blognya komarudin bin sayuti

blognya komarudin bin sayuti header image 2

Nasehat bagi gerakan takfiri

July 17th, 2012 · 1 Comment

——————————————————————————————————————————————————–

Disclamer: posting-posting di blog ini hanya mewakili saya pribadi dan tidak mewakili institusi UI terutama pada postingan berikut.

——————————————————————————————————————————————————–

Sewaktu saya masih jadi setuden di UI, saya banyak berinteraksi dengan rekan-rekan dengan berbagai macam pemahaman Islam. Salah satu pemahaman yang sangat-amat-berbahaya-sekali adalah pemahaman takfiri. Pemahaman takfiri ini bisa membawa kepada perbuatan terorisme. Ciri pemahaman takfiri adalah mudah menjatuhkan vonis kafir secara individu dan vonis kafir secara umum. Baru setelah mereka menjatuhkan vonis kafir, mereka secara leluasa melakukan perbutan terorisme. Mereka beralasan sasaran pemboman dan pembunuhan adalah orang-orang kafir. Padahal orang-orang tersebut belum tentu layak digelari sebagai orang kafir. malah sebagian besar korban pemboman adalah kaum muslimin yang tidak bersalah. Selain itu, seseorang yg kafir, tidak mengharuskan kita untuk membunuh atau memusuhinya. Semoga Allah menjaga kita dari pemahaman takfiri dan memberikan hidayah bagi orang-orang yg sudah terjangkit.

Saya pernah memiliki teman mahasiswa UI yang terjangkit virus takfiri. Pertama kali saya sadar bahwa teman saya terjangkit virus takfiri adalah ketika kita sama-sama makan di warteg. Pada saat itu, dia menolak makan ayam atau daging. Dia beralasan makanan tersebut tidak halal. Setelah saya gali lebih jauh, ternyata dia menganggap ayam dan daging di warteg tidak halal karena disembelih oleh selain muslim. Perhatikanlah, bagaimana dia bermudah-mudahan dalam menjatuhkan vonis kafir kepada para tukang jagal dan penyembelih ayam, sapi dan kambing dengan tanpa ilmu. Belakangan saya mendengar bahwa kelompok teman saya ini terlibat di bom cimanggis 2004.

Untuk membentengi diri kita dari virus pemahaman takfiri dan sebagai nasehat pada rekan-rekan yg terjangkit pemahaman takfiri, baru-baru ini ada ceramah Ustadz Sofyan Baswedan. Ceramah tersebut mengupas takfir (vonis pengkafiran) yg benar dan yg salah. Ceramah tersebut juga membahas syubhat-syubhat gerakan takfiri. Untuk mendengarkan dan mengunduhnya, silahkan cek di tautan berikut:

Nasehat untuk gerakan takfiri

Print Friendly, PDF & Email

Tags: my life

1 response so far ↓

  • 1 sta // Jul 26, 2012 at 3:56 pm

    orang khawarij tuh yang kek beginian