Di tengah insomnia ini, saya menemukan situs UI yang keren: http://www.clr.ui.ac.id/

CLR UI bukan menghapus memori register UI dalam bahasa mesin, tetapi artinya Center for Learning Resource Universitas Indonesia. [EDIT: OK, saya tahu ini lelucon gagal, ah, saatnya tidur…]

Mereka menyediakan layanan SCeLE UI, sebuah fasilitas e-learning untuk seluruh sivitas akademika Universitas Indonesia. SCeLE ini adalah sebuah layanan yang menyediakan fasilitas perkuliahan seperti forum, papan pengumuman, kalender akademik, bahkan tempat mengunggah bahan-bahan kuliah. Jadi, satu mata kuliah bisa mempunyai halamannya sendiri yang memiliki fasilitas-fasilitas tersebut. Dosen juga bisa menyiapkan layanan khusus untuk mengunggah tugas-tugas mahasiswa.

Yang paling seru, mereka ternyata memiliki fasilitas Mobile SCeLE. Kerennya lagi, mereka memiliki petunjuk cara penggunaannya. Jauh lebih lengkap dibanding cara penggunaan mesin e-Akses, ha… ha… ha….

Wogh, mereka juga memiliki kalender acara penggunaan GDLN. Wah, di situs GDLN-nya juga ada sumber-sumber yang bisa diunduh untuk setiap acara di GDLN. Setidaknya ini mirip dengan opencourseware-nya beberapa pendidikan tinggi dunia. GDLN memanfaatkan jaringan INHERENT untuk membuka kesempatan bagi universitas-universitas di Indonesia dalam melakukan teleconference, contohnya ini.

Mereka juga menyediakan pelatihan tentang webmail.  Cara untuk menyedot surel UI ke Yahoo! Mail dan GMail ada di sana. Saya akui, panduan ini lebih manusiawi dibandingkan dengan yang ada di Webmail UI.

CLR ini dikelola oleh PPSP UI. Ah! Melihat wajah mereka, jadi teringat peristiwa lampau sewaktu tim admin UI dibantai mereka di pertempuran sengit air soft gun di Sari Ater. I want rematch! 🙂

Berhubung saya sudah selesai menyalin lagu ke Android yang baru saya baharui, saatnya memaksa tidur mata ini. Saatnya tidur. Malam, semua.

Center for Learning Resources – Universitas Indonesia