RipperX extracting my CD

RipperX extracting my CD

Ceritanya saya baru ingat bahwa saya pernah membeli sebuah boks CD/DVD rohani yang keren. Akhirnya saya menggunakan Asunder untuk mengekstraksi audio dari CD. Seperti biasa, ketika saya memeriksa kualitas FLAC yang dihasilkan, saya mendapati di sebuah lagu rusak.

Akhirnya, saya mencari pengekstraksi CD yang lain yang lebih mumpuni. Saya pun menemukan RipperX. RipperX sudah mendukung CDParanoia III secara alami, sehingga pengujian integritas CD pasti dilakukan. Memang, sih, ini CD masih baru belum pernah dibuka, tapi untuk berjaga-jaga perlu juga.

RipperX sendiri sederhana dan tidak neko-neko. Dia membutuhkan untuk CD sudah dimasukkan sebelum ia berjalan. Konfigurasi yang diperlukan hanya mengganti tab MP3 — seharusnya namanya lain. Tab tersebut untuk memilih enkoder misalnya MP3, FLAC, MPC, dll. — dan tempat untuk menaruh berkas. Ya, sudah, sisanya tinggal memberi nama setiap lagu. Hal ini karena kebanyakan musisi Indonesia tidak ada di CDDB atau tidak tahu apa itu CDDB.

Akhir dari cerita ini ternyata VLC yang salah. Setelah saya bandingkan hasil ekstraksi dari Asunder, CDEX (Windows), dan RipperX ternyata hasilnya tetap jitter di VLC. Namun, ketika saya coba di MPlayer2 dan Foobar2000 (WINE), lagu yang bersangkutan baik-baik saja.

Ah, admin UI, jepe, deh…. :))