Sebelum Memasang

Silakan beli dahulu permainannya di Steam. Bisa tunggu Steam Sale atau langsung saja. Memang, harga US$19,9 agak mahal. Kebetulan waktu itu saya dapat beli dari Steam Sale.

Jangan lupa bahwa Sacred 2 Gold harus mengunduh 13,6 GB (!) dari Steam. Pastikan kuota Internet Anda cukup. Atau, pastikan langganan Internet Anda cukup mumpuni untuk mengunduh permainan ini.

Pastikan juga Anda sudah memasang Wine.

sudo apt-get install wine

atau

sudo emerge wine

atau menurut kepercayaan dan distro masing-masing.

Mari Memasang

Untuk memudahkan, saya menggunakan Winetricks.

Pasang Winetricks

Winetricks biasanya sudah dipaketkan oleh distro-distro GNU/Linux. Contohnya pada Debian dan turunannya (BlankOn termasuk):

sudo apt-get install winetricks

Pada Gentoo:

sudo emerge winetricks

atau perintah yang lainnya sesuai distro masing-masing. Atau kalau manual:

rm -f winetricks
wget http://winetricks.googlecode.com/svn/trunk/src/winetricks
sudo cp winetricks /usr/bin
sudo chmod +x /usr/bin/winetricks

Saya lebih suka menggunakan versi SVN karena lebih terbaru.

Pasang Steam

Steam yang dipasang oleh Winetricks tidak berfungsi. Untuk itu, kita harus mengunduh Steam secara manual.

wget http://media.steampowered.com/client/installer/SteamSetup.exe -O /tmp/SteamSetup.exe

Baru setelah itu lanjutkan pasang Steam dengan winetricks. Ingat! Steam pasti gagal dipasang. Namun, kita butuh konfigurasi lingkungan Wine yang cukup.

winetricks steam

Winetricks selalu memasang pada “$HOME/.local/share/wineprefixes/steam”. Variabel $HOME berisi direktori rumah Anda, misalnya “/home/blankon”. Kebetulan permainan saya di Steam bukan cuma Sacred 2 Gold. Untuk itu, Saya pindahkan saja ke lingkungan yang berbeda nama, misalnya “sacred”.

mv $HOME/.local/share/wineprefixes/steam $HOME/.local/share/wineprefixes/sacred

Untuk membuat perintah lebih sederhana, pindahkan direktori kerja WINE ke direktori Sacred.

export WINEPREFIX=$HOME/.local/share/wineprefixes/sacred

Lalu, pasang Steam seperti biasa:

wine /tmp/SteamSetup.exe

Seperti memasang Steam seperti biasa, tinggal klik saja. Lalu verifikasi dengan surel Anda. Saya rasa kalau Anda sudah bisa beli permainan di Steam, Anda sudah bisa melakukannya. Setelah itu, Anda tinggal mengunduh Sacred 2 Gold. Kalau saya butuh sekitar sejam lebih, Anda mungkin butuh waktu setengah hari.

Downloading Sacred 2 Gold Edition

Downloading Sacred 2 Gold Edition

Yang ini bisa Anda tinggal pergi.

Memasang Pustaka yang Diperlukan

Sacred 2 bergantung pada pustaka PhysX dari nVIDIA. Untungnya, pustaka tersebut sudah disertakan pada versi Steam.

wine "$WINEPREFIX/drive_c/Program Files (x86)/Steam/SteamApps/common/Sacred 2 Gold/redist/PhysX/PhysX_9.10.0513_SystemSoftware.exe"

Setelah itu, Anda tinggal langsung klik-klik pasang seperti biasa.

Installing PhysX engine

Installing PhysX engine

Setelah ini, Anda bisa langsung bermain.

Tentang Sacred 2 Gold

Sacred 2 adalah sebuah permainan yang berisi Sacred 2 Fallen Angel dan ekspansinya Sacred 2: Ice and Blood. Sacred 2 merupakan lanjutan dari Sacred. Namun, karakter-karakter yang diberikan berbeda dengan Sacred.

Sacred dan Sacred 2 adalah permainan yang diciptakan oleh Ascaron Entertainment. Ini satu-satunya permainan bacok-tebas (hack-and-slash) yang memiliki dunia terbuka dan misi-misi aneh bin lucu. Anda takkan pernah bosan untuk menjelajahi dunia Ancaria tempat Sacred berlangsung.

Saya mengenal Sacred dahulu ketika menunggu Diablo 3 yang tak kunjung datang. Saat itu beredar kabar bahwa para pengembang Diablo keluar dan sebagian bergabung dengan Ascaron untuk mengembangkan Sacred. Lalu saya pun mengikuti perkembangan Sacred.

Sacred pada mulanya adalah permainan penuh cacat. Namun, permainan ini semakin stabil seiring dengan tambalan-tambalan yang diluncurkan untuk memperbaiki banyak aspek. Seingat saya baru pada tambalan versi 1.62 permainan sudah stabil dan asyik untuk dijelajahi.

Pada beberapa waktu yang lalu, Sacred Gold (kumpulan Sacred dan ekspansinya) dikonversi ke GNU/Linux oleh Linux Game Publishing.  Namun, Sacred 2 Gold belum sempat dikonversi. Ascaron terlanjur bangkrut akibat berusaha mengembangkan Sacred 2 Fallen Angel.

Mengapa saya tidak menyebutkan Sacred 3 dan Sacred Citadel? Karena mereka bukan Sacred yang kita ketahui bersama. Sacred 3 tidak mengenal open world dan Sacred Citadel cuma permainan tidak jelas yang cara bermainnya sama sekali berbeda dengan Sacred yang kita ketahui bersama.

Cara bermain (gameplay) adalah roh dari sebuah permainan. Kohan memiliki cara bermain dengan satu pasukan. Cossacks memilih permainan dengan memperhitungkan sumber daya alam dan kemungkinan untuk makar. Sacred adalah tentang sebuah dunia besar yang terbuka untuk dijelajahi dengan berbagai macam kemungkinan misi. Itu sebabnya, saya masih belum bisa menganggap Sacred Citadel dan Sacred 3.