajakan dan Akuntansi Sektor Publik lengkap yang dapat digunakan semua orang secara gratis belum kesampaian. Walau secara logika di masa pandemi ini banyak waktu digunakan untuk itu, namun selalu ada “alasan tidak sempat”

Yaaa Allah ampuni hamba yang belum optimal beribadah kepadaMu dengan amal sholeh ini, beri kesempatan dan tuntun Hamba untuk dapat menyelesaikan semua cita-cita kebaikan hamba.

Untuk yang mau mengajak beramal sholeh, baik untuk diskusi, ngajar atau kegiatan sosial silakan hubungi hp saya 081318227080, via wa lebih baik. Atau asisten Mbak Dian 081316501678.

Depok, 06 September 2020

Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka

Kemendikbud telah mencanangkan konsep kurikulum merdeka belajar yang memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk mengambil mata ajar di Program Studi lain baik dalam satu Perguruan Tinggi maupun di luar Perguruan Tinggi. Konsep ini harus dibarengi dengan perubahan tata kelola kampus dan sistem administrasi akademik. Walaupun jika dicermati dalam regulasinya masih ada opsi untuk tidak menerapkan ketentuan ini, namun konsep ini jika diterapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan.

Konsep kampus merdeka memberikan kebebasan kampus untuk menentukan prodi apa yang akan dibuka dan juga kebebasan dalam melakukan akreditasi. Seharusnya konsep ini dapat dipahami sebagai bentuk otonomi pendidikan dalam arti luas, sehingga pendidikan tinggi dapat lebih dinamis mengikuti perkembangan pengetahun dan teknologi serta mampu mengantisipasi perkembangan lingkungan.

Standar Akuntansi Keuangan

Berikut ini ringkasan materi Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku di Indonesia dan beberapa contoh soal terkait dengan standar akuntansi. Mungkin ada beberapa soal yang perlu dilihat konteks tahunnya.

Akuntansi Imbalan Kerja

Imbalan kerja adalah imbalan yang diberikan kepada pekerja atas jasa yang telah dilakukan. Imbalan diakui secara akrual pada saat pekerja telah memberikan jasanya. Imbalan yang diberikan dapat berupa gaji atau bentuk fasilitas seperti kendaraan, rumah, fasilitas kesehatan dan asuransi.

Imbalan dapat berupa imbalan jangka pendek yaitu imbalan yang diberikan dalam jangka waktu satu periode atau imbalan jangka panjang yang akan diberikan setelah lebih dari satu periode atau imbalan pascakerja. Imbalan jangka panjang contohnya insentif yang diberikan kepada pekerja setelah menyelesaikan masa kerja dalam jangka waktu tertentu.

Imbalan pasca kerja diberikan setelah karyawan tersebut tidak lagi bekerja, baik diberikan sesaat pekerja tersebut menyelesaikan tugasnya atau diberikan secara periodik setelah pekerja tersebut tidak lagi bekerja yang sering disebut sebagai pensiun. PSAK membedakan imbalan pasca kerja sebagai program iuran pasti dan manfaat pasti.

PSAK 24 Imbalan kerja menjelaskan bagaimana pengakuan, penyajian dan pengungkapan imbalan kerja dalam laporan keuangan. Imbalan pasca kerja manfaat pasti dibahas lebih banyak karena kompleksitas pengaturan program tersebut. SAK ETAP pada bab 23 menjelaskan secara khusus Imbalan kerja. Sedangkan SAK EMKM tidak ada bab khusus yang membahas imbalan kerja, namun imbalan kerja dijelaskan pada bab pendapatan dan beban.

UU no 13 tahun 2003 Ketenagakerjaan menjelaskan hak kewajiban pekerja dan pemberi kerja. UU tersebut mengatur hak-hak minimal yang harus diberikan pemberi kerja kepada pekerja. Hak dan kewajiban pekerja biasanya dituangkan dalam kontrak kerja. Kontrak kerja harus memenuhi ketentuan minimal yang diatur dalam UU 13. Jika kontrak kerja tidak mengatur hak pekerja sesuai ketentuan minimal UU, maka perusahaan tetap memiliki kewajiban hukum untuk memenuhi ketentuan UU.

 Page 1 of 21  1  2  3  4  5 » ...  Last » 

Latest Topics

Sustainability Reporting

Berikut materi terkait dengan sustainability reporting berdasarkan GRI 2021. Ini yang terbaru dan baru akan efektif dua [Read More]

Dampak PP 35 terhadap Kewajiban Imbalan Pasti

UU Ciptakerja kluster ketenagakerjaan merubah beberapa ketentuan dalam UU 13 tahun 2003 tentang Ketegakerjaan. Salah [Read More]

Standar Akuntansi Pemerintahan

Workshop Akuntansi Sektor Publik yang diselenggarakan oleh PKKM Prodi S1 Akuntansi FEB UNTAD dan IAI WIlayah Sulawesi [Read More]

Akuntansi Keuangan Kontemporer PKN STAN Gasal 2020-2021

Berikut materi dan beberapa contoh soal matakuliah akuntansi keuangan kontemporer. Matakuliah ini membahas perkembangan [Read More]

Kelas Perpajakan 2

Berikut ini adalah materi dan beberapa contoh soal-soal untuk kelas Perpajakan 2 semester gasal 2021/2021. Silakan jika [Read More]

Popular Topics

Dokumen Publikasi puisi

Pages

Insider

Archives