blognya komarudin bin sayuti

blognya komarudin bin sayuti header image 2

Plant Layout Problem (Tata Letak Pabrik)

September 14th, 2010 · 39 Comments

Plant Layout Problem (Tata Letak Pabrik, TLP) atau yang lebih populer dengan Unequal-Area Facility Layout Problem (UA-FLP) adalah permasalahan optimasi dalam tata letak fasilitas. Mata kuliah TLP adalah salah satu momok di kebanyakan mahasiswa teknik industri. Saya sendiri berhasil mendapatkan nilai pas lulus ketika kuliah dulu. 😛

Dalam UA-FLP diasumsikan ada sebuah fasilitas dengan panjang dan lebar tertentu. Selain itu ada sejumlah departemen ingin dialokasikan ke dalam fasilitas tadi. Tiap departemen diketahui hanya memiliki luasan tertentu, belum memiliki panjang dan lebar yang tetap. Akan tetapi, ada rasio maksimum antara panjang dan lebar departemen (MAR, Maximum Aspect Ratio), atau minimum panjang dan lebar untuk tiap departemen. Untuk sebagian pasangan departemen, ada hubungan kedekatan yang biasanya ditunjukkan dengan aliran material. Jika besaran aliran material dikalikan biaya perpindahannya besar, maka kedua departemen tersebut harus diletakkan berdekatan.

Secara ringkas, berikut adalah karakteristik dari permasalahan UA-FLP:

  • Ada sebuah fasilitas dengan panjang dan lebar tertentu
  • Ada sejumlah departemen dengan luas diketahui dan batasan (constraint) Maximum Aspect Ratio atau minimum panjang/lebar harus dialokasikan ke dalam fasilitas
  • departemen harus dialokasikan di dalam fasilitas, tidak boleh beririsan dengan departemen lainnya, dan harus memenuhi batasan tertentu
  • Ada aliran material antara satu departemen dengan departemen lainnya
  • Tujuan dari permasalahan ini adalah meminimumkan total biaya perpindahan material dengan mengatur lokasi penempatan dan dimensi departemen.

Berikut adalah program yang mengimplementasikan algoritma Differential Evolution (DE) untuk menyelesaikan permasalahan UA-FLP:

UAFLP Software

UA-FLP Software manual

catatan:

  • File ditujukan untuk program windows. Jika ada yg memerlukan versi linux, silahkan hubungi saya
  • Penggunaan program dapat digunakan baik untuk keperluan pribadi, pendidikan, maupun komersial
  • Program ini tidak dirancang untuk menghasilkan solusi yang optimal. Akan tetapi, dengan jumlah local search yg besar, hasilnya dapat mendekati optimal

 

 

www.ie.ui.ac.id

systems.ie.ui.ac.id

Update November 2012:

Saya menemukan ada skripsi mahasiswa yg menggunakan program ini. Salinan skripsi-nya dapat diunduh di link ini. Mudah2an ada pengguna-pengguna lain baik dari akademisi maupun praktisi yg mau menggunakan dan berbagi kritik dan saran untuk pengembangan software ini.

 

Print Friendly, PDF & Email

Tags: Facility Layout

39 responses so far ↓

  • 1 wuri rahardjo // Apr 8, 2019 at 7:26 pm

    Selamat malam Pak Komar,

    Saya S2 TI-UI semester 2 bersama Pak Zul.
    Mau tanya Pak; saya bekerja di PT X industri otomotif dengan luas area 42 hectare untuk assembly di Gunung Putri-Bogor. Dept. Sales and Marketing di Jakarta Selatan. Dept. After-Sales Services di Ciputat. Pabrik assembly memiliki kurang lebih 29 gedung/bangunan. Beberapa waktu ini dilaksanakan renovasi office besar-besaran terkait dengan pengumpulan department/business unit yang berdampak pada aliran orang khususnya dan material umumnya.
    But Pak, what I am trying to say is; dinamika re-organization bisa terjadi dengan sangat cepat, yang berpotensi adanya office/gedung yang tadinya terisi menjadi kosong, atau office/gedung yang tadinya sangat optimal menjadi terlalu besar/kecil, atau bahkan harus membangun office/gedung baru.
    Nah, sehubungan dengan Plant Development and Investment Planning, bagaimana ya Pak konsepnya agar tata letak pabrik bisa sangat optimal sehingga tidak terjadi kerugian investasi yang jauh dari toleransi.

    Terima kasih banyak Pak Komar sebelum dan sesudahnya.
    Salam-Wuri.

  • 2 Komarudin // Apr 9, 2019 at 4:39 am

    Keputusan investasi lahan dan bangunan haruslah keputusan matang dan long-term. Di tengah ketidakpastian kebutuhan, ada baiknya perusahaan menyewa saja scaea short/medium term.

  • 3 Komarudin // Apr 9, 2019 at 4:40 am

    Keputusan investasi lahan dan bangunan haruslah keputusan matang dan long-term. Di tengah ketidakpastian kebutuhan, ada baiknya perusahaan menyewa saja secara short/medium term.

  • 4 Ekra // Apr 17, 2021 at 9:40 am

    Assalamualaikum pak

    Saya sedang mempelajari aplikask UAFLP ini. Untuk GA dan STS nya saya sudah paham, tp belum paham algoritma untuk menentukan width dan heightnya. Bisakah bapak menjelaskannya? Apa saya boleh minta emailnya?

    Trm ksh