Saya memiliki perangkat Nexian Journey. Saya juga paling risih lihat perangkat vanilla. Itu sebabnya saya menggunakan CM7 sebagai perangkat dan mengambil kernel SuperAOSP 8.0-RC agar hemat energi. Masalahnya, saya kehilangan salah satu aplikasi penting: YouTube. Google Market yang saya gunakan tidak menyertakan YouTube di dalamnya.

Untungnya, saya menemukan bahwa Google Market dapat dikunjungi melalui peramban. Canggihnya lagi, ketika kita mencoba memasang aplikasi, tekan tombol Install, maka dia akan mendeteksi perangkat Android kita. Nexian Journey dikenali sebagai Commtiva Z71.

Biar gampang, ini saya kasih contoh satu cara penggunaan. Misalnya, saya hendak memasang Adobe Flash.

Ketikkan pada kotak pencarian yang terdapat di halaman depan: “Adobe Flash”

Cari

Ketikkan "adobe flash" pada pencarian.

Kemudian, cari Adobe Flash di daftar pencarian dan klik “Install”. Sayangnya, saya tidak bisa melanjutkan. Katanya aplikasi ini tidak bisa dipasang karena limitasi negara. Tapi, untuk Google Docs bisa.

Tutorial ini tidak beres dan lengkap? Biarin! 😛

(Tutorial tidak beres ini sebagai bentuk protes karena ada aplikasi yang tidak dapat dipasang pada negara Indonesia ;-()

Kalau ada yang bisa, ini contohnya ketika saya memasang Evernote (caranya sama):

 

Pasang evernote pada Android

Pasang evernote pada Android

Lihat! Jika dia boleh dipasang di negara ini, dia akan segera mendeteksi aplikasi Android kita yang sedang terhubung ke Google. Wow! Klik “Install” dan aplikasi akan dikirim secara otomatis ke telepon Anda.