Teknologi sekarang canggih sekali, terutama dalam usaha penerjemahan. Hal ini dimanfaatkan oleh para penyampah (SPAMMER) untuk melakukan social engineering attack. Social engineering attack adalah usaha pembobolan sebuah sistem dengan memanfaatkan kelengahan pengguna. Tekniknya banyak dan yang biasa digunakan misalnya phising dan menguntit dalam dunia maya (cyber stalking).

Dari waktu ke waktu kami mencatat penipuan yang digunakan oleh para penyampah untuk mencuri informasi login UI di sini. Perhatikan evolusi yang menakutkan surel dari waktu ke waktu. Yang paling bawah adalah yang paling terbaru saat ini. Bahasa yang digunakan sudah sangat natural sehingga tidak terasa seperti proses penerjemahan. Wow! Uhm, maksud saya: Duh! [Sebagai akademisi, saya kagum dengan teknik Temu Kembali yang semakin canggih, tapi secara administrator saya merasa sedih]

Sudah ada orang yang menjadi korban. Hal ini menyebabkan pengiriman dari Universitas Indonesia ke Yahoo! Mail tersendat-sendat. Saya bukannya sentimen kepada Yahoo! Mail, mereka berhak memblok kami karena kami kurang awas. Tapi, kok rasanya GMAIL, SpamCop, SpamHaus, SenderBase, dan beberapa anti SPAM yang harus dihubungi satu persatu tidak pernah memblok dengan begitu kuat.

Ah, entahlah, saya tidak ingin menyalahkan siapa pun. Yang pasti, sudah ada banyak antrian ke Yahoo! Mail sekarang. Sudah sejak lama kami pasang peringatan kepada pengguna bahwa kami tidak pernah meminta informasi akun apalagi sandi kepada pengguna. Ditulis dengan warna merah dan ditaruh paling atas.

Bagaimana strategi rekan-rekan dalam mengatasi hal ini?