PENULIS TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS KERUSAKAN YANG TERJADI. PANDUAN INI DAPAT MEMATIKAN GARANSI ANDA (kalau pun masih ada garansi).

RISIKO TANGGUNG SENDIRI!

Saya dipinjami teman sebuah telepon Samsung Galaxy Grand Duos i9082. Seperti pada perangkat Samsung umumnya, telepon ini menggunakan Touchwiz. Beliau ingin memperbaharui perangkat ini. Ya, wajarlah. Touchwiz sangat memberatkan sistem. Apalagi untuk perangkat satu ini yang mulai uzur.

Kalau saya lihat spesifikasi perangkat ini, perangkat ini adalah seperti Raspberry Pi dengan dua prosesor. Sama-sama menggunakan BCM VideoCore IV sebagai grafis. RAM yang terbaca sekitar 832MB. Jadi, mungkin sekitar 192MB memori digunakan untuk video. Cukup, sih, untuk memasang video Full HD 1080p.

Saatnya mengganti dengan ROM yang enteng!

Setelah beberapa hari bersemedi di XDA, saya menemukan ROM yang optimal:

AOGP adalah ROM terakhir yang masih aktif dikembangkan untuk perangkat ini; yang lainnya aktif di 2013 dan awal 2014. AOGP menggunakan CyanogenMod 11 (CM11) sebagai basis. Beberapa modifikasi penting dia lakukan seperti mengaktifkan Dual SIM. Biasanya, produk-produk AOSP tidak mendukung Dual SIM.

Memasang Recovery Termodifikasi

Sumber bacaan: [Ultimate Guide] Installing / Rooting / Self-Customizing Stock Rom 4.2.2 / 1 [13/08]

Yang paling saya sebal dari proses ini adalah proses ini menggunakan sistem operasi Windoze. Hal ini karena ODIN hanya berjalan di sistem operasi tersebut. Memang, ada Heimdall yang bisa berjalan di GNU/Linux. Saya sudah mencobanya. Tapi, berhubung saya lagi baik karena menjelang Natal, saya tuliskan saja versi menggunakan Windoze.

Oh, iya, pastikan USB Debugging dinyalakan. USB Debugging ada dari menu Pengembang. Kalau belum ada menu Pengembang, nyalakan dari menu About device lalu menekan beberapa kali versi Build Number.

Perangkat Lunak yang diperlukan

Berikut perangkat lunak yang diperlukan.

  1. Pasang Penggerak USB Samsung. Cara paling gampang adalah memasang perangkat lunak KIES. Kalau di GNU/Linux, memasang Heimdall sudah memasang aturan UDEV juga.
  2. Saya mengunduh ODIN versi 2.07 dari thread ini. Cukup diekstraksi dan Odin3 siap digunakan.
  3. Saya menggunakan recovery termodifikasi dari Philz Touch. Saya mengunduh philz_touch_6.19.3-i9082.tar.md5. Format .tar.md5 adalah format yang diketahui oleh Odin3.

Yak, cukup tiga itu. Silakan pastikan bahwa perangkat terdeteksi. Berhubung PC teman saya pernah digunakan untuk perangkat Samsung lainnya, perangkat ini langsung terdeteksi. Sepertinya Penggerak USB Samsung dibuat untuk semua perangkat Android dia.

Pemasangan

ODIN flashing recovery image. (Source: XDA)

ODIN flashing recovery image. (Source: XDA)

Caranya:

  1. Matikan perangkat. Dari keadaan mati, pencet tombol Volume Turun + Home + Power bersamaan. Kombinasi tombol ini membuat perangkat masuk ke Mode Unduhan (Download Mode).
  2. Pastikan KIES atau peramban berkas tidak berjalan. Setelah yakin tidak ada aplikasi yang dapat mengambil alih telepon, jalankan ODIN dengan Run As Administrator.
  3. Setelah perangkat di Mode Unduhan dan ODIN sudah menyala, hubungkan kabel USB dari PC ke perangkat. Kalau terhubung, bagian awal batang akan berwarna hijau dan log berisi Added!
  4. Pastikan Auto Reboot dan F. Reset Time tercentang. Pilihan Auto Reboot akan menyalakan ulang perangkat ketika sudah selesai. Pilihan F. Reset Time akan melakukan Factory Reset, alias menghapus konfigurasi yang ada. Pilihan F. Reset Time itu yang paling penting harus dicentang!
  5. Klik tombol PDA dan pilih berkas philz_touch_6.19.3-i9082.tar.md5 yang kita unduh tadi.

Kalau tidak ada aral melintang, seharusnya Pada layar log pesan ada tulisan: PASS. Kalau Auto Reboot dinyalakan, perangkat akan otomatis menyala ulang. Saatnya ke hidangan utama.

Memasang ROM AOGP 4.4.4

Unduh beberapa berkas berikut:

Taruh itu semua di perangkat. Bisa di penyimpan internal atau penyimpan eksternal. Terserah, yang penting ingat saja di mana ditaruh berkas-berkas tersebut. Oh, iya, kalau pakai sideload, berkas-berkas tersebut tidak perlu ditaruh di perangkat.

Masuklah ke mode Recovery. Cara manual adalah dengan mematikan perangkat lalu tekan

Selanjutnya pemasangan saya asumsikan menggunakan Philz Recovery. Karena ini sudah berulang kali saya lakukan pada artikel LG G2, maka untuk kemalasan saya menghemat waktu, saya berikan langkah-langkah singkat saja. Silakan cari artikel sejenis di blog ini yang lebih detail.

  1. Lakukan Factory Reset. Langkahnya secara berurutan.
    • Wipe Data/Factory Reset
    • Clean to Install a New ROM
    • Yes, I will install a new ROM
  2. Pasang ROM AOGP.
  3. Pasang Google Play
    • Install Zip
    • Choose Zip from /sdcard
    • gapps-kk-20140105-signed.zip
    • Yes – Install gapps-kk-20140105-signed.zip
  4. Pasang SuperSU
    • Install Zip
    • Choose Zip from /sdcard
    • UPDATE-SuperSU-v2.37.zip
    • Yes – Install UPDATE-SuperSU-v2.37.zip
  5. Nyalakan ulang perangkat.
    • Reboot System Now

Catatan, kalau ada di eksternal, jangan pilih “Choose Zip from /sdcard”, tapi pilih direktori yang satu lagi.

Kalau saya, sih, menggunakan GNU/Linux menggunakan sideload. Itu sebabnya, saya pilih Install zip from sideload. Lalu, pada terminal di PC saya, saya lakukan perintah ini:

adb sideload <NAMA_BERKAS>

untuk ketiga berkas itu. Contohnya:

adb sideload UPDATE-SuperSU-v2.37.zip

Enaknya sideload, tidak perlu menaruh berkas di perangkat, cukup jalankan dari terminal.

Beberapa Langkah Tambahan Setelah Masuk Pertama Kali

Ada beberapa hal yang harus dilakukan setelah masuk ke dalam ROM untuk pertama kali. Yang paling standar memasukkan ID Google Anda. Setelah itu, ditanyakan untuk masuk ke ID CyanogenMod Anda. Kedua proses ini bisa dilewati. Tapi, kalau mau memasang aplikasi dari Google Play, sebaiknya ID Google diisi.

Setelah selesai proses registrasi tadi, ada satu langkah kecil yang diperlukan untuk mengaktifkan tombol-tombol yang ada di bawah (MENU, HOME, BACK).

  1. Masuk ke:
    • Settings
    • Buttons
  2. Hilangkan centang pada Hardware key option for hardware keys to work. Ketiga tombol akan mati.
  3. Centang kembali Hardware key option for hardware keys to work. Ketiga tombol akan kembali menyala.
  4. Selesai.

Sampai proses ini Anda sudah mendapati Samsung Galaxy Grand Duos I9082 yang telah berfungsi. Selesai.

Proses yang Kelupaan

Iya, saya ada satu proses yang kelupaan, yakni memasang radio. Saya hampir tidak pernah menggunakan fitur ini. Tapi, yang kalau mau, silakan unduh APK Spirit1 dari thread ini. Caranya ada di pos #4.

Saya belum mencobanya karena sudah kepalang saya kembalikan perangkatnya.

Terakhir

Selamat mencoba. Terlampir hasil tangkapan layar. Maaf, ya, ini sudah memakai tematik beda, tapi saya lupa apa. Saya juga sudah memasang Google Chrome Beta.