Bagi yang tidak tahu bagaimana cara mencari jurnal ilmiah, Anda bisa mencarinya menggunakan Google. Misalnya, Storage Area Network, maka ketik di Google “Storage Area Network paper”. Dan urutan pertama pencarian yang saya dapatkan adalah whitepaper (dokumen teknis) yang berjudul “Storage Area Network Architectures. Technology White Paper”.

Untuk dapat mengutip dokumen ilmiah, saya biasanya mencari di CiteseerX. Tinggal cari dan ketik “Storage Area Network” maka akan diketemukan dokumen ilmiah yang relevan. Dalam contoh ini, dapat diketemukan bahwa dokumen ilmiah yang terbaru terbit tahun 2002 dan dokumen yang teratas tahun 2000. Hal ini menandakan bahwa teknologi ini sudah lama dan kemungkinan sudah cukup stabil.

Itu sebabnya, sekarang ini saya lebih suka berlangganan kepada situs-situs teknologi dan berlangganan planet-planet teknologi. Saya hanya berlangganan di dunia FOSS. Bukannya saya pilih kasih, planet teknologi yang ada di FOSS itu lebih personal dan terbuka dalam membahas jeroan teknologi yang sedang berkembang. Bahkan, ide-ide yang belum muncul tetapi potensial didapatkan di sana.

Untuk situs-situs berbayar seperti IEEE, selain memanfaatkan fasilitas kampus, silakan colek-colek kolega yang ada di universitas luar Indonesia. Mereka biasanya punya akses tak terbatas kepada jurnal-jurnal tersebut. Tetapi, terkadang kalau kita tahu surel orang yang menulis paper tersebut, kita bisa menulis kepada mereka. Biasanya mereka merespon dengan baik dan mau memberikan masukan tentang topik yang hendak kita cari. Hanya saja, jangan terlalu berharap, karena bisa jadi mereka sedang sibuk atau sudah emeritus. Ha… ha… ha….

Punya Kita Sendiri

Nah, ini saya belum pernah coba. Tapi, saya iseng-iseng mencoba mencari referensi jurnal nasional. Lalu, saya menemukan Jurnal Makara, Repositori UI, dan perpustakaan UI sendiri. Untuk Jurnal Makara dan Repositori UI sepertinya tidak tertatar. Perpustakaan UI membutuhkan akses fisik ke perpustakaan UI. Tetapi, setidaknya kita bisa cek dulu sebelum datang.

Satu lagi usaha dari INHERENT Dikti adalah membuat Garuda. Tampilan seperti Bing, gambar latarnya berat. Tetapi, hasil pencarian yang digunakannya sangat cepat. Dia sepertinya menggunakan Lucene sebagai indexer engine.

Bagaimana cara Anda mencari bahan?