blognya komarudin bin sayuti

blognya komarudin bin sayuti header image 1

Catatan ulama hadits terhadap pemahaman Asy’ariyyah

April 27th, 2022 · Comments Off on Catatan ulama hadits terhadap pemahaman Asy’ariyyah

Pemahaman Asy’ariyyah yang membatasi sifat wajib bagi Allah hanya 20 sifat, merupakan pemahaman yang keliru. Pemahaman ini didorong oleh semangat dalam mengagungkan Allah ‘azza wajalla yang tidak mungkin sama dengan makhluk. Oleh karena ini, saudara-saudara Asy’ariyyah menolak -diantaranya- sifat ridho, murka, tangan, telinga, turun bagi Allah. Padahal sifat-sifat tersebut disebutkan dalam Al-quran dan hadits-hadits shahih.

Sebenarnya pemahaman Asy’ariyyah ini sudah dikritisi oleh para ulama. Termasuk juga di kitab-kitab matan hadits, yang kebanyakan para ustadz, kyai, ajengan memiliki dan pernah mempelajari kitab-kitab matan hadits. Pemahaman Asy’ariyyah ini dikritisi di dalam kitab-kitab matan hadits, lebih spesifik lagi dengan istilah jahmiyyah. Jahmiyyah menolak semua sifat Allah keceuali sedikit saja. Kemudian Asy’ariyyah terpengaruh dan mewarisi sebagian penolakan ini.

Kesimpulannya, jika kita ingin mengetahui catatan terhadap Asy’ariyyah, di kitab-kitab matan hadits, maka salah satu caranya adalah membaca bagian dengan kata kunci jahmiyyah الجهمية.


Imam Ibnu Majah (wafat tahun 273 H) menuliskan sebuah bab dalam kitab sunan beliau bab “Perkara-perkara yg diingkari oleh kelompok Jahmiyyah” kemudian membawakan sejumlah hadits, yakni hadits no. 176-201. Pada bab ini, beliau membawakan sejumlah hadits yang menerangkan tentang melihat Allah di hari kiamat, Allah tertawa, Arsy Allah, Allah berada di atas penduduk surga, Allah berbicara kepada hambaNya tanpa penterjemah, tangan Allah, tangan kanan Allah, Allah di atas langit, Allah tidak tidur dan tidak membutuhkan tidur, wajah Allah, jari-jemari Allah, Allah senantiasa dalam kesibukan.

Imam Abu Daud (wafat tahun 275 H) menuliskan sebuah bab dalam kitab Sunan beliau bab “Tentang kaum Jahmiyyah” kemudian beliau membawakan sejumlah hadits No. 4721-4728. Selain itu, beliau juga berikutnya membawakan bab-bab lain yang berkaitan seperti bab “tentang melihat (Allah)”, bab “bantahan terhadap jahmiyyah”, bab “tentang Alquran”, bab “tentang Dajjal”.

Imam Abu Daud membawakan beberapa hadits di bab-bab tersebut berkenaan tentang Allah berada di atas Arsy-Nya, malaikat pembawa (pemanggul) Arsy, telinga Allah (hadits No. 4728), melihat Allah di hari kiamat, Allah menggulung langit di hari kiamat, tangan Allah, Allah turun ke langit dunia, Alquran kalam Allah, Al-quran bukan makhluq, Allah berbicara yang didengar oleh penduduk langit (hadits No. 4738), Allah tidak buta (hadits No. 4757).

Ada bagian yang menarik yang mungkin perlu kita tampilkan di sini, yakni ketika membahas hadits No. 4728. Pada hadits di bawah ini menyampaikan bahwa Abu Hurairah ketika membaca ayat bahwa Allah Maha Mendengar dan Maha Melihat, beliau menyampaikan bahwa ia melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam meletakkan ibu jarinya di telinga dan kemudian di mata. Abu Hurairah berkata: Aku melihat Rasulullah membaca ayat tersebut kemudian meletakkan jari-jarinya (ke telinga dan mata -tambahan dari komar-). Ibnu Yunus berkata: Al-Muqri berkata: yakni bahwa Allah maha mendengar dan maha melihat, yakni Bahwa Allah memiliki pendengaran (telinga -tambahan dari komar-) dan penglihatan (mata -tambahan dari komar-). Abu Daud berkata: Ini adalah bantahan atas Jahmiyyah.

Imam Tirmidziy (wafat tahun 279 H) dalam kitab Sunan beliau membawakan hadits No. 2415 bahwa setiap manusia akan bercakap-cakap dengan Tuhannya tanpa ada penterjemah. Kemudian Imam Tirmidziy menambahkan riwayat dari Waki’ bahwa beliau berkata: “Siapa yang merupakan penduduk Khurasan, hendaklah menyampaikan dengan sungguh-sungguh kepada penduduk Khurasan, karena kaum Jahmiyyah mengingkari hal ini”.

