Tadinya saya ingin memperkenalkan perlahan-lahan apa saja opsi yang bisa kita lakukan. Tetapi, ternyata saya sudah gerah dan ingin segera mengoprek-oprek secepatnya. Maka, saya perkenalkan cara untuk mengoprek yang relatif aman.[1] Hal-hal yang perlu diperhatikan:

  1. Asumsi Tutorial ini A890 Anda masih perawan dan Anda sudah punya banyak aplikasi yang cukup. Anda bosan dan ingin menyentuh Android versi lain.
  2. Buat cadangan (backup)!
  3. Ganti SDCard yang asli dengan SDCard yang Anda beli sendiri. Paling bagus Anda membeli SDCard kelas 6 untuk performa dan ketahanan. SDCard yang asli berukuran 1 GB, tetapi saya sarankan untuk membeli 4GB+. Selain bisa buat menampung cadangan, Anda dapat bebas menampung banyak hal lainnya.
  4. Agar aman, usahakan Anda lakukan ini semua dengan baterai setidaknya 50%.

Persiapan di Android Asli

Pertama, pasang aplikasi z4root untuk mendapatkan akses root (rooting). Aplikasi ini memanfaatkan celah keamanan untuk memasang busybox dan su. Saya pilih untuk akses root menjadi permanen.

Setelah itu, masuk ke pasar, cari dan pasang Superuser.  Seluruh paket yang membutuhkan akses root akan diatur oleh Superuser. Maka, penting untuk memasang aplikasi ini. Aplikasi ini seperti sudo di GNU/Linux atau pun Administration Rights di Windows Vista.

Selamatkan Aplikasi

Langkah ketiga, masuk ke pasar dan pasang MyBackup Root. Ada banyak aplikasi pengatur cadangan, tetapi saya memilih yang ini karena berjalan baik dan tidak neko-neko. Dari Eclair asli Nexian Journey, saya pasang aplikasi ini. Lalu saya pindah ke CyanogenMod versi 7 RC0 Build 7, aplikasi ini memperbaiki hampir semua! Hanya Aldika Book Reader yang gagal jalan.

Ketika pertama kali kita ditanyakan oleh MyBackup Root, “Please set your Password:” . Nah, ini dilewati saja dengan memilih “Don’t Ask Again“.  Fitur menyelamatkan secara daring hanya berlaku di versi Pro. Lagipula, kita cukup menyelamatkan aplikasi-aplikasi kita ke SDCard saja.

Untuk menyelamatkan aplikasi kita, pilih “BACKUP”.  Lalu pilih “Applications & Media“. Sejujurnya, saya tidak tahu apakah data perlu diselamatkan juga. Tetapi, saya hanya perlu menyelamatkan apa yang perlu saja. Kemudian, pilih untuk menyelamatkan ke “Local (SD Card)“. Setelah itu, beri tanda centang ke “Apps” dan “Photos” untuk menyelamatkan seluruh aplikasi dan foto-foto kita. Terakhir, beri nama penyelamatan kita lalu pilih “Ok“.

Pasang ROM Manager dan Clockwork Recovery

Langkah keempat, masuk ke pasar dan pasang ROM Manager. Aplikasi ini akan memasang ClockworkMod untuk pemulihan (recovery). Android setidaknya memiliki 2 image untuk modus-modus yang dia gunakan:

  1. Image normal yang berisi bootstrap sistem operasi.
  2. Image untuk modus pemulihan.

Nah, untuk memasang sistem baru dibutuhkan image untuk modus pemulihan. Jalankan ROM Manager. Versi terbaru ROM Manager pada saat penulisan adalah v3.0.0.7.  Pilih “Flash ClockwordMod Recovery”. Pada Confirm Phone Model, pilihlah “Commtiva Z71 (Boston, Blaze, and more)“. Tunggu beberapa saat, ROM Manager akan mengunduh image ClockworkMod dan memasangnya. Sebaiknya setelah selesai Anda menyalaulangkan A890.

Catatan dari saya, jangan kuatir apa bila modus pemulihan Anda gagal. Kemungkinan proses pemasangan image tidak sempurna, jadi Anda bisa mengulang proses paragraf sebelum ini. Asumsi langkah-langkah berikutnya adalah Anda sudah memasang ClockwordMod Recovery.

Persiapan di Komputer

Anda bisa pilih banyak rasa Android, tetapi untuk ini saya memasang CyanogenMod (CM). Saat ini saya berjalan dengan versi nightly build. Pertama-tama, Anda perlu mengunduh versi nightly build dari repositori ini. Tadi malam saya mendapati versi 7.0.0 RC0 Build 7, baru saja saya periksa sudah ada yang Build 8. Silakan unduh yang terbaru.

CM tidak menyediakan aplikasi Google, Anda harus mengunduhnya terpisah. Menurut artikel Boston Mania[2], Anda dapat mengunduh aplikasi yang ada di sini atau versi lengkap yang ini.

Sampai sini, sudah ada 2 berkas yang terunduh:

  1. cm_z71_full-7.zip, sistem CM, ganti versi dengan versi yang terbaru.
  2. gapps-gb-20110115-signed.zip, kumpulan aplikasi Google.

Selamatkan ROM Asli

Sebelum melangkah lebih lanjut, terlebih dahulu lakukan penyelamatan data. Masuk ke ROM Manager, dan pilih “Backup Current ROM” untuk menyelamatkan sistem Anda. Sistem akan otomatis menyalaulangkan dirinya dan masuk ke modus pemulihan. Di modus inilah seluruh partisi internal Anda diselamatkan.

Selamatkan Isi SDCard

Setelah itu, langkah berikutnya adalah menyelamatkan data-data yang ada di SDCard ke komputer. Tidak semua data perlu diselamatkan, tetapi jika Anda paranoid, silakan saja menyelamatkan semua. Saya sendiri memilih untuk hanya menyelamatkan direktori

clockwordmod

,

eBooks

, dan

rerware

. Direktori

clockworkmod

adalah direktori pemulihan ROM Manager dan

rerware

adalah direktori MyBackup Root.

Hubungkan A890 Anda ke komputer dengan kabel USB. Lalu, tarik panel atas dan tekan pesan untuk mengaktifkan SDCard Anda sebagai penyimpan USB. Salin direktori-direktori tersebut ke komputer. Lalu, nonaktifkan kembali modus penyimpan USB. Tahap penyelamatan data ini penting karena kita mau memformat ulang SDCard.

Memasang Roti Jahe

Partisi Ulang SDCard

Masuk kembali ke ROM Manager dan pilih “Partition SD Card“. Mulai versi Froyo, Android sudah membagi partisi SDCard menjadi 3 partisi; partisi untuk program, partisi untuk swap, dan partisi biasa. Saya punya SDCard 4GB, maka partisi saya; 512MB ext2, 32MB swap, dan sisanya partisi biasa. Silakan nyalaulangkan A890 Anda.

Isi Kembali SDCard

Hubungkan kembali A890 Anda ke komputer dan aktifkan modus penyimpan USB. Salin kembali direktori-direktori yang telah diselamatkan. Salin juga 2 berkas ZIP yang telah kita unduh (CM7 dan GApps) ke direktori dasar dari SDCard Anda. Setelah itu, matikan modus penyimpan USB.

Pasang Roti Jahe Sekarang

Nyalakan kembali ROM Manager dan pilih “Install ROM from SD Card“. Rambah ke SDCard dan pilih berkas ZIP CM7 yang sudah diunduh. Jalankan seluruh proses sampai telepon dinyalaulangkan ke Android CyanogenMod normal. Saat ini aplikasi Google (GApps) belum terpasang.

Untuk memasang aplikasi Google, masuk ke ROM Manager dan pilih “Reboot into Recovery“.  A890 akan menyalaulang dan masuk ke ClockworkMod Recovery. Selanjutnya: (untuk dapat memilih Anda dapat gunakan trackball)

  1. Pilih “– install zip from sdcard
  2. Pilih “– choose zip from sdcard
  3. Pilih berkas ZIP GApps yang sudah Anda unduh.
  4. Tunggu sebentar….
  5. Tekan tombol [POWER] untuk kembali ke menu selanjutnya terus sampai ke menu utama.
  6. Pilih “– reboot system now
  7. Selesai.

Kembalikan Aplikasi Lama

Masuk ke pasar dan pasang kembali MyBackup Root. Masuk ke MyBackup Root:

  1. Pilih “RESTORE”.
  2. Pilih “Applications & Media
  3. Pilih “Local (SD Card)
  4. Pilih nama yang Anda pilih waktu menyelamatkan.
  5. Tunggu sebentar…
  6. Pilih aplikasi dan foto yang hendak diselamatkan.
  7. Pilih “Ok

Omong-omong, Anda bisa memilih aplikasi mana saja yang hendak diselamatkan. Sebaiknya Anda tidak memilih aplikasi yang sudah ada di CM7.

Selesai

-=tamat=-


  1. Tidak ada yang aman kalau berhubungan dengan firmware dan orang yang ceroboh tak mau baca. Saya tidak bertanggung jawab jika perangkat Anda tak dapat digunakan. ^
  2. Boston Mania, [Rom 2.3] Cyanogen MOD 7 for Z71 – Build 7, situs: http://boston-mania.blogspot.com/2011/01/rom-23-cyanogen-mod-7-for-z71-build-7.html ^