XServe memiliki aksesori JBOD (Just a Bunch Of Disks, sebuah server penyimpan besar) Promise VTrek E610F. Ia terhubung ke XServe dengan menggunakan dua koneksi fibre channel. VTrek menyediakan RAID 0, 1, 5, 6, 10, 15.

Nah, masalah muncul ketika kita butuh untuk mengonfigurasi VTrek. Hal ini terjadi misalnya karena iseng melepas salah satu cakram penyimpan lalu memasang lagi. Atau misalnya karena kita tidak suka dengan konfigurasi RAID yang ada. Atau kombinasi keduanya.

Untungnya VTrek menyediakan konsol manajemen berbasis web, WebPAM PROe. Untuk bisa terhubung ke sana, disarankan oleh manual bahwa konsol tersebut dan komputer harus terhubung ke switch. Artinya, kalau mau laptop kita terhubung langsung ke VTrek harus menggunakan kabel RJ45 silang (cross).

Setelah terhubung, ternyata DHCP tidak berjalan. Penasaran dengan itu, saya pun melihat XServe yang masih belum terkonfigurasi. Ia bisa menggunakan DHCP untuk terhubung ke WebPAM.

Dari hasil konsultasi  Mbah Gugel dan keberuntungan orang ganteng, saya akhirnya menemukan bahwa DHCP di OSX tidak standar. Ia menggunakan protokol Bonjour. Atau bahasa standarnya sekarang: Zeroconf.

Weleh, baru kali ini saya bersyukur AVAHI secara baku terpasang dan menyala di Debian/Ubuntu/Blankon. Tadinya saya bingung bagaimana cara mengonfigurasinya. Tetapi, ternyata di Blankon sudah gampang.

Koneksi ke VTrek

Klik kanan pada ikon Network Manager dan pilih Edit Connections.

Membuka Network Manager

Selanjutnya, buat profil koneksi baru dengan menekan tombol “Add” pada bagian “Wired”. Nanti muncul dialog profil baru. Di bagian “IPv4 Settings”,  ubah “Method” menjadi “Link-Local Only”. Biasakan untuk memberi nama profil koneksi. Saya menamakan “OSX Network”. Setelah selesai, simpan.

Profil Koneksi

Profil Koneksi

Setelah itu, kita bisa klik kanan dan mengaktifkan koneksi “OSX Network”. Sebagai informasi, ternyata mereka menggunakan IP lokal dengan netmask 255.255.0.0. Pertanyaannya adalah berapa alamat IP Trek?

Kata web, dia menggunakan alamat 10.0.0.1. Tetapi, itu Trek yang versi biasa sedangkan ini adalah Trek yang sudah dipaketkan khusus untuk XServe.

Untungnya, salah satu protokol Zeroconf adalah mDNS/DNS-SD. Yay! Ini lebih gampang dari yang dikira. Saya pun pergi ke konsol dan ketik:

$ avahi-browse -a
+   eth0 IPv6 rajagukguk-laptop [00:1b:38:9e:e2:1c]         Workstation          local
+   eth0 IPv4 rajagukguk-laptop [00:1b:38:9e:e2:1c]         Workstation          local
+   eth0 IPv6 rajagukguk-laptop                             Remote Disk Management local
+   eth0 IPv4 rajagukguk-laptop                             Remote Disk Management local
+   eth0 IPv4 Promise-VTrak-E610f-2000-0001-5561-0c04 [00:01:55:61:0c:04] Workstation          local
+   eth0 IPv4 Promise VTrak E610f 2000-0001-5561-0c04       Web Site             local
^CGot SIGINT, quitting.
Perintah Avahi untuk mendapatkan layanan yang ada di dalam jaringan ini mencari layanan dengan melakukan multicastke jaringan. Nah, perhatikan keluaran yang saya garis merah. Alamat VTrek adalah "Promise-VTrak-E610f-2000-0001-5561-0c04.local". Oh, iya, di akhir pencarian saya menekan CRTL+C untuk menghentikan pencarian.

Setelah itu, tinggal nyalakan Firefox dan pergi ke halaman WebPAM.

WebPAM PROe

WebPAM PROe