Sudah lama saya tak melakukan Jumat ceria. Kali ini saya iseng mengganti sistem operasi perangkat Xiaomi Mi 6 saya dengan sistem operasi baru. Berhubung saya baru saja menulis seri pembahasan kasus Equifax, kali ini saya hendak menyelingkan dengan tulisan hiburan yang lebih ringan.

Memasang AOSP Extended

Saya asumsikan Anda sudah mengunduh bahan-bahan berikut:

Beberapa opsional:

Saya akan mulai pengalaman saya.

Menghapus Sistem Operasi Lama

Pertama-tama, masuk ke mode pemulihan. Hapus partisi sistem, data, dan tembolok. Pastikan Anda sudah membuat salinan hal-hal penting di Google Drive atau sejenisnya. Ingat, tidak perlu menghapus Internal Storage.

Wipe Partitions

Wipe Partitions

Setelah ini, memasang sistem.

Memasang Sistem

Berikut urutan saya memasang sistem:

  1. Memasang Firmware 7.9.7, bukan versi yang lain.
  2. Memasang sistem operasi AOSP Extended.
  3. Memasang GApps.
  4. Memasang Snapdragon Camera Pro

Saya mencoba masuk ke sistem setelah memasang keempat ini. Ternyata, sidik jari tidak terdeteksi. Setelah menyiapkan konfigurasi akun Google dan selesai mengunduh aplikasi, saya pun memulai ulang perangkat saya ke mode Pemulihan kembali. Saya kemudian memasang fix_FPC_Fingerprint.zip untuk membetulkan sidik jari saya. Akhirnya, sidik jari saya pun bisa digunakan.

Memasang Modul Magisk

Ada beberapa modul yang perlu saya pasang untuk menjalankan fungsi.

Universal Safety Net Fix

Magisk and Safety Net status

Magisk and Safety Net status. ctsProfile not detected

Safety Net diperlukan untuk dapat menggunakan Google Pay atau pun beberapa aplikasi lainnya yang membutuhkan jaminan keamanan pada perangkat. Sebelum menggunakan modul ini, ctsProfile tidak terdeteksi. Untuk itu, diperlukan modul ini yang ada di bagian Downloads pada aplikasi Magisk Manager.

F-Droid Privileged Extension

Saya menggunakan F-Droid, sistem pemasang yang memasang perangkat lunak bebas. Perangkat lunak bebas, terutama yang berlisensi GPLv3 ditolak di Google Store. Modul ini diperlukan agar aplikasi yang dipasang oleh F-Droid terpercaya. Modul ini yang ada di bagian Downloads pada aplikasi Magisk Manager.

Xiaomi_Mi6_widefine

Untuk bisa menggunakan aplikasi berbasis DRM macam Netflix dan sejenisnya, kita harus memasang DRM. Salah satu modul DRM adalah Google Widevine. Untuk itu, unduh widevine.zip dan aktifkan di modul Magisk.

Kalau benar, maka DRM akan dipasang dengan baik.

DRM Info

DRM Info

Kamera

Kamera Mi bawaan sepertinya harus diset manual izin yang diperlukan dari konfigurasi agar aplikasi dapat berjalan. Saya sendiri lebih menyukai kamera Snapdragon PRO dari pada kamera Mi. Hasilnya lebih nyata.

Captured with Snapdragon PRO Camera

Captured with Snapdragon PRO Camera

Melawan:

Captured with Mi Camera on AOSP

Captured with Mi Camera on AOSP

Gambar Kamera Mi lebih lembut. Tetapi, saya lebih suka ketajaman Snapdragon PRO. Saya menggunakan aplikasi Snapseed untuk mengubah apa-apa yang perlu.

Aplikasi Pembantu dari Google Apps

Ada beberapa aplikasi pembantu yang saya unduh dari Google Apps yang menurut saya bisa membantu Anda juga.

  • Carrier Services. Semenjak saya pasang ini, koneksi saya ke provider lancar.
  • DRM Info. Untuk melihat apakah ada DRM di perangkat saya.
  • GPS Status & Toolbox. Aplikasi ini bisa diunduh gratis. Namun, saya membelinya agar dapat memiliki versi tanpa iklan dan penuh. Kalibrasi sensor menggunakan aplikasi ini sangat cepat.
  • Snapseed. Aplikasi gratis dari Google ini untuk menyunting gambar.
  • POC KTP. Sekedar iseng membaca e-KTP dan uji coba sensor NFC. Ya, ampun! Segeralah terbitkan spesifikasi akses APDU, ya, pemerintah! Saya juga mau membuat aplikasi yang memanfaatkan data e-KTP.

Demikian.

Bacaan Lebih Lanjut