Akhirnya saya mendaftar ke sebuah forum yang baru berganti domain. Hal ini karena protes pribadi saya telah selesai. Memang protes yang sepertinya tidak berguna. Tidak ada yang dipengaruhi dan tidak pernah cerita di publik. Tapi, ini hak saya, toh, sebagai bentuk kepedulian saya terhadap domain negeri ini.

Mengapa saya protes tak mau daftar?

Dulu sewaktu zaman ccTLD, saya mendapatkan cerita dari Mbah Internet betapa bangganya Indonesia mendapatkan domain berakhiran ID. Kita Indonesia termasuk pengguna awal Internet. Beberapa universitas di Indonesia (termasuk UI) mendapatkan 1 blok IP. Bahkan, UI mendapatkan satu blok IP kelas B! Satu blok kelas B /16 itu sesuatu banget, deh….

Yah, sekarang zaman sudah berubah, ccTLD sepertinya sudah ditinggalkan karena gTLD. Makanya, saya tidak mempermasalahkan orang tidak begitu paham akan arti “.id” itu. Tapi, bagi saya adalah sebuah ironi bila sebuah forum Indonesia berdomain negara lain. Itu sebabnya, saya tidak pernah mendaftar dan hanya sesekali menengok forum itu.

Di satu sisi, saya juga bingung dengan pendaftaran domain yang hanya bisa menggunakan peramban tertentu. Selain itu, pendaftaran domain juga lebih rumit harus menyertakan identitas yang lengkap. Semua diberi akhiran “.web.id” sehingga orang tidak bisa bermain dengan nama domain. Ah, mungkin memang kebijakan mereka dan saya menghargai saja.

Yak, sekarang sudah mendaftar, apakah sudah bisa trolling? 😛


NB: .com itu arti commercial, jangan asal pakai untuk sekolah dan NGO. 🙂