Sirkulasi serebral

Otak (serebral) kita mendapat asupan darah dari arteri karotis interna dan arteri vertebra yang kemudian membentuk “circle willis”. Tidak seperti di organ lain, volume darah dan cairan ekstravaskular di otak relatif konstan. Jika terjadi perubahan akan menyebabkan perubahan resiprokal pada bagian lain. Kecepatan aliran darahnya pun rangenya relatif sempit, rata-rata kecepatan aliran darah ke otak adalah sebesar 55 ml/menit/100 gram.

Otak paling mudah mengalami iskemia. Gangguan aliran darah ke otak selama 5 detik saja dapat menyebabkan penurunan kesadaran. Jika berlanjut dan jaringan mengalami iskemia dapat menyebabkan kerusakan jaringan yang irreversibel.

So, bgm menggunakan konsep dasar ini dalam aspek keperawatan?…

  6 comments for “Sirkulasi serebral

  1. Siti
    February 18, 2009 at 4:27 pm

    Assalamu’alaikum wr.wb.

    Siti mau nyoba menjawab nih mi…….boleh kan ya dipanggil ummi??
    Rahasianya ada pada gerakan sujud. dipetik dari buku menyingkap rahasia gerakan-gerakan sholat bahwa pada saat posisi sujud, otak akan menerima asupan darah yang kaya Oksigen dan nutrisi lainnya. hal ini disebabkan posisi jantung (heart) lebih tinggi dibandingkan otak, jantung memompa darah, sehingga aliran darah ke otak semakin lancar. gerakan ini merupakan gerakan anti stroke-penyakit yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah di otak- bahkan dengan bersujud, selain sebagai wujud penghambaan diri kepada Allah SWT mengakui kelemahan dan keterbatasan diri serta mengakui keesaan dan kebesarannya, juga memiliki manfaat sebagai berikut: ada sebuah celah pada otak manusia yang katanya tidak dapat dialiri oleh darah dan hanya bisa dialiri pada saat posisi tubuh manusia dalam keadaan bersujud….Subhanallah indahnya Islam….
    yang mau saya tanyakan bagian otak atau celah yang manakah yang dimaksud??

    Jazakumullah Khair…….
    Wassalamu’alaikum wr.wb.

  2. May 17, 2018 at 11:53 am

    woah Islam sangat indah ya

  3. May 24, 2018 at 10:01 am

    menambah wawasan saya nih

  4. October 23, 2018 at 2:00 pm

    Gangguan aliran darah ke otak selama 5 detik saja dapat menyebabkan penurunan kesadaran.

  5. October 24, 2018 at 2:26 pm

    Masih belum faham kayak gimana maksudnya

  6. April 25, 2021 at 8:53 pm

    Selalu takjub dengan setiap postingannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *