[themify_box style=”yellow map rounded” ]PERHATIAN: BUKAN UNTUK PEMULA! SAYA TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS KERUSAKAN LG G2 ANDA. RISIKO TANGGUNG SENDIRI![/themify_box]

Diasumsikan LG G2 sudah dibebaskan dan sudah dipasangi Recovery (TWRP atau Philz).

Pasang Cloudy ROM

Sebelum mulai, unduh dan taruh ke perangkat LG G2 berkas-berkas berikut:

  1. KK_Baseband_D802.zip

  2. CloudyG3 1.3

Berkas pertama itu untuk penyesuaian baku (factory settings) D802 (LG G2 edisi Internasional) untuk Kit Kat. Berkas kedua adalah ROM Cloudy G3 itu sendiri.

Sekarang tinggal menyalakan ulang telepon untuk masuk ke Recovery. Berhubung tidak ada tombolnya, gunakan ADB dari komputer:

$ adb reboot recovery

Dari Recovery, hapus semua kecuali Internal Storage:

Wipe ⇒ Advanced Wipe ⇒ Pilih partisi yang mau dihapus:

  • Dalvik Cache
  • System
  • Data
  • Cache

Lalu geser tombol Swipe to Wipe untuk melakukan tindakan. Sekali lagi, jangan pilih Internal Storage supaya isi data kita tidak hilang.

Tekan tombol kembali beberapa kali untuk sampai ke halaman depan Recovery. Lalu, pilih Install dan pasang:

KK_Baseband_D802.zip

lalu setelah selesai, pasang

CloudyG3_1.3.zip

Setelah itu, silakan nyalakan ulang telepon dengan Reboot System atau cara yang sejenis.

Pindah dari Dalvik ke ART

ART adalah mesin baru Android pengganti Dalvik. Bila Dalvik menggunakan bytecode yang sudah dikompilasi, maka ART mengompilasi aplikasi pada saat hendak dijalankan pertama kali. Itu sebabnya, aplikasi dengan ART lebih irit tapi membutuhkan ruang lebih banyak dari Dalvik.

Opsi pengembang di LG G2

Opsi Umum pada laman Pengaturan di LG G2

Cara mengaktifkan ART adalah dengan masuk ke Pengaturan ⇒ Umum ⇒ Opsi pengembang.

Opsi pengembang

Opsi pengembang

Pada menu Opsi pengembang, pilihlah Pilih waktu operasi

Pilih Pakai ART untuk menggunakan ART.

Pilih Pakai ART untuk menggunakan ART.

Pilih Pakai ART untuk menggunakan ART. Nanti akan ditanyakan peringatan, jawab untuk melanjutkan dan nyalakan ulang telepon LG G2. Karena ART mengompilasi aplikasi saat memulai, dibutuhkan waktu agak lama untuk memperbaharui aplikasi di Android. Saya sendiri membutuhkan waktu puluhan menit untuk memperbaharui 242 aplikasi di LG G2 saya.

Kalau misalnya Anda terjebak pada layar animasi mulai LG, silakan tekan tombol Daya lama. Seperti tombol ACPI lainnya, LG G2 akan mati secara paksa. Setelah itu, nyalakan kembali perangkat itu. Saya pribadi hanya mengalami ini di awal-awal saja. Beberapa menit setelah pemakaian, telepon saya juga sempat mengalami hang. Namun, setelah di-reset paksa seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, perangkat berjalan normal.

Pasang Bionic Teroptimasi

Unduh berkas LG_G3_BIONIC.zip dari forum dan taruh ke perangkat LG G2. Dalvik tidak perlu karena kita menggunakan ART.

Lalu, lakukan proses yang sama seperti memasang ROM dan Baseband; 1) masuk ke Recovery; 2) pasang LG_G3_BIONIC.zip; dan 3) nyalakan kembali perangkat. Pada proses ini tidak perlu menghapus data apa pun. Bionic adalah pustaka C yang digunakan Android seperti GNU Libc. Bionic digunakan karena masalah lisensi GPL pada GNU Libc.

Yak, selesai.

Fitur CloudyG3 dan Kesan

CloudyG3 sebenarnya adalah ROM LG G3 yang disesuaikan untuk LG G2. Beberapa aplikasi LG yang dirasa tak perlu dihapus mereka (debloated). Jadi, ya, menggunakan LG G2 mirip seperti LG G3 dengan tambahan modul eXposed dan ROOT.