Setelah kehilangan motivasi untuk meneruskan spesifikasi komputer super, saya pun bingung dengan dana yang tersedia. Tadinya, saya hendak membangun komputer untuk bermain khusus untuk Diablo 3. Seri Diablo adalah game spesial bagi saya. Mainnya tidak ada matinya.

Dulu saya “beli” Diablo buatan GPL (Glodok Punya License).  Setelah mengerti dan merasa cukup, saya memutuskan Diablo 3 sebagai game pertama saya yang asli. Sayang, fitur “Always Online” mematahkan semangat saya.

Batal sudah! Saya tidak mau berlangganan Internet super cepat jika hanya bisa digunakan di hari Sabtu saja. Tahu sendiri, ‘kan, biaya data plan di Indonesia mahal dan Menkominfo kerjaannya cuma ngurusin bokep dan berpantun ria.

Valve Masuk GNU/Linux

Sebenarnya isunya sudah lama. Si Larabel memberikan sedikit bocoran bahwa Valve sedang mengembangkan klien untuk GNU/Linux. Tapi, berhubung kadang-kadang artikel Phoronix suka mencari sensasi, saya tidak begitu percaya.

Wow, ternyata benar! Valve membuat situs khusus untuk GNU/LinuxGame pertama yang sudah berhasil ditaruh ke Ubuntu 12.04 adalah L4D2 (Left For Dead 2).

Horeeee….! 🙂

L4D2 adalah satu-satunya game FPS yang saya mainkan. Game ini spesial karena satu-satunya game FPS dengan cerita. Lalu, kalau kita berani keliling-keliling, pemandangannya bercerita. Atau, bahkan tokoh yang kita mainkan suka berbicara.

Omong-omong, sekarang sedang ada Steam Summer Sale. Satu game harganya cuma US$ 9.99 (sekitar 90.000an). Gratis update dan nurani tak lagi merasa bersalah. Saya langsung membeli Valve Complete Pack.

Sulitnya e-Commerce di Indonesia

Kebanyakan situs pembayaran menginginkan adanya kartu kredit sebagai alat pembayaran. Waduh, padahal, khan, kartu kredit artinya kartu hutang. Mengapa tidak diperbolehkan menggunakan kartu debit?

Ada beberapa hal yang menjadi kendala dalam pembuatan kartu kredit:

  1. Tidak semua orang Indonesia diperbolehkan memiliki kartu kredit. Mungkin karena pekerjaan dan beberapa syarat lain yang tidak terpenuhi.
  2. Kartu kredit baru tidak bisa digunakan untuk transaksi melebihi sejumlah tertentu. Saya hendak membeli DLNA kit sendiri yang totalnya lebih dari 5 juta. Ya, wassalam…
  3. Kartu kredit menambah beban pengeluaran. Biayanya mahal.
  4. Kartu kredit dari bank di Indonesia terkadang tidak laku.

Omong-omong, saya tidak memiliki kartu kredit. Saya mengumpulkan data dari teman-teman. Saya tak suka MLM, tetapi sebelum Robert T. Kiyosaki menjadi raja MLM, dalam Cash Flow Quadrant, dia bilang untuk menggunting kartu kredit. Oprah Winfrey dalam The Oprah Winfrey Show juga selalu bilang gunting kartu kredit. Dua orang dari ekstrim berbeda berpendapat sama, jadi saya ngikut saja.

Lalu bagaimana cara saya membelinya? Kebetulan saya punya teman-teman yang lama melintang. Jadi, saya  minta bantuan mereka.

Saya agak ngeri kalau mau beli DLNA kit. Terkadang harga cukai lebih mahal dari barang sendiri. Mau cari-cari di Glodok juga saya tidak tahu tempatnya. Saya bukan orang kaya, kalau harganya sudah dua kali lipat, saya harus berpikir ulang.

Susah memang kalau mau riset dan bahan baku ada di luar negeri. Andai ada potongan harga cukai untuk barang-barang keperluan riset. Apakah ada hukumnya, kawan-kawan?

Melenceng dan Berhenti Menulis

Waduh, kok, pembahasan jadi melenceng.

Yah, begitulah saya. Memang membeli game di Internet ini termasuk riset saya untuk penggunaan e-Commerce. Omong-omong, saya bukan periset beneran. Tapi, sebagai seorang yang suka TIK saya suka meneliti fenomena dunia TIK.

Hasil dari riset saya selama di Universitas Indonesia:

  1. FOSS, saya melanjutkan tugas dari Pak Ibam untuk menjaga Kambing.
  2. Kartu pintar. Saya termasuk tim pembuat platform untuk infrastruktur Smart Infrastructure UI.
  3. Blog. UI yang pertama kali mengimplementasi WordPress MU.
  4. Surel. Implementaasi dari ASSP, standarisasi DKIM, dan lainnya
  5. Dan lain sebagainya.

Mengapa saya mem-bragging ini semua?

Saya cuma mau bilang, inilah dampak dari menggeluti FOSS. Pikiran jadi terbuka untuk menciptakan solusi, menyatukan yang ada, dan pantang menyerah. Sesuatu yang tidak akan Anda dapatkan dari menggunakan sistem tertutup.