blognya komarudin bin sayuti

blognya komarudin bin sayuti header image 2

Assembly Line Balancing (Keseimbangan Lini Perakitan)

October 5th, 2010 · 6 Comments

Assembly Line Balancing (ALB, Keseimbangan Lini Perakitan) adalah permasalahan penyeimbangan beban pada stasiun-stasiun kerja di bagian lini perakitan. Keseimbangan pada lini perakitan adalah sangat penting karena menentukan seberapa besar kecepatan dan kedayagunaan (efisiensi) produksi.

Secara deterministik, kecepatan produksi lini perakitan ditentukan oleh stasiun kerja yang memiliki kecepatan operasi yang paling lambat (waktu operasi yang terbesar). hal ini dikarenakan stasiun kerja yang lain harus mengalami waktu menganggur (idle) baik menunggu material input maupun menunggu daerah WIP (work in process) di depannya menjadi kosong. Selain itu, jika kecepatan produksi stasiun-stasiun kerja pada lini perakitan berbeda secara signifikan, efisiensi lini perakitan tersebut menjadi rendah. Hal ini diakibatkan waktu operasi tidak digunakan sepenuhnya dalam mentransformasikan barang, akan tetapi ada waktu operasi yang terbuang dikarenakan idle (menganggur).

Pada permasalahan ini, diasumsikan ada serangkaian proses dalam lini perakitan. Setiap proses memiliki waktu operasi yang berbeda-beda. Selain itu, ada batasan keterdahuluan (precedence constraint) yakni sejumlah proses baru dapat dilakukan setelah proses prasyarat -nya (predecessor) selesai. Tujuan dari permasalahan ini adalah menentukan pengelompokan proses-proses pada lini perakitan menjadi stasiun-stasiun kerja yang akan memaksimumkan efisiensi lini perakitan tersebut. Terkadang, pada permasalahan ini juga dapat ditambahkan kendala seperti jumlah maksimum stasiun kerja atau kecepatan minimum lini perakitan (waktu operasi maksimum lini perakitan).

Secara ringkas, berikut adalah karakteristik dari permasalahan Assembly Line Balancing:

  • Ada sejumlah proses dalam lini perakitan dengan waktu proses masing-masing.
  • Ada kendala keterdahuluan (precedence constraint) yang memaksa sebagian proses baru bisa dimulai setelah proses prasyaratnya selesai
  • Bisa ada kendala tambahan seperti jumlah maksium stasiun kerja atau kecepatan minimum lini perakitan
  • Tujuannya adalah pengelompokan proses-proses perakitan menjadi stasiun-stasiun kerja tanpa melanggar kendala keterdahuluan demi tercapai efisiensi lini perakitan maksimum

Berikut adalah program yang mengimplementasikan algoritma Differential Evolution (DE) untuk menyelesaikan permasalahan ALB:

Update:

Ternyata program terdahulu mempunyai kesalahan fundamental, yakni mengabaikan keterkaitan antara task dalam 1 group.

berikut perbaikannya:

DEALB Updated 01October2011

catatan:

  • File ditujukan untuk program windows. Jika ada yg memerlukan versi linux, silahkan hubungi saya
  • Penggunaan program dapat digunakan baik untuk keperluan pribadi, pendidikan, maupun komersial
  • Program ini tidak dirancang untuk menghasilkan solusi yang optimal. Akan tetapi, dengan jumlah local search yg besar, hasilnya dapat mendekati optimal

Print Friendly, PDF & Email

Tags: Manufacturing system

6 responses so far ↓

  • 1 widhi.wahyuniarti // Mar 31, 2011 at 11:31 am

    Assalamualaikum pak..
    Pak, Softwere nya sudah di download dan diekstrak, ada 3 file di dalam nya..
    ALB JPG, ALB83.alb, dan DEALB
    ALB JPG hanya berupa gambar, DEALB berupa softwere yang siap untuk menerima input data, namun File ALB83.alb tidak bisa dibuka, apakah contoh case nya ada di file tersebut? bagaimana cara membuka file ALB83.alb pak?
     dan apakah ada cara tutorial untuk menggunakan softwere ini? Terimakasih
    Widhi Wahyuniarti
    Teknik Industri UI 2007

  • 2 Komarudin // Apr 4, 2011 at 5:05 am

    Wa’alaikumsalam,

    Software DEALB dibuka. Kemudian melalui menu > Open anda buka file ALB83.alb. Baru bisa di-run programnya.

    Saya belum punya tutorial untuk DEALB. Barangkali kamu mau berbaik hati membuatkan untuk teman-teman yg lain maka saya sangat berterima kasih.

    komar

  • 3 dito // Jun 1, 2011 at 4:55 pm

    dear pak komarudin,
    nice sare pak, saya kuliah di tek industri pertanian ugm, ingin mencoba memanfaatkan aplikasi ini,, apakah ada keterangan mengenai contoh kasus pada file,,,
    terimakasih,

  • 4 agung sutrisno // Nov 23, 2011 at 4:47 pm

    Pak Komar,

    saya ada tugas membuat programkomputer untuk assembly line balancing dengan bhs pemrograman sembarang (VB, Mathlab dsb). Apakah Bapak ada source code/ link yang terkait dengan code ALBP tsb. Maklum, saya sangat newbie dalam pemrograman komputer.

    Jazakumullah…

  • 5 Komarudin // Nov 23, 2011 at 8:19 pm

    Halo Pak Agung,

    Karena tugasnya adalah membuat program komputer, sepertinya saya tidak bisa memberikan source-codenya kepada anda. Mungkin sebaiknya anda coba membuat programnya, kemudian nanti kita bisa berdiskusi lewat email jika ada yg bisa saya bantu.

  • 6 MUTIA APRIANI // Nov 29, 2016 at 8:52 am

    halo pak komar…saya ada pertanyaan nih utk bapak….saya ada tugas kuliah…bagaimana penggunaan stasiun kerja dan lini perakitan pak??
    mohon bantu ya pak