Menurut analisis dari Tomi T. Ahonen, Nokia sudah mengalami kekalahan banyak semester kemarin. Itu sebabnya, siapa pun CEO baru Nokia, akan ada kehilangan dari pihak Nokia. Harus ada yang diamputasi.

Lalu mengapa N9 diamputasi ditahan setahun peluncurannya? N9 seharusnya menjadi telepon genggam pertama Nokia yang mengangkat harkat Meego. Isu yang berkembang adalah karena adanya tablet yang akan diluncurkan oleh Nokia.

Sayangnya baik Tomi maupun para spekulan itu tidak tahu, Stephen Elop memiliki saham di Microsoft. Tentu saja, ia sebagai salah satu mantan eksekutif Microsoft, akan membela Microsoft yang telah kehilangan bagian pasar (1,5% saja) di pasar perangkat bergerak. Ini bisa jadi sabotase dari Microsoft.

Mari kita ikuti drama sabun Nokia. Mari kita berharap agar Nokia tidak masuk daftar rekan strategis yang mati akibat kelakuan Microsoft.


NB: Saya bukan pengguna Nokia. Tetapi, Nokia adalah contoh nyata untuk membuktikan apakah meninggalkan FOSS adalah benar atau salah. Nokia bisa menjadi tumbal untuk pembenaran dua paham yang sedang berkembang. Menarik untuk diikuti.