Print Friendly, PDF & Email

Comments Off on Catatan ulama hadits terhadap pemahaman Asy’ariyyahTags: Uncategorized

Membela tukang cap bid’ah

April 21st, 2022 · Comments Off on Membela tukang cap bid’ah

Pertimbangkan beberapa aktivitas ini:

  • Shalat zhuhur jam 8 pagi
  • Beribadah haji di depok
  • berwudhu dengan cara terbalik urutannya
  • beribadah membisu dan panas-panasan
  • shalat sunnah qabliyah zhuhur 3 rakaat
  • selalu mandi besar sebelum berwuduhu
  • membayar zakat wajib peternakan kelinci

Setujukah kita bahwa hal tersebut bid’ah? Kalau anda setuju, berarti kita samaan.

[Read more →]
Print Friendly, PDF & Email

Comments Off on Membela tukang cap bid’ahTags: Uncategorized

Apakah Tuhan itu ada? Pertanyaan untuk para atheist.

March 28th, 2022 · Comments Off on Apakah Tuhan itu ada? Pertanyaan untuk para atheist.

Apakah tuhan itu ada? Terkadang ada yang belum bisa menjawab dengan keyakinan yang mantab. Ada juga yang tampil di depan menjawab lantang bahwa tuhan itu tidak ada. Menurut atheist, kehidupan termasuk manusia, hewan dan tetumbuhan merupakan hasil evolusi alam secara mandiri selama berjuta-juta tahun. Kehidupan dimulai dari hewan sel sederhana yang terjadi karena huge replications with random chance (Percobaan berulang-ulang yang memiliki kemungkinan acak). Lalu organisme yang lebih kompleks seperti manusia, hewan dan tetumbuhan adalah hasil evolusi berjuta-juta tahun dari hewan sel sederhana tersebut. Apakah benar demikian?

[Read more →]
Print Friendly, PDF & Email

Comments Off on Apakah Tuhan itu ada? Pertanyaan untuk para atheist.Tags: Uncategorized

Survei PILKADA, apa yang salah?

February 12th, 2017 · 2 Comments

Kegiatan pemilihan kepada daerah serentak pada tahun 2017 berlangsung sangat semarak. Apalagi pilkada DKI Jakarta yang merupakan ibu kota Indonesia. Sampai-sampai debat kandidat pasangan calon ditayangkan di saluran televisi nasional. Selain hiruk-pikuk sahut-menyahut di media social, event ini juga diramaikan dengan survei adu kuat pasangan calon.

Ada yang menarik dari hasil survei pilkada DKI Jakarta. Dua survei yang berdekatan menghasilkan kesimpulan yang berbeda. Mari kita bandingkan hasil survei yang diadakan oleh Charta politika untuk periode 17-24 Januari 2017 dengan hasil survei Poltracking Indonesia untuk periode 24-29 Januari. Ternyata kesimpulan yang didapat berbeda jauh. Charta Politika menempatkan Ahok-Djarot sebagai unggulan teratas dengan 36,8%, sedangkan Poltracking menempatkan Anies-Sandiaga sebagai paslon teratas dengan 31,5%. Padahal margin error yang disebutkan adalah cuma sekitar 3,5%. Tentunya kami tidak mengatakan kedua lembaga tersebut tidak kredibel, karena mereka sudah malang melintang di dunia survei pilkada dan quick count.

Lalu dimanakah letak penjelasannya? Secara ringkas, berdasarkan keilmuan statistik, salah satu kemungkinan permasalahannya adalah di jumlah sampel dan responden.

[Read more →]

Print Friendly, PDF & Email

→ 2 CommentsTags: Forecasting · Statistics

Aplikasi Operations Research di Dunia Pertambangan

March 13th, 2016 · 1 Comment

Beberapa bulan ini, saya diajak teman untuk menyelam di dunia pertambangan. Ternyata, cukup banyak penelitian di bidang Operations Research (OR) yang diaplikasikan di pertambangan. Penelitian ini tidak sekadar penelitian di atas kertas. Akan tetapi, benar-benar diterapkan di dunia tambang. Saya sendiri melihat dan ikut berpartisipasi dalam penerapan model-model OR di tambang.

Prinsip dan model OR biasanya diterapkan di tambang ketika tahap development dan exploitation. Artinya, ketika  permasalahan perencanaan jadwal dan metode eksploitasi (development) dan ketika benar-benar terjadi pengerukan material tambang (exploitation), dipakailah prinsip dan model OR. Secara garis besar, aplikasi OR di tambang bisa dibagi tiga bagian besar, yakni strategic, tactical dan operational.

[Read more →]

Print Friendly, PDF & Email

→ 1 CommentTags: Logistics · Mathematical programming · mining · my life · Optimization · Scheduling