Disciple II main menu

Disciple II main menu running at 1024×768

Disciple II adalah permainan yang sangat lama. Kebetulan saya baru membelinya saat Steam sedang cuci gudang. Saya suka permainan yang lama-lama. Cara mainnya lebih kaya dan menegangkan. Yah, hitung-hitung menebus dosa telah memainkannya versi bajakan sewaktu belum tahu dan mampu dahulu.

Pemasangan berjalan seperti biasa. Tidak ada masalah dengan permainan ini. Dia permainan lama yang masih menggunakan pustaka non DirectX (mendukung juga, sih, DirectX 7.x).

TL;DR

Saya sedang malas menulis, ini dikerjakan dengan WINE versi 1.7.4. Terbitan WINE stabil terbaru saat tulisan ini ditulis. Intinya, saya menjalankan Disciple II pada modus emulasi destop.

Pustaka asli yang digunakan

Ini hanya sekedar menunjukkan apa saja yang digunakan versi asli.

Disciple 2 winecfg, nothing special, really...

Disciple II winecfg, nothing special, really…

Tidak ada yang aneh. Ini hanya konfigurasi bawaan dari zaman dahulu memasang Steam.

Konfigurasi Emulasi Destop

WINE harus dikonfigurasi agar menjalankan aplikasi Steam pada modus emulasi destop. Jangan lupa menjalankan ulang Steam kalau sudah mengubah ini.

Disciple 2 Emulate desktop

Disciple 2 Emulate desktop

Pada aplikasi konfigurasi WINE, saya membuat emulasi destop dengan resolusi 1024×768. Mengapa tanggung? Karena monitor saya hanya sanggung pada mode 1600×900. Jadi, kalau saya ubah jadi yang tertinggi, 1280×1024, ada sebagian yang tidak muat di layar.

Konfigurasi Disciple II

Di versi Steam, disediakan fungsi untuk mengonfigurasi aplikasi permainan.

Disciple 2 configuration

Disciple II configuration

Tidak ada yang istimewa, hanya mengaktifkan DirectX dan modus kompabilitas.

— SELESAI —

Cara Curang

Sebenarnya saya tidak melakukan emulasi destop. Saya malas mengubah-ubah konfigurasi Wine. Lebih baik saya ubah pintasan untuk menjalankan Disciple II. Saya menambahkan emulasi destop sebagai parameter. Sehingga, berkas pintasan jadi seperti ini:

$ cat ~/.local/share/applications/wine/Programs/Steam/Disciples\ II\ Gallean\'s\ Return.desktop
[Desktop Entry]
Name=Disciples II Gallean's Return
Exec=env WINEPREFIX="$HOME/.wine" wine explorer /desktop=disciple2,1024x768 C:\\\\windows\\\\command\\\\start.exe steam://rungameid/1640
Type=Application
StartupNotify=true
Icon=A0AD_07e2c19a4468db3ab5f2f4b7181da8ad819b2f1f.0

Saya menyensor WINEPREFIX dan mengganti direktori rumah saya dengan $HOME. Sesuaikan dengan Anda. Ganti $HOME dengan direktori rumah Anda.

Berkas ini sebenarnya diciptakan oleh WINE sewaktu memasang aplikasi. Jadi, saya hanya menambahkan modus destop (seperti yang tercetak tebal). Tidak ada yang berubah selain itu.