Apakah Anda seperti saya ingin memiliki CD asli dan ingin mempertahankan kualitas rekaman? Sering kali CD yang kita beli sudah termakan usia. Atau, terkadang pemutar CD tidak bersahabat dan meninggalkan goresan seperti laiknya anak 4lay di tempat-tempat umum. Ini seringkali menimbulkan suara yang terputus pada hasil rip saya. Rasanya tidak enak mendengarkan musik berkualitas dengan ada patah-patah.

Bagaimana Cara Mereka Melakukan RIP?

Biasanya, sebuah enkoder melewatkan data dari CDDA ke PCM WAV dulu baru diubah ke format yang kita kehendaki. Masalahnya, ketika CD telah dipenuhi oleh bekas luka, proses tersebut menimbulkan gap yang menyebabkan adanya titik-titik kosong (glitches) .

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, gunakanlah CDDA Paranoia. CDDA Paranoia membaca langsung data di dalam CD dan melakukan deteksi galat. Dia membaca mentah kemudian mengonversikannya ke format WAV. Di K3B, itu ada pilihannya dan saya memilih level 3, level tertinggi yang ditawarkan oleh K3B. Prosesnya jadi jauh lebih lama, tetapi sepadan dengan harga CD asli yang di atas 50.ooo rupiah.

Bersahabatlah dengan back up! 😛