Koneksi OnePlus One (OPO) saya suka mati hidup. Apalagi semenjak pindah ke paket Unlimited seharga 149 ribu. Kayaknya, bulan depan mau pindah ke paket yang lebih murah saja.

Dibalik derita nahas pindah paket yang mahal yang berujung kepada koneksi acak-kadut, ada hikmah yang tersirat. Saya menemukan trit tentang DHCP accelerator. Sang penulis mengimplementasi protokol klien DHCP yang lebih efisien.

Artikel asli tentang protokol DHCP ini menyebutkan bahwa protokol yang diimplementasi sebenarnya adalah RFC 4436. Dengan menggunakan catatan koneksi ARP yang telah dilakukan sebelumnya, klien DHCP menentukan peladen DHCP yang optimal.

Versi terbaru binari yang digunakan saat penulisan adalah versi 4. Saya menggunakan ZIP yang dibuat oleh seseorang. Dengan ZIP ini, saya memasang secara mudah dengan menggunakan TWM Recovery.

Oh, iya, binari yang disediakan bukan cuma untuk OPO, tetapi dapat juga digunakan oleh perangkat Android lainnya. Penulisnya sendiri sudah mengirimkan tambalannya kepada AOSP, CM, dan proyek DHCPd.

Hasil dari tambalan ini mengesankan saya. Kendati koneksi masih byar-pet, setidaknya transisi koneksi berlangsung cepat dan lebih stabil. Selamat mencoba.