Malam ini saya tidak bisa tidur. Iseng melihat lini masa, saya membaca artikel Menkominfo menyarankan menggunakan aplikasi PesanKita sebagai pengganti Telegram. Katanya ada Pak Onno di dalamnya.

Dari penelusuran iseng saya, saya menemukan komentar yang sudah terhapus tentang PesanKita adalah sebuah forking dari aplikasi GPLv3. Saya terlalu malas untuk membuat skrinsut hasil pencarian karena ketika saya mengulang pencarian, hasilnya tulisan itu tidak muncul.

Dari hasil pencarian, saya pun temukan TNISiber/PeSanKita-lib di Github. Berdasarkan keterangan, dia merupakan forking dari libsignal-service-java dari proyek Open Whisper System. Lihat di Github, saya melihat kode untuk server, aplikasi, dan pustaka.

Saya belum terlalu dalam mempelajari sistem ini karena saya sudah mengantuk dan ini cuma iseng. Saya tidak tahu apa yang diubah. Namun, apabila memang ini adalah sebuah aplikasi Open Whisper, bisa dikatakan bahwa benar klaim Pak Menteri bahwa PesanKita memiliki tingkat keamanan enkripsi seperti Telegram.

Saatnya kembali tidur.