blognya komarudin bin sayuti

blognya komarudin bin sayuti header image 2

Larangan melaknat ulama-ulama Asy’ariyyah

January 23rd, 2016 · No Comments

Copy dari blog saya yg lain:

 

Berkata Ibnu Taimiyah dalam Majmu’ Fatawa jilid 4 hal. 16:

 وَأَمَّا لَعْنُ الْعُلَمَاءِ لِأَئِمَّةِ الْأَشْعَرِيَّةِ فَمَنْ لَعَنَهُمْ عُزِّرَ. وَعَادَتْ اللَّعْنَةُ عَلَيْهِ فَمَنْ لَعَنَ مَنْ لَيْسَ أَهْلًا لِلَّعْنَةِ وَقَعَتْ اللَّعْنَةُ عَلَيْهِ. وَالْعُلَمَاءُ أَنْصَارُ فُرُوعِ الدِّينِ وَالْأَشْعَرِيَّةُ أَنْصَارُ أُصُولِ الدِّينِ.

“Siapa yang melaknat ulama Asy-ariyyah, maka dia dita’zir. Dan laknatan dia (atas ulama Asy’ariyyah) kembali kepada dirinya sendiri. Siapa yang melaknat orang yang tidak layak dilaknat, maka ia akan terkena laknatnya sendiri. para ulama itu penjaga perkara-perkara furu’ (cabang) dalam agama. Para ulama Asy’ariyyah itu penjaga perkara-perkara ushul (pokok) dalam agama.”

Sedikit penjelasan kosa-kata:

  • Ulama asy’ariyyah: ulama yang berpendapat takwil dalam sifat-sifat perbuatan Allah (lihat contohnya di posting saya sebelumnya)
  • Laknat: cercaan, mendoakan kesengsaraan di dunia dan akhirat, mendoakan jauh dari rahmat Allah
  • Ta’zir: hukuman peringatan, hukuman yg ditentukan oleh pemerintah (karena tidak ada dalil sharih tentangnya)
  • Perkara ushul dalam agama: perkara pokok dalam agama seperti rukun Iman, rukun Islam dan perkara-perkara yang sangat jelas sekali dalam Islam.

Faidah ucapan Ibnu Taimiyah:

  • Ulama-ulama asy’ariyah seperti Imam Baihaqi, Imam An-Nawawi, Al-Hafidz Ibnu Hajar dan ulama Asy’ariyyah lainnya adalah termasuk para ulama islam. Mereka adalah orang-orang yang sangat mulia, memiliki kebaikan yang banyak dan amat berjasa kepada kaum muslimin. Kita wajib mencintai mereka dan mendoakan kebaikan untuk mereka.
  • Dilarangnya mencela ulama kaum muslimin, termasuk ulama-ulama Asy’ariyyah.
  • Memperingatkan orang-orang yang mencerca (mencela) ulama-ulama Islam termasuk ulama-ulama Asy’ariyyah. Pemerintah berhak menghukum mereka dengan hukuman yang dapat membuat pelakunya jera.
  • Ulama-ulama Asy’ariyyah telah menjadi penolong dan penjaga pokok-pokok agama ini, seperti tentang keimanan, hukum-hukum fiqih, makna-makna hadits dll. Sebagai contoh, Imam An-Nawawi dan Al-Hafidz Ibnu Hajar masing-masing memiliki kitab syarh hadits yang paling sering dirujuk oleh ummat Islam saat ini, yakni Al-Minhaj syarh Shahih Muslim dan Fathul Bari syarah Shahih Bukhari.
Print Friendly, PDF & Email

Tags: my life · Others

0 responses so far ↓

  • There are no comments yet...Kick things off by filling out the form below.

Leave a Comment