PERHATIAN: BlankOn 9 Jahitan 1 masih dalam proses pemasakan, belum matang. Bagi yang perutnya tidak kuat makan agak mentah, jangan coba-coba. Ini buat para pecinta alam yang sudah biasa hidup di alam liar.

Tulisan kali ini adalah menambah hal-hal yang tidak penting, sekedar menambah beban kepada CPU, dan iseng-iseng berhadiah. Tujuannya? Karena saya bisa!

Pintasan Desktop

Biasanya orang suka menaruh aplikasi dan dokumen di desktop. Saya, sih, tidak suka cara kerja itu. Sudah ada Synapse yang memanjakan pencarian. Terus, mengapa saya melakukan ini? Karena saya bisa!

Tambah Pintasan ke desktop pada Manokwari.

Gambar1: Tambah Pintasan ke desktop pada Manokwari.

Contoh paling gampang adalah dengan menambahkan aplikasi yang sudah ada di menu BlankOn ke desktop. Misalnya, saya mau menambah Chromium. Caranya:

  1. Klik pada Aplikasi (blankon)
  2. Klik pada Internet
  3. Klik kanan pada Peramban Web Chromium nanti muncul seperti Gambar 1.
  4. Klik pada Tambahkan ke Destop

Apakah memang desktop dinaturalisasi menjadi destop pada Bahasa Indonesia?

Conky

BlankOn Suroboyo dengan gambar latar Tugu Pahlawan dan Conky

Gambar 2: BlankOn Suroboyo dengan gambar latar Tugu Pahlawan dan Conky

Conky adalah GKrellM versi modern. Aplikasi ini menyediakan informasi di desktop. Informasinya bisa apa saja, tapi yang paling lazim adalah info perangkat keras, jam, dan pengatur aplikasi musik. Setiap tampilan data yang dibuat Conky bisa diberi tema. Saya kurang berbakat untuk itu. Untung ada satu orang kurang kerjaan yang mengumpulkan itu semua pada satu situs. Saya pun menjadi malas dan mengunduh tematik yang ada. Saya memilih Infinity Conky. Berikut cara pasang saya.
sudo apt-get install conky-all
Unduh dan pasang konfigurasi Infinity Conky:
cd ~ && wget -O infinity-noobslab-eth1.zip http://goo.gl/ZiFbd  
unzip infinity-noobslab-eth1.zip && rm infinity-noobslab-eth1.zip
Kebetulan saya memakai Ethernet, kalau misalnya mau memasang yang versi nirkabel buat laptop:
cd ~ && wget -O infinity-noobslab-wlan1.zip http://goo.gl/qkIWg
unzip infinity-noobslab-wlan1.zip && rm infinity-noobslab-wlan1.zip
Buat berkas pintasan Conky agar setiap kali masuk ke desktop, Conky berjalan. Anda bisa menggunakan GEdit atau ViM, tapi cara hekernya begini:
cat > ~/.config/autostart/conky.desktop << EOF
[Desktop Entry]
Name=Conky
Exec=conky -d
Encoding=UTF-8
Type=Application
X-GNOME-Autostart-enabled=true
Icon=/usr/share/pixmaps/debian-logo.png
GenericName[id_ID.UTF-8]=Conky bikin destop yang bikin ngiler! xD
EOF
Berkas pintasan itu biasanya berekstensi .desktop kalau pada GNU/Linux — sesuai dengan standar XDG. Setiap Manajer Desktop seperti GNOME atau KDE yang mengikuti standarisasi XDG akan menjalankan semua pintasan yang ada pada direktori $HOME/.config/autostart setiap kali ia mulai. Mirip direktori Startup pada Windoze.

Plymouth

Hal terakhir yang tidak berguna adalah memasang tempelan yang bisa “muter-muter ketika sedang boot”. Sebenarnya BlankOn Suroboyo cukup cepat, namun tetap saja ada orang yang tak suka lihat teks-teks jalan. Ya, sudah, ini saya perkenalkan sebuah bootsplash yang bisa muter-muterin gambar. Kalau Anda menggunakan penggerak nouveau (nVIDIA yang versi FOSS), ati, atau intel yang sudah ada di MESA, langsung lanjut saja. Kalau tidak, sebelumnya silakan mampir di sini untuk melihat panduan memasang vesafb (Framebufer generik untuk VESA). Cukup mudah sebenarnya. Sekarang saatnya pasang Plymouth:
sudo apt-get install plymouth plymouth-theme-blankon
Untuk memilih tematik BlankOn, ketik:
sudo /usr/sbin/plymouth-set-default-theme blankon
Kalau tidak suka atau bosan, Anda bisa lihat tematik yang lain:
/usr/sbin/plymouth-set-default-theme --list
Kalau saya, saya membuat sendiri tematik berdasarkan ambil-ambil barang di Internet dan menyatukannya secara ngasal tanpa memperhatikan hak cipta dan merek dagang (Pak Rus kayaknya bakal maklum, deh) dengan menamainya blankon-spinner.  Saya membuatnya dari Azenis Plymouth. Setiap kali mengganti tematik Plymouth, jangan lupa untuk memperbaharui initramfs.
sudo update-initramfs -u
Dan sudah siap ketika komputer dinyalakan ulang. Kira-kira itu saja yang saya tahu paket-paket yang tidak berguna cuma sekedar buat pamer. Apa lagi, yah, aplikasi yang buat berat-beratin komputer?