Ujian Kehidupan: Suatu Keniscayaan

ٱلَّذِي خَلَقَ ٱلۡمَوۡتَ وَٱلۡحَيَوٰةَ لِيَبۡلُوَكُمۡ أَيُّكُمۡ أَحۡسَنُ عَمَلٗاۚ وَهُوَ ٱلۡعَزِيزُ ٱلۡغَفُورُ

“Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Mahaperkasa, Maha Pengampun.” (QS Al-Mulk: 2)

إِنَّا خَلَقۡنَا ٱلۡإِنسَٰنَ مِن نُّطۡفَةٍ أَمۡشَاجٖ نَّبۡتَلِيهِ فَجَعَلۡنَٰهُ سَمِيعَۢا بَصِيرًا

“Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat.” (QS Al-Insan: 2)

إِنَّا هَدَيۡنَٰهُ ٱلسَّبِيلَ إِمَّا شَاكِرٗا وَإِمَّا كَفُورًا

“Sungguh, Kami telah menunjukkan kepadanya jalan yang lurus; ada yang bersyukur dan ada pula yang kufur.” (QS Al-Insan: 3)

“(Al-Qur’an) itu tidak lain adalah peringatan bagi seluruh alam, (yaitu) bagi siapa di antara kamu yang menghendaki menempuh jalan yang lurus. Dan kamu tidak dapat menghendaki (menempuh jalan itu) kecuali apabila dikehendaki Allah, Tuhan seluruh alam.” (QS At Takwir: 27-29).

Allah SWT menciptakan manusia hidup, untuk mengujinya. Untuk mengetahui siapa yang paling baik amalnya. Allah SWT juga telah memberikan pendengaran dan penglihatan, serta menurunkan Al Qur’an sebagai peringatan/ petunjuk bagi siapa yang mau menempuh jalan yang lurus untuk mendapatkan hidayahNya. Akan tetapi, hidayah itu hanya bagi Yang dikehendaki oleh Allah SWT.

Semoga Allah SWT menjadikan kita termasuk hambaNya yang dikehendakiNya menempuh jalan yang lurus, dan lulus dalam ujian hidup. Aamiin Ya Rabbal ‘aalamiin.

  1 comment for “Ujian Kehidupan: Suatu Keniscayaan

  1. July 29, 2020 at 12:26 pm

    Terimakasih kak atas artikel nya, sangat bermanfaat. 🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *