ISI ARTIKEL INI DAPAT MEMBUAT XIAOMI MI6 ANDA RUSAK!

SAYA TIDAK MENGANJURKAN UNTUK MELAKUKAN INI 

DAN SEBAGAI PENULIS TIDAK BERTANGGUNG JAWAB

ATAS APA YANG ANDA LAKUKAN.

Ini sekedar pengalaman saya saja, tolong jangan jadikan tutorial resmi. Untuk bisa melakukan ini, hal-hal yang telah saya persiapkan:

  • Memiliki GNU/Linux KDE Neon (Ubuntu 16.04) yang sudah terpasang fastboot dan adb dengan benar. Artinya, keduanya sudah bisa membaca Android.
  • Xiaomi Mi6 sudah di-unlock secara resmi.
  • USB Debug sudah diaktifkan di mode pengembang.
  • Sudah memasang TWRP 3.1.1-0. Namun, ini tidak penting, karena pemasangan tidak dari recovery, tapi dari fastboot.
  • ROM versi Fastboot dari forum MIUI untuk Mi6. Besar berkas sekitar 2GB (2020MB), jadi silakan ditunggu saja unduhannya. Sengaja tidak saya kasih hotlink, tidak sopan.

Hal yang mau saya capai adalah memasang MIUI 9 tanpa menghapus aplikasi lama.

MASUK KE FASTBOOT

MIUI menyediakan dua versi, Recovery dan Fastboot. Untuk Mi6 yang dari MIUI 8 Global Stable (V8.2.2.0.NCAMIEC), tidak bisa melakukan dari recovery.

  1. Matikan perangkat Mi6.
  2. Setelah mati, tekan tombol Volume Turun + Power. Tahan sampai muncul tampilan Fastboot.
  3. Terakhir, hubungkan perangkat Mi6 ke PC/Laptop. Saya sarankan dengan laptop, sih. Supaya catu daya stabil dan gangguan listrik padam minim. Takut gagal di tengah jalan dan perangkat jadi bata.

Pasang MIUI 9

Paket MIUI yang kita unduh itu sebenarnya berkas TAR yang membungkus semua berkas IMG dan skrip pasang. Bongkar dan masuk ke direktori:

Jalankan skrip flash_all_except_storage.sh. Saya pilih skrip ini karena saya tidak mau konfigurasi dan aplikasi yang telah saya pasang hilang.

Proses ini memakan waktu sekitar 50 detik. Setelah selesai dengan sempurna, skrip akan memulai ulang perangkat Mi6.

Selesai.

MIUI 9 Global Beta

MIUI 9 Global Beta

Aplikasi saya tidak terhapus, namun saya tidak lagi ter-root. Perangkat jauh lebih enteng dan cair. Ya, berhubung setelah memasang saya langsung menulis ini, saya belum menjelajahi lebih lanjut. Namun, sejauh ini, sih, saya senang.

Bacaan Lebih Lanjut