Laman Depan

Saat ini, ada konsep yang bernama landing page. Inti dari landing page adalah konsep Call To Action (CTA). Ada sebuah tombol atau borang yang mengajak langsung pengunjung untuk beraksi. Aksi yang dimaksud misalnya mengajak untuk mendaftar atau membeli.

Kebetulan situs ini tidak untuk kepentingan komersial. Bahkan, Anda bisa saja menolak semua cookies yang ada di situs ini karena itu dari pihak ketiga. Ya, saya menggunakan tombol CTA untuk ke halaman daftar tulisan blog.

Saya menggunakan LayerSliderWP yang telah dibeli oleh Humas UI untuk membuat tampilan. Tematik yang saya gunakan (Limitless) sudah mendukung langsung. Tinggal saya mempelajari tulisan yang ada.

Poster

Saya iseng-iseng membuat sebuah poster dengan cara yang benar karena sayang melihat poster web hanya sebuah satu gambar JPEG. Kerap kali kita senang membuat poster/infografis daring bermodalkan sebuah gambar besar. Sayangnya, mesin-mesin pencari tidak dapat menangkap isi data poster/infografis tersebut. Sehingga, informasi yang sebenarnya ingin disebarkan ke web menjadi terbatas saja. Selain itu, ukuran menjadi sangat besar.

Untuk itu, perlu dibuatkan sebuah poster/infografis ala web. Saya menggunakan RevSlider yang telah dibeli Humas UI sebagai perkakas.

Konsepnya sama seperti menggunakan penyunting grafis seperti GIMP/Photoshop. Gambar dijadikan beberapa lapisan (layer). Beberapa lapisan yang berisi info berupa tulisan biasa. Untuk ikon dan gambar orang, misalnya, baru digunakan lapisan grafis.

Basi, ‘dong?

Tentu tidak! Dengan adanya fonta daring (web font) yang dapat diakses dari Google Fonts, dapat dibuat tulisan dengan jenis huruf yang nyeleneh seperti yang dijumpai pada komputer pribadi.

Tentunya, pembuatan poster ICACSIS 2015 yang saya buat jauh dari sempurna. Ada beberapa perbaikan yang saya pikir perlu:

  1. Menggunakan flat design dengan menghindari latar belakang gambar. Selain lebih sederhana, ukuran total menjadi lebih kecil.
  2. Menghitung piksel yang benar sehingga konsisten pada semua tampilan.
  3. Belajar desain yang lebih menarik. 🙂

Demikianlah, saya masih dalam taraf belajar.

Gambar Latar

Dari studi kasus situs IBM, ada dua hal yang saya dapat pelajari, yakni gambar yang digunakan untuk latar blok CTA dan gambar yang digunakan untuk efek paralaks. Selain itu, permainan warna yang digunakan oleh IBM cenderung warna-warna kalem dan komposisi foto yang warnanya terbatas sehingga dapat dikompresi dengan ukuran yang kecil.

Gambar untuk CTA

Yang menjadi misteri adalah ketika menghitung berapa dimensi gambar latar, kalau pun seharusnya menggunakan gambar latar. Kalau saya lihat dari IBM.com pada laman MobileFirst-nya, mereka menggunakan dimensi 1600×400px dan 1600×520px. Di beberapa laman lainnya ada yang 1600×450px.

Gambar untuk Parallax

Untuk tipe gambar parallax, dimensi yang digunakan oleh IBM pada laman cloud computing adalah 1480×987px.

Terakhir

Saya masih penasaran untuk membuat landing page yang bagus. Saya lihat, situs-situs seperti IBM minim animasi. Mungkin untuk mengurangi distraksi dan membuat berat sistem.

Ah, saya jadi ingin mengoprek lebih lanjut.