TULISAN INI BUKAN UNTUK ORANG AWAM DAN DAPAT MERUSAK TELEPON GENGGAM ANDA!

Di Sabtu pagi yang cerah ini rasanya enak untuk iseng-iseng. Eh, di XDA-Developer ada sebuah entri baru namanya Hepta Erro. Katanya, sih, dia ROM Jelly Beans paling enteng dan cepat. Kebetulan saya pernah menulis tentang memasang ROM termodifikasi di sini. Langsung saja saya praktekkan tulisan saya.

Tulisan ini sebenarnya cuma mengikuti tulisan yang ada di entri Hepta Erro ditambah pengalaman saya. Saya sendiri tidak begitu cepat menulis.

Unduh bahan-bahan utama ini:

  1. ROM Hepta Erro.
  2. GApps yang versi ringan.
  3. Kernel LuPuS JB v8.

Saya asumsikan Anda sudah memasang Android SDK dengan baik. Taruh/unduh ROM Hepta Erro dan GApps ke dalam SDCard. Nanti mereka akan digunakan.

Pasang Image BOOT

Saya asumsikan telepon dalam keadaan mati. Saat ini kita hendak masuk ke Fastboot Mode. Caranya dengan menekan dan tahan tombol VOLUME NAIK (VOL UP) lalu sambungkan dengan kabel USB komputer. Bila berhasil, maka lampu LED biru akan menyala.

Setelah tersambung ke komputer, saatnya memasang kernel. Kebetulan saya menggunakan versi 7, tapi mirip-miriplah caranya:

# /opt/android-sdk-update-manager/platform-tools/fastboot flash boot
LuPuS_mango_jBv7.img

Pasang ROM dan GApps

Selanjutnya memasang ROM. Untuk dapat memasang ROM dan GApps, masuk ke dalam modus Recovery (Recovery Mode) yang disediakan oleh kernel. Caranya:

  1. Matikan telepon.
  2. Nyalakan kembali sambil memencet berulang-ulang tombol VOLUME NAIK.
  3. Terus pencet-pencet sampai masuk Recovery Mode.

Saat di menu Recovery, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Hapus sistem dan data (Wipe System and Data).
  2. Pasang kedua ZIP (ROM dan GApps) melalui Install Zip → Choose zip from SD card lalu pilih kedua ZIP untuk dipasang. Ketika memasang ROM sistem seperti membeku. Itu karena berkas-berkas yang dipasang banyak sehingga berhenti agak lama.
  3. Terakhir, hapus tembolok (Wipe Cache and Dalvik Cache).

Setelah semua selesai, silakan nyalakan ulang telepon. Tinggal mengisi ulang konfigurasi dan telepon siap digunakan kembali.