blognya komarudin bin sayuti

blognya komarudin bin sayuti header image 1

Survei PILKADA, apa yang salah?

February 12th, 2017 · 1 Comment

Kegiatan pemilihan kepada daerah serentak pada tahun 2017 berlangsung sangat semarak. Apalagi pilkada DKI Jakarta yang merupakan ibu kota Indonesia. Sampai-sampai debat kandidat pasangan calon ditayangkan di saluran televisi nasional. Selain hiruk-pikuk sahut-menyahut di media social, event ini juga diramaikan dengan survei adu kuat pasangan calon.

Ada yang menarik dari hasil survei pilkada DKI Jakarta. Dua survei yang berdekatan menghasilkan kesimpulan yang berbeda. Mari kita bandingkan hasil survei yang diadakan oleh Charta politika untuk periode 17-24 Januari 2017 dengan hasil survei Poltracking Indonesia untuk periode 24-29 Januari. Ternyata kesimpulan yang didapat berbeda jauh. Charta Politika menempatkan Ahok-Djarot sebagai unggulan teratas dengan 36,8%, sedangkan Poltracking menempatkan Anies-Sandiaga sebagai paslon teratas dengan 31,5%. Padahal margin error yang disebutkan adalah cuma sekitar 3,5%. Tentunya kami tidak mengatakan kedua lembaga tersebut tidak kredibel, karena mereka sudah malang melintang di dunia survei pilkada dan quick count.

Lalu dimanakah letak penjelasannya? Secara ringkas, berdasarkan keilmuan statistik, salah satu kemungkinan permasalahannya adalah di jumlah sampel dan responden.

[Read more →]

Print Friendly, PDF & Email

→ 1 CommentTags: Forecasting · Statistics

Aplikasi Operations Research di Dunia Pertambangan

March 13th, 2016 · No Comments

Beberapa bulan ini, saya diajak teman untuk menyelam di dunia pertambangan. Ternyata, cukup banyak penelitian di bidang Operations Research (OR) yang diaplikasikan di pertambangan. Penelitian ini tidak sekadar penelitian di atas kertas. Akan tetapi, benar-benar diterapkan di dunia tambang. Saya sendiri melihat dan ikut berpartisipasi dalam penerapan model-model OR di tambang.

Prinsip dan model OR biasanya diterapkan di tambang ketika tahap development dan exploitation. Artinya, ketika  permasalahan perencanaan jadwal dan metode eksploitasi (development) dan ketika benar-benar terjadi pengerukan material tambang (exploitation), dipakailah prinsip dan model OR. Secara garis besar, aplikasi OR di tambang bisa dibagi tiga bagian besar, yakni strategic, tactical dan operational.

[Read more →]

Print Friendly, PDF & Email

→ No CommentsTags: Logistics · Mathematical programming · mining · my life · Optimization · Scheduling

Penjelasan hadits “Di mana Allah?” oleh Imam An-Nawawi

January 23rd, 2016 · No Comments

copy dari  blog saya yg lain:

 

Imam An-Nawawi menjelaskan hadits “Di mana Allah” di kitab syarh-nya jilid 5 halaman 24-25:

shsm05 (silahkan download)

Saya akan mengutip perkataan Imam An-Nawawi tersebut dan menterjemahkannya bagian per-bagian. Imam An-Nawawi menulis di kitabnya Syarh shahih muslim jilid 5 hal. 24-25:

قَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيْنَ اللَّهُ قَالَتْ فِي السَّمَاءِ قَالَ مَنْ أَنَا قَالَتْ أَنْتَ رَسُولُ اللَّهِ قَالَ أَعْتِقْهَا فَإِنَّهَا مُؤْمِنَةٌ

[01] Tentang pertanyaan Nabi صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ kepada seorang jariyah (budak wanita): “di mana Allah?”, kemudian jariyah tersebut menjawab: “di langit”, kemudian beliau bertanya: “Siapakah aku?” Jariyah tersebut menjawab: “Engkau adalah Rasulullah”. Lalu beliau bersabda: “Merdekakanlah ia karena sesungguhnya dia orang yg mukmin (beriman)”.

[Read more →]

Print Friendly, PDF & Email

→ No CommentsTags: Uncategorized

Larangan melaknat ulama-ulama Asy’ariyyah

January 23rd, 2016 · No Comments

Copy dari blog saya yg lain:

 

Berkata Ibnu Taimiyah dalam Majmu’ Fatawa jilid 4 hal. 16:

 وَأَمَّا لَعْنُ الْعُلَمَاءِ لِأَئِمَّةِ الْأَشْعَرِيَّةِ فَمَنْ لَعَنَهُمْ عُزِّرَ. وَعَادَتْ اللَّعْنَةُ عَلَيْهِ فَمَنْ لَعَنَ مَنْ لَيْسَ أَهْلًا لِلَّعْنَةِ وَقَعَتْ اللَّعْنَةُ عَلَيْهِ. وَالْعُلَمَاءُ أَنْصَارُ فُرُوعِ الدِّينِ وَالْأَشْعَرِيَّةُ أَنْصَارُ أُصُولِ الدِّينِ.

“Siapa yang melaknat ulama Asy-ariyyah, maka dia dita’zir. Dan laknatan dia (atas ulama Asy’ariyyah) kembali kepada dirinya sendiri. Siapa yang melaknat orang yang tidak layak dilaknat, maka ia akan terkena laknatnya sendiri. para ulama itu penjaga perkara-perkara furu’ (cabang) dalam agama. Para ulama Asy’ariyyah itu penjaga perkara-perkara ushul (pokok) dalam agama.”

[Read more →]

Print Friendly, PDF & Email

→ No CommentsTags: my life · Others

Sunnahnya hubungan intim suami istri pada hari jum’at dan malamnya

January 23rd, 2016 · 2 Comments

Copy dari blog saya yg lain:

 

Disunnahkan berhubungan suami-istri pada malam dan hari jum’at didasarkan penafsiran para ulama tentang hadits berikut:

Dari Aus bin Aus, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَغَسَّلَ ، وَبَكَّرَ وَابْتَكَرَ ، وَدَنَا وَاسْتَمَعَ وَأَنْصَتَ ، كَانَ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ يَخْطُوهَا أَجْرُ سَنَةٍ صِيَامُهَا وَقِيَامُهَا

Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at dengan mencuci kepala dan anggota badan lainnya, lalu ia pergi di awal waktu atau ia pergi dan mendapati khutbah pertama, lalu ia mendekat pada imam, mendengar khutbah serta diam, maka setiap langkah kakinya terhitung seperti puasa dan shalat setahun.” (HR. Tirmidzi no. 496. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

[Read more →]

Print Friendly, PDF & Email

→ 2 CommentsTags: my life · Others