PERHATIAN:

BIONIK DAN DALVIK YANG ADA PADA TUTORIAL INI HANYA UNTUK STOK DAN ROM TERMODIFIKASI YANG DIBUAT DARI STOK.

JANGAN GUNAKAN PUSTAKA-PUSTAKA INI UNTUK AOSP! (CyanogenMod dan sejenisnya)

Sumber bacaan: [Mod] [Nexus 5] Dalvik+bionic library optimization – Flashable

Saya sebenarnya sudah menjelaskan pada tulisan sebelum ini. Saya akan coba jelaskan lebih lengkap. Terutama alasan mengapa ini perlu.

Karena pustaka Android itu Kode Sumber Terbuka (Open Source Software) dan bukan Perangkat Lunak Bebas (Free Software), semua orang bisa saja mendistribusikan binari tanpa menyertakan kode sumber. Dalam hal ini, Qualcomm sebagai penyedia keping untuk perangkat Android dan beberapa pabrik menyediakan binari yang terkompilasi secara optimal untuk perangkat buatannya. Untungnya, karena ini Android, pustaka binari tersebut bisa dipakai di perangkat lain dengan spesifikasi yang (hampir) sama.

Ada dua pustaka yang ditawarkan: BIONIC dan Dalvik. Kalau pada pemasangan sebelumnya saya hanya memasang BIONIC, kali ini saya memasang juga Dalvik. Supaya kalau mau tetap di Dalvik atau kembali dari ART ke Dalvik, perangkat menggunakan pustaka yang teroptimasi.

Memasang Pustaka Bionic yang Teroptimasi

Sumber bacaan: Bionic (perangkat lunak)

Bionic adalah Pustaka C yang digunakan oleh sistem Android. Karena lisensi yang digunakan Bionic adalah BSD, maka Google memilih pustaka ini ketimbang GLIBC yang menggunakan LGPL. Lisensi BSD lebih ramah terhadap produk-produk tertutup (proprietary).

Untuk memasang Bionic:

  1. Dari menu utama pilih Install Zip
  2. Pilih Choose zip from /sdcard
  3. Pilih LG_G3_BIONIC.zip
  4. Pilih Yes – Install LG_G3_BIONIC.zip

Selanjutnya Dalvik.

Memasang Pustaka Dalvik yang Teroptimasi

Sumber bacaan: Dalvik (perangkat lunak)

Semua aplikasi Android adalah aplikasi Java. Aplikasi Java dijalankan oleh mesin JVM. Dalvik adalah mesin JVM yang menjalankan aplikasi-aplikasi tersebut di Android.

Awal mulanya Google menggunakan JAMVM. Namun, kemudian secara gradual pindah ke Dalvik. Kini, Google akan melakukan transisi lagi ke ART.

Cara pasang Dalvik:

 

  1. Dari menu utama pilih Install Zip
  2. Pilih Choose zip from /sdcard
  3. Pilih LG_G3_DALVIK.zip
  4. Pilih Yes – Install LG_G3_DALVIK.zip

Kalau Anda memasang ART, Dalvik tidak perlu dipasang. Toh, pustaka ini tidak akan dipakai bila kita mengaktifkan ART.