MIUI 9 dibuat dari rangka Android 7.1.1 seharusnya memiliki Camera2 API di dalamnya. Sayangnya, MIUI mengaktifkan pustaka HAL 1 bukannya HAL 3 sehingga fungsionalitas Camera2 API dimatikan oleh sistem.

Untuk mengatasi hal tersebut, /system/build.prop harus diubah dan ditambahkan:

Dari pada secara manual dan berisiko merusak sistem, gunakan saja modul Magisk yang dibuat orang.

Memasang Modul Magisk

Karena sebagian dari kalian kemungkinan ada provider malas yang belum membuka akses Reddit, maka saya terpaksa memberikan akses langsung ke berkas.

  1. Unduh magisk-Camera2-API.zip.
  2. Masuk ke Magisk Manager. Klik tombol 3 garis → Modules  → (+) → pilih modul Magisk Camera2 API yang sudah terunduh.
  3. Reboot.

Selesai.

Aplikasi Kamera yang Memanfaatkan

Aplikasi standar MIUI masih berjalan seperti biasa, kecuali modus slow-mo. Namun, sayang rasanya bila Camera2 API tidak dimanfaatkan secara maksimal.

  • Kamera OP5. Saya suka kamera ini simpel. Secara mengejutkan, dia mendukung dual-camera yang ada di MIUI juga! Untuk foto-foto sederhana kamera ini cukup baik. Aplikasi ini ada di XDA Developer.
  • Kamera Google Pixel XL. Format HDR+ yang dihasilkan aplikasi ini luar biasa. Saya anjurkan menggunakan aplikasi ini untuk membuat foto-foto panorama.  Untuk bisa memfoto dengan baik, kamera diubah menjadi mode video terlebih dahulu, baru ubah kembali ke mode kamera. Aplikasi ini ada di XDA Developer.
  • Open Camera. Tampilannya rumit, namun semuanya sangat detail. Saya sejujurnya lebih suka aplikasi ini. Bisa dibuat untuk menyimpan dalam format RAW selain JPEG. Aplikasi ini ada di F-Droid.

Tentu penilaian saya ini masih jauh dari sempurna mengingat saya memasang dan menguji sekilas (first impression).

Bacaan Lebih Lanjut