Semenjak saya memperbaharui sistem operasi dari Jellybeans (4.2.2) ke  Kit Kat (4.4.2), terjadi gangguan saat memainkan musik dengan menggunakan pendengar (headphone).

Saya pikir yang rusak konektor di telepon. Saya sudah mau berpikir untuk menggunakan garansi. Apalagi, pendengar yang saya gunakan Audio Technica ATH-M50 berjalan dengan baik di komputer dan perangkat lainnya.

Ternyata, saya tidak sendirian:

THAT Kitkat Audio Bug – Hissing/Crackling. – xda-developersTHAT Kitkat Audio Bug – Hissing/Crackling. G2 General

Banyak juga yang mengalami apa yang saya alami. Nampaknya ini terjadi kepada perangkat pendengar kelas atas. Pendengar bawaan dari LG dan pendengar-pendengar biasa tidak mendengar sama sekali gangguan tersebut.

Apa, sih, gangguan tersebut? Kalau memainkan musik, ada bunyi kresek-kresek yang menemani. Ini contoh video gangguan yang terekam:

Solusinya?

Pertama, kalau Anda tidak ingin garansi resmi hilang, lebih baik jangan pindah ke Kit Kat dulu. Atau, kalau terlanjur, kembali saja ke Jelly Beans.

Kedua, solusi parsial, akan hilang bila telepon dinyalakan ulang. Caranya adalah dengan melakukan kalibrasi loopback, mik 1, mik 2, dan mik 3. Cara ini parsial karena masalah akan datang kembali ketika telepon dinyalakan ulang.

xda-developers – View Single Post – THAT Kitkat Audio Bug – Hissing/Crackling.Senior Member Thanks Meter 234 Ok so unplug your headphones. Click reboot on your device. When your device will reboot plug the headphones. Go to dial keypad. Look about what sound keypad keys like 2,5,0,#. Delete all what you typed. Type in dial 3845#*802#, it will show Hidden Menu.

Cara ketiga, bila menggunakan pendengar yang dilengkapi dengan mik, dapat dilakukan Hook Key Test. Cara ini juga parsial karena akan hilang ketika pendengar dicopot dari telepon.

Cara terakhir, cara yang menghilangkan garansi. Anda perlu root telepon Anda, pasang Xposed 2.5+ dan modul G2 Tweaks Box 2. Ubah mixer_path.xml pada telepon Anda. Lalu, pada G2 Tweaks Box aktifkan tambalan:

Sound Tweaks—————>Fix Hissing Headset issues

Setelah itu, silakan nyalakan ulang telepon. Maka, masalah ini akan selesai.

Berhubung G2 saya masih garansi, saya tidak menggunakan cara terakhir. Saya melaporkan hal tersebut pada LG. Nasib.