Ubuntu 11.04 telah diluncurkan. Kalau saya boleh bilang, Ubuntu kali ini adalah sebuah produk pertama hasil inovasi Canonical dengan komunitas Ubuntu. Salah satu inovasinya adalah penggunaan Unity sebagai Desktop Manager. Unity adalah sebuah produk Ubuntu untuk menghasilkan antarmuka yang intuitif dan bagian dari Project Ayatana, sebuah proyek riset antarmuka komunitas Ubuntu yang dipimpin oleh Canonical.

Alm. Paus Yohanes Paulus II diberkati (beatified) pada tanggal 1 Maret. Proses pemberkatan ini memberikan peluang bagi Beliau untuk dapat dicalonkan menjadi santo. Saat ini orang banyak mengenalnya dengan aib anak buahnya yang terlibat pelecehan seksual sehingga banyak orang liberal yang menentang hal tersebut. Tetapi, menurut saya pribadi, Beliau termasuk seorang tokoh pemersatu dan telah berjuang untuk kedamaian selama puluhan tahun hidupnya. Saya ingat, Beliau pernah mengunjungi Indonesia. Oh, ya, tahukah Anda bahwa di bawah Beliau, Vatikan membela rakyat Palestina. Jadi, menurut saya, Beliau memang layak disebut sebagai tokoh pendamai. Omong-omong, saya bukan seorang Katolik, jadi saya tidak tahu istilah beatification itu apa dalam Bahasa Indonesia.

Osama Bin Laden telah meninggal dalam sebuah operasi penyerbuan oleh tim Navy SEAL Amerika. Hal yang menarik adalah hal ini membuat Partai Republik bungkam. Dari banyak hal yang saya lihat, selama ini Partai Republik sering kali menjatuhkan citra Obama. Dengan adanya berita ini, banyak orang Amerika (setidak dari blog-blog yang saya baca) bertanya apakah Presiden AS bisa mengakhiri perang Irak dan memanggil pulang tentaranya. Asal Anda tahu, tidak semua warga AS setuju perang Irak. Tetapi, presiden terdahulu (Bush) membuat Patriot Act untuk membungkam suara-suara “sumbang”.

Majalah TEMPO menulis tentang makam seorang pahlawan yang dibongkar. Sejujurnya, ini mengangkat nilai sentimentil saya. Apakah sedemikian buruknya kita menghargai pahlawan kita? Walau pun mereka tak sempurna, tidakkah kita bisa menghargai jasa yang besar? Bukankah kita selalu bilang, “bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya”? Saya tidak tahu sejarah beliau, tetapi saya prihatin. Semoga ini bisa diselesaikan dengan baik.

Yak, sekian dari berita terbaru saya.