Prime World launcher

Prime World launcher

Prime World adalah “yet another Three Corridors” game yang dibuat oleh pembuat yang sama dengan Heroes Might and Magic V, Nival. Varian Three Corridors yang terkenal saat ini adalah DoTA, DoTA 2, dan HoN. Prime World termasuk dalam kategori Free to Play alias gratis dan saat ini masih versi Beta.

Prime World bukan hanya sekedar varian Three Corridors. Ia juga menyediakan misi seperti permainan RPG. Ia juga menyediakan perluasan bangunan seperti Heroes Might and Magic. Sedikit lebih kompleks tapi masih belum seberapa dibandingkan Civilization.

Konfigurasi WINE

Berikut konfigurasi WINE yang berhasil menjalankan Prime World.

Versi 1.7.3
Pustaka yang diubah
winecfg 1.7.3

winecfg 1.7,3

Beberapa Ganjalan

Ada beberapa ganjalan yang saya alami dengan permainan ini.

Gagal tersambung ke peladen

PeladenPrime World mungkin terbatas. Saya mengalami kesulitan untuk mengaksesnya. Kegagalan ini disebabkan oleh karena aplikasi gagal menemukan pembaharuan terbaru yang ada di peladen.

Gagal memasang Prime World

Terus terang, memasang Prime World di Steam itu bikin stres dan gila. Sudah seminggu saya gagal memasangnya. Sepertinya peladen Prime World masih perlu ditingkatkan. Untungnya, di halaman unduh, Naval versi Torrent. Saya menggunakan versi Torrent.

Saat penulisan besar berkas yang diunduh sebesar 1,2GB dalam bentuk berkas Zip. Saya mengekstraksi isi berkas tersebut ke direktori Prime World yang di Steam ($STEAMAPPS/common/PrimeWorld). Perhatikan kalau versi unduhan ini nama direktorinya “Prime World” atau terpisah spasi.

Saat permainan tiba-tiba tidak terjadi apa-apa dan semuanya berhenti

Saya mengalami ini saat saya sudah menang atau mencapai suatu capaian tertentu. Secara tak sengaja saya menemukan aplikasi yang memblokir. Sepertinya ada aplikasi khusus yang berjalan di belakang saat terjadi kemenangan.

Saya membuka terminal dan melakukan ini:

$  killall PW_Game.exe

Ini saya lakukan di setiap penghujung misi. Sebab, biasanya di saat itu aplikasi menjadi tidak responsif.

Diseminasi Prime World

Saya mendapati beberapa komponen yang menarik:

  • Halaman depan menggunakan Qt4 sehingga dapat menggunakan HTML sebagai perias (yah, mirip-mirip Manokwari).
  • Permainan menggunakan FMOD Ex sebagai speech engine.
  • Aplikasi menggunakan ACE dan Terabit sebuah framework pemrograman. Jangan-jangan dia menggunakan pustaka knetwork untuk menyediakan koneksi Internet.
  • Aplikasi menggunakan DirectX 9. Tapi, kalau dari komponen, seharusnya bisa dibuat dengan OpenGL sehingga bisa dibawa ke Sistem Operasi lain (GNU/Linux misalnya).
  • Beberapa pustaka FOSS seperti OpenSSL, TIFF, libjpeg, dan lain-lain pun terlihat.

Ini makanya saya tertarik membahas penuh Prime World. Kebanyakan komponennya menggunakan pustaka FOSS. Bahkan, bisa saja dibuat dengan menggunakan Torque 3D. Tentu saja, tidak ada yang dapat mengalahkan inovasi. Pembuatan permainan bukan soal grafis atau lainnya, tetapi keasyikan bermain itu sendiri (gameplay experience). Penggunaan engine pihak ketiga hanya mengurangi waktu teknis dan memberi waktu lebih untuk mengembangkan isi permainan itu sendiri.