Untuk menggunakan Varnish, NGINX, dan PHP-FPM di Debian Squeeze, gunakan repositori DotDeb. Dotdeb disalin di KAMBING. Untuk mengaktifkan DotDeb:

$ cat /etc/apt/sources.list.d/dotdeb.list 
deb http://kambing.ui.ac.id/dotdeb/ squeeze all

PHP-FPM adalah jawaban dunia PHP untuk mode FastCGI. Sebelumnya, FastCGI untuk PHP dilakukan dengan menggunakan sebuah server web yang berjalan di belakang. Aplikasi server yang banyak dipakai misalnya SpawnCGI, FCGId, dan NGINX itu sendiri. Skenario ini agak kurang ampuh karena PHP tidak melakukan optimasi untuk itu.

Menurut orang-orang di web, NGINX tidak begitu baik dalam hal menembolokkan isi situs (walau sebagai reverse proxy ia sangat terbukti ampuh). Untuk itu, gunakan Varnish atau Squid. Para agan situs sekarang ini sepertinya mulai banyak memilih Varnish. Terbukti, kalau kita tanyakan kepada Mbah Gugel, topik “php-fpm nginx” itu sudah banyak yang membahas.

Sejauh penemuan saya, Drupal memiliki versi yang teroptimasi untuk Varnish yang dinamakan PressFlow. Untuk WordPress, ada WP-Varnish sudah mendukung penggunaan Varnish. Untuk kedua aplikasi tersebut, Varnish sepertinya sudah mumpuni. Sayangnya, Moodle tidak begitu bagus menggunakan Varnish. Semua barangnya diberi sesi sehingga sulit untuk ditembolokkan.

Tentu saja, pemilihan sistemberkas berpengaruh. Untuk MySQL, beberapa orang menyarankan menggunakan XFS. Untuk yang eksperimentalis, Anda bisa menggunakan Reiser4 untuk direktori web. Tetapi, perlu diketahui bahwa Reiser4 tidak didukung secara resmi dan sangat berbahaya (katanya). Menurut penuturan orang, JFS juga bagus.

Sepertinya banyak yang perlu dipelajari, terutama Moodle. Dia sepertinya bisa teroptimasi bila menggunakan Memcached.

Bacaan Lebih Lanjut:

Varnish tweak: https://www.varnish-cache.org/trac/wiki/Performance

Penembolok WordPress: http://www.thewpwiki.com/extensions/cache

Pengujian penembolok WordPress: http://cd34.com/blog/scalability/wordpress-cache-plugin-benchmarks/

Studi kasus sistemberkas: http://linuxtweaks.wordpress.com/tag/reiserfs-reiser3/

Moodle tweaks: http://docs.moodle.org/20/en/Performance

Moodle, Postgre atau MySQL: http://moodle.org/mod/forum/discuss.php?d=49195