Saya adalah pengguna LG G2 yang setia mencoba hal baru. Tak sengaja, saya menjalankan aplikasi AutoRec LG G2 yang ada di penyimpan karena penasaran. Alas, aplikasi tersebut memasang sebuah partisi Recovery yang tidak kompatibel. Akibatnya, perangkat G2 saya hanya secara berulang-ulang masuk ke logo dan muncul tulisan “Security Error”.

Beruntung ada trit yang menyediakan cara yang komprehensif untuk flashing dengan ROM mana pun, termasuk ROM awal. Ya, yang penting ROM tersebut dipaketkan dengan ekstensi “.kdz”. Langsung saja!

Satu catatan tambahan, PC yang dipakai adalah Windows 8 punya teman yang sudah dipasangi LG United Mobile Drivers. Ya, seharusnya kalau memakai perkakas Aplikasi LG di PC, penggerak sudah terpasang.

  1. Unduh dan ekstraksi LG Flash Tool 2014.
  2. Unduh salah satu berkas kdz dari situs ini. Yang paling masuk akal sepertinya “Indonesia D80210E_00.kdz” (versi 10E). Sepertinya itu masih versi Jelly Beans. Saya kebetulan pernah meningkatkan ke versi Kit Kat, saya menggunakan berkas saya sendiri yang pernah diunduh, “D80220A_00.kdz”.  Saya tidak tahu legalitas mencerminkan berkas ini, untuk amannya silakan cari sendiri di Internet berkasnya.
  3. Matikan G2 dengan menekan tombol daya lama (ACPI Off). Setelah itu, sambil menekan tombol Volume Naik, hubungkan dengan kabel USB ke PC. Kalau benar, maka G2 akan muncul Download Mode.
  4. Saya pun menjalankan LG Flash Tool 2014. Seperti pada trit awal, pilih CDMA; pilih “DIAG” untuk  Phone Mode; dan terakhir pilih berkas KDZ yang mau dipasang. Begitu memilih KDZ, otomatis LG Flash Tool akan membaca versi firmware yang hendak dipasang.
  5. Pilih Normal Flash untuk memasang sistem atau pilih CSE Flash untuk memasang semua dari awal (termasuk menghapus dokumen). Saya pilih CSE Flash, seharusnya cukup Normal Flash saja. Tapi, waktu itu saya takut kalau tidak beres. Ya, sudahlah, sudah terlanjur.
  6. Selanjutnya akan muncul kotak dialog yang agak besar dan pilih “Start”. Selanjutnya, muncul kotak dialog menanyakan bahasa. Langsung OK saja.
  7. Tunggu beberapa saat dan beres.

Seperti biasa, Android akan mengunduh ulang semua versi Android. Ditambah lagi, G2 akan secara otomatis memberitahukan versi yang terbaru. Silakan gunakan WIFI untuk itu.

Pemasangan versi baru

Pemasangan versi baru