blognya komarudin bin sayuti

blognya komarudin bin sayuti header image 2

Quadratic Assignment Problem (QAP)

November 7th, 2010 · 4 Comments

Quadratic Assignment Problem (QAP) adalah permasalahan penentuan lokasi sejumlah fasilitas ke sejumlah titik-titik tertentu. Diantara fasilitas-fasilitas tersebut, ada hubungan kedekatan yang dapat diasumsikan sebagai aliran orang ataupun material. sehingga fasilitas-fasilitas yang memiliki hubungan kedekatan yang tinggi, fasilitas-fasilitas tersebut perlu diletakkan pada lokasi-lokasi yang berdekatan pula. Dengan demikian, tujuan permasalahan untuk meminimumkan biaya perpindahan dapat tercapai.

Pada permasalahan ini, pembuat keputusan tinggal memasang-masangkan suatu fasilitas ke lokasi tertentu. Hal ini dikarenakan persoalan ini mengabaikan dimensi fasilitas dan lokasinya telah memiliki koordinat X dan koordinat Y tertentu. Permasalahan ini dapat menjadi model bagi permasalahan semisal penempatan ruangan kepada space-space yang tersedia, penempatan fasilitas-fasilitas umum kepada tempat-tempat yang tersedia, dan lain sebagainya.

Berikut adalah program yang mengimplementasikan algoritma Differential Evolution (DE) untuk menyelesaikan permasalahan QAP:

QAP

catatan:

  • File ditujukan untuk program windows. Jika ada yg memerlukan versi linux, silahkan hubungi saya
  • Penggunaan program dapat digunakan baik untuk keperluan pribadi, pendidikan, maupun komersial
  • Program ini tidak dirancang untuk menghasilkan solusi yang optimal. Akan tetapi, dengan jumlah local search yg besar, hasilnya dapat mendekati optimal

 

QAP implementation screenshot

Print Friendly, PDF & Email

Tags: Facility Layout

4 responses so far ↓

  • 1 sun'an murdianto // Nov 10, 2010 at 11:55 am

    mas, selain pake program DE diatas, bisa juga diselaesaikan pake pogram matlab.yang saya baca sih ada 2 metode, yaitu construction dan improvement heuristik.tapi selalu error kalo saya jalankan.mas bisa bantu saya gak?kalo mau nanti saya kirimkan mfile nya.oiya,boleh minta program DE nya gak?saya mau coba.

  • 2 Komarudin // Nov 10, 2010 at 1:12 pm

    Iya mas, metodenya bisa macem2. Untuk program DE-nya, silakan Mas Sun’an download dari link yang sudah disediakan di atas.

  • 3 sun'an murdianto // Dec 19, 2010 at 12:32 pm

    mas komarudin tau gak caranya menggunakan MATLAB untuk penyelesaian QAP?

  • 4 Komarudin // Jan 3, 2011 at 1:30 pm

    Maaf mas Sun'an, saya baru liat komen mas. MATLAB itu bahasa pemrograman umum mas, sehingga kita bisa buat program di matlab dengan berbagai macam metode untuk menyelesaikan QAP.

    Mas Sun'an bisa googling tentang matlab dan qap. Ini salah satu yg saya temukan:
    http://www.mathworks.com/matlabcentral/fileexchange/1663-qap