Pak Jul (bukan nama sebenarnya) adalah salah seorang petani tomat di desanya. Pak Hermanto (bukan nama sebenarnya) adalah seorang pengusaha waralaba masakan tradisional. Pak Jalawe (bukan nama sebenarnya) adalah seorang pengusaha transportasi. Mereka tidak tahu satu sama lain dan mereka tidak pernah berhubungan. Padahal, mereka masih di Pulau Jawa.

Perusahaan X berusaha mengalirkan CSR. Sekolah perintisan Y membutuhkan dana untuk proyek mereka, yakni pengadaan Internet sekolah. Keduanya tak pernah tahu keberadaan satu sama lain.

Perusahaan Z bergerak di bidang elektronik. Mahasiswa A memiliki ide untuk pengembangan ID Card sederhana untuk pengelolaan barang. Lebih murah dan efisien karena dia menggunakan teknologi terbaru, dengan protokol Z-Wave.

Dr Tian (bukan nama sebenarnya) memiliki kesimpulan aneh tentang pernapasan pasiennya. Ia tinggal di kota X. Dr. Albert (bukan nama sebenarnya) adalah seorang spesialis paru-paru lulusan John Hopkins. Ia berharap bisa membantu rekan senegaranya, makanya ia pulang ke Indonesia. Ia tinggal di Jakarta. Keduanya tidak pernah bertemu dan tidak saling kenal.

Onno W. Purbo dan kawan-kawan berusaha menghadirkan Internet kepada pelosok-pelosok. Mereka bahkan sampai belajar ke Thailand untuk membuat BTS sederhana. Namun, hambatan yang  seringkali mengganjal adalah persoalan sederhana: Pengadaan listrik. Mahasiswa B, C, dan D adalah mahasiswa-mahasiswa tingkat akhir di bidang elektronik arus kuat. Mereka masing-masing sedang mengadakan tugas akhir perancangan pembangkit listrik tenaga alternatif.

Iang (bukan nama sebenarnya :P) adalah seorang mahasiswa/asisten riