Citarasa itu berbeda tiap orang. Ini adalah versi BlankOn yang seharusnya ada menurut saya. Kalau tak setuju, tak mengapa. Kali ini saya menggunakan Root Terminal yang tersedia dengan mudah di BlankOn untuk menghindari sudo.

Pindah ke systemd Sepenuhnya

Seperti yang diberitakan, Debian akan membuang sysvinit dan pindah ke systemd pada iterasi berikutnya. Versi GNOME3 yang menjadi dasar BlankOn pun menggunakan modul yang sama. Maka, saya menggunakan inisiatif untuk mengganti saat ini juga.

Pertama-tama, pastikan akar direktori terpasang di /etc/fstab. Asumsi saya adalah sistemberkas diformat EXT4. Silakan ganti dengan format yang lainnya jika berbeda.

# cat /etc/mounts | grep ext4 >> /etc/fstab

Lalu, pasang systemd-sysv untuk menggantikan sysvinit:

# apt-get install systemd-sysv

Silakan nyalakan ulang BlankOn untuk mengaktifkan systemd. Perhatikan bahwa waktu mulai pun lebih cepat dibandingkan dengan sysvinit.

Segala Sesuatu tentang VirtualBox

Anda dapat melewati bagian ini. Saya memerlukan langkah-langkah ini karena saya menggunakan BlankOn pada VirtualBox di komputer kerja saya.

Memasang VirtualBox Guest

BlankOn menggunakan XOrg versi 1.15. Versi ini tidak didukung dengan baik oleh Virtual Box 4.3.6, versi terbaru Virtual Box saat penulisan ini. Diperlukan VirtualBox Guest Additions yang versi beta (4.3.7) untuk itu.

Pada komputer inang, unduh:

$ wget https://www.virtualbox.org/download/testcase/VBoxGuestAdditions_4.3.7-92075.iso

Selanjutnya, lakukan hal-hal berikut di BlankOn. Buka terminal di BlankOn dan lakukan. Pasang paket-paket ketergantungan.

# apt-get install dkms linux-headers-3.12-1-amd64

Entah mengapa, BlankOn juga memasang linux-image-3.9.1-amd64. Buang saja:

# apt-get remove --purge linux-image-3.9.1-amd64 # update-grub

Pada VirtualBox Anda di inang, pasang ISO yang sudah diunduh tadi ke BlankOn. Kalau benar, BlankOn akan menanyakan apakah CD yang baru dimasukkan hendak dijalankan atau tidak. Bila tak berjalan otomatis, langsung saja jalankan dari terminal.

Cari tahu dipasang ke direktori mana:

# mount | grep sr0

Pada kasus saya, saya pindah ke direktori berikut:

# cd /media/jp/VBOXADDITIONS_4.3.7_92080

Lalu, pasang VirtualBox Guest Additions:

# ./VBoxLinuxAdditions.run

Tunggu beberapa saat dan nyalakan kembali BlankOn.

Menambahkan Pengguna ke Grup vboxsf

Agar dapat mengakses direktori-direktori yang dibagi-pakai oleh VirtualBox, pengguna harus tergabung dalam grup vboxsf. Untuk menambahkan pengguna tersebut:

# adduser jp vboxsf

Keluar dari sesi BlankOn dan masuk kembali.

Memasang SSH

Saya bingung mengapa dewasa ini SSH tidak dipasang secara otomatis.

# apt-get install ssh

Dan, SSH pun terpasang.

Memasang Peluncur Aplikasi

Peluncur aplikasi KDE menggunakan KRunner. GNOME Shell menggunakan peluncur internal. Namun, sayangnya Manokwari tidak ada peluncur aplikasi.

Untungnya, ada aplikasi pihak ketiga. Ada GNOME Do yang menggunakan Mono. Ada Synapse yang biasa digunakan oleh BlankOn Pattimura dan pendahulunya. Ada Kupfer yang juga ringan. Terakhir, yang paling ringan dari itu semua: dmenu.

Saya tertarik pada Kupfer, namun untuk sementara ini saya memasang Synapse saja:

# apt-get install synapse

Sementara ini baru itu saja yang saya tambahkan.