NewGenLib banyak juga disebutkan dalam referensi mencari sistem perpustakaan terintegrasi (ILS). ILS ini sepertinya dibuat untuk berjalan pada sistem operasi Windows. Hal ini membuat NextGenLib tidak begitu memperhatikan keamanan.

Banyak kode yang ditulis langsung (hardcoded) sehingga menyebabkan kustomisasi agak sulit. Berkas instalasi memasang ke banyak direktori di /usr. Sejujurnya, saya tidak ingin Anda membaca panduan instalasi perangkat ini di mana pun. Dari semua yang saya temui, tidak ada satu pun yang cukup aman.

Lalu mengapa saya tetap menulis ini? Karena ILS ini sangat menarik. Setelah mencobanya, saya melihat fitur-fitur yang baik. Selain itu, pemasangan cukup mudah dibandingkan ILS yang lain. Itu sebabnya, saya akan mencoba memasang NewGenLib seaman mungkin.

Kali ini saya menggunakan BlankOn Suroboyo.

Pasang Berkas-berkas yang Dibutuhkan

NextGenLib hanya membutuh Java dan PostgreSQL. Tomcat, SOLr, dan lainnya sudah terbundel.

Saya juga memasang unzip untuk mengekstraksi berkas pasangan. (Opsional)

Buat Basisdata

Buat pengguna.

Masukkan sandi Anda. Lalu, selanjutnya buat basisdata.

Silakan Anda ganti ngl dan ngldb dengan penamaan yang sesuai selera.

Unduh Berkas Pemasangan

Unduh NewGenLib, ekstraksi, dan masuk ke direktori.

Selanjutnya saya akan membahas kustomisasi pemasangan.

Kustomisasi Berkas Konfigurasi Pemasangan

Ada dua yang saya hendak ubah:

  • apache-ant-1.8.1/bin/config.ini
  • Berkas-berkas yang berisi direktori data

Kedua berkas ini akan dibahas lebih lanjut.

Berkas config.ini

Berkas config.ini merupakan konfigurasi utama, berikut saya tulis seluruh isi berkas tersebut. Anda bisa gunakan penyunting favorit Anda, saya menggunakan cat saja.

Saya akan menaruh instalasi NextGenLib di /opt/ngl agar sesuai dengan FHS. Ganti lokasi kode sumber di tempat di mana Anda mengekstrasi kode sumber. Misalnya, /tmp/InstallNGL3.0. Yang lainnya berhubung dengan basisdata, pengguna basisdata, dan sandinya.

Sekali lagi, hanya untuk tutorial ini saja saya tulis sandinya passwd123. Anda harus menggunakan sandi yang aman untuk instalasi Anda! Jangan ikut menggunakan sandi yang aneh.

Berkas-berkas Pemasangan Direktori Data

Saya hendak mengganti pemasangan data NextGenLib dari /usr ke /srv/ngl agar lebih rapi. Untuk itu, saya perlu mengubah skrip Installation.xml agar sesuai dengan itu.

Demikian.

Menjalankan Pemasangan

Saatnya menjalankan pemasangan.

Membetulkan Perizinan

Buat pengguna yang akan menjalankan NextGenLib.

Ya, saya memang kurang kreatif dalam memberi nama. Selanjutnya ubah letak direktori data:

Satu konfigurasi lagi:

Ubah perizinan:

Selanjutnya coba jalankan NextGenLib.

Menjalankan NextGenLib

Saya kebetulan menjalankan NextGenLib pada VirtualBox. Hal ini menyebabkan saya harus membuat port lain selain 8080. Kebetulan port tersebut digunakan oleh aplikasi lain. NextGenLib membaca port yang ada di klien sehingga port di sistem harus sama dengan port yang diteruskan.

Untuk itu, saya lakukan langkah opsional ini.

Perintah tersebut mengganti seluruh port yang ada dari 8080 menjadi 18080.

Saya tidak berhasil menemukan konfigurasi yang membuat /usr/NextGenFiles sebagai pusat konfigurasi. Sepertinya dia menulis langsung di aplikasi langsung (hardcoded). Terpaksa sebagai jalan tengah dibuatkan tautan ke direktori tersebut.

Untuk mengubah itu, perlu melakukan kompilasi. Ini menambah kompleksitas dan membuat NextGenLib tidak begitu seksi lagi. Apalagi ini untuk orang awam.

Untuk menguji apakah ini sudah jalan, silakan jalankan secara manual.

Kalau sudah bisa, silakan pergi ke peramban dan akses http://127.0.0.1:18080/newgenlibctxt/ untuk melihat OPAC.

NextGenLib OPAC

NextGenLib OPAC

Saya senang dengan fitur NextGenLib. Dia dapat menjalankan aplikasi klien dengan menggunakan Java. Karena pemasangannya tidak terlalu rumit seperti yang sudah-sudah, saya akan memberikan bonus: Dasbor.

Dasbor Klien

Untuk dapat mengakses dasbor klien, Anda dapat mengarahkan peramban Anda ke http://localhost:18080/newgenlibctxt/LaunchApplication untuk mendapatkan aplikasi  klien berbasis Java.

Awalnya Anda akan ditanyakan alamat peladen.

Java Client asking to select the host.

Java Client asking to select the host.

Saya memasukkan localhost karena memang berjalan di VirtualBox. Anda bisa masukkan alamat FQDN peladen Anda bila Anda memasang di sebuah mesin terdedikasi.

Ketika berhasil terhubung, aplikasi akan menanyakan pengguna dan sandi masuknya.

Java Client asking for login

Java Client asking for login

NewGenLib secara baku memulai dengan pengguna “1” dan bersandikan “abc“. Bilamana aplikasi tidak bisa masuk, kemungkinan ada perubahan data saat pemasangan. Saya juga awalnya tidak bisa masuk. Saya akali dengan mengganti sandi pengguna “1” dengan “test“. Caranya:

Ini SQL mengubah sandi semua pengguna di basisdata. Untungnya, baru ada satu pengguna di basisdata.

Kalau sudah bisa masuk, maka akan dibawa ke dasbor.

Java client dashboard

Java client dashboard

Saya akui, dasbor NewGenLib sangat baik dan cukup mudah untuk dilihat. Yang pasti, dengan bermodalkan pemrograman berbasis Java, kita dapat mengubah tampilan menjadi lebih baik.

Omong-omong, administrasi pun dapat diakses dari laman situs. Namun, klien Java menyediakan halaman yang lebih intuitif menurut sekilas pemandangan saya.

Yak, kira-kira begitulah.