Bagi saya huruf di BlankOn terlihat kabur (blurry) pada monitor saya (1600×900) Mungkin ada konfigurasi yang perlu diperbaiki. Mungkin ada paket yang perlu ditambahkan. Mungkin perlu banyak berdoa.

Untuk solusi grafik lebih jelas, Apple memberikan solusi dengan menambah resolusi dan menamainya Retina display. Sayangnya, monitor saya tidak sebagus itu. Dengan resolusi terbatas, saya pun berusaha membuat tulisan yang jelas, kriuk, dan indah.

Memasang Konfigurasi Fontconfig Infinality

Cara yang pertama adalah dengan memasang sekumpulan konfigurasi yang dibuat dengan konfigurasi Infinality. Ini seperti yang dikemukakan oleh WebUpd8:

echo "deb http://ppa.launchpad.net/no1wantdthisname/ppa/ubuntu raring main" | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/infinality.list
echo "deb-src http://ppa.launchpad.net/no1wantdthisname/ppa/ubuntu raring main" | sudo tee -a /etc/apt/sources.list.d/infinality.list
sudo apt-key adv --keyserver keyserver.ubuntu.com --recv-keys E985B27B
sudo apt-get update

Lalu pasang paket konfigurasi Infinality.

sudo apt-get install fontconfig-infinality

Saya mengikuti konfigurasi di komputer kerja saya (Gentoo) dengan memasang konfigurasi gaya infinality, Anda bisa pilih yang lain dengan membaca artikel. Berikut cara saya mengganti konfigurasi:

sudo bash /etc/fonts/infinality/infctl.sh setstyle infinality

Anda dapat mengganti gaya infinality dengan gaya-gaya berikut:

debug infinality linux osx osx2 win7 win98 winxp

Sampai di sini Anda bisa lihat perubahan, atau lebih afdol kalau keluar dari destop dan masuk kembali.

Memasang Freetype yang sudah ditambal

Anda bisa mengikuti cara di bawah ini sebagai bahan pembelajaran membangun paket Debian. Atau, silakan unduh paket yang sudah jadi pada http://kambing.ui.ac.id/jp/infinality/ dan pasang sendiri paket libfreetype6_2.4.12-0ubuntu0ppa1_amd64.deb.

Untuk tingkat lanjut, saatnya memasang Freetype yang ditambal dengan tambalan Infinality. Versi yang tersedia di repositori adalah untuk Ubuntu Raring. Untuk itu, saya sarankan  paket Freetype tersebut dikompilasi ulang khusus untuk BlankOn.

Pertama-tama persiapkan tempat untuk membangun paket:

mkdir -p ~/Bangun/DEB && cd ~/Bangun/DEB

Hal yang perlu diperhatikan di sini adalah Freetype yang dibentuk sebenarnya ditujukan kepada Ubuntu Raring (raring). Pada saat penulisan, Freetype yang ada di repositori versi 2.4.12, sedangkan BlankOn Suroboyo (suroboyo) versi 2.4.9.  Untuk itu, perlu diset versi yang akan dipasang adalah versi raring. Anda dapat menggunakan APT Policy atau gunakan cara jantan seperti saya. Ha… ha… ha….

Pasang paket-paket pengembangan yang diperlukan:

sudo apt-get build-dep -t raring libfreetype6

Setelah memasang paket-paket tersebut, unduh paket yang diperlukan:

apt-get source -t raring libfreetype6

Menambahkan parameter “-b” akan otomatis membangun paket kode sumber yang akan diunduh menjadi paket Debian. Namun, Anda tentunya mau jantan bukan? Tidak perlu menambahkan hal tersebut. Kita harus bangun sendiri paketnya.

Masuk ke dalam direktori kode sumber Freetype yang telah dipasang oleh apt-get:

cd freetype-2.4.12

Di dalam direktori tersebut, tanyakan paket apa saja yang diperlukan untuk membangun paket Debian.

dpkg-checkbuilddeps

BlankOn yang saya pasang membutuhkan paket-paket berikut ini:

sudo apt-get install docbook-to-man libx11-dev x11proto-core-dev libz-dev quilt

Lalu bangun paket Freetype:

dpkg-buildpackage

Ah, setelah saya lihat-lihat, ini juga gampang. Duh, ternyata sekarang Debian tidak sesulit dulu dalam membangun paket. Eh, iya, intinya ada tiga berkas berikut yang tersedia di atas direktori Freetype:

freetype2-demos_2.4.12-0ubuntu0ppa1_amd64.deb libfreetype6_2.4.12-0ubuntu0ppa1_amd64.deb libfreetype6-dev_2.4.12-0ubuntu0ppa1_amd64.deb

Tinggal dipasang saja:

sudo dpkg -i ../libfreetype6_2.4.12-0ubuntu0ppa1_amd64.deb

Dan muat ulang destop. Seharusnya ada perubahan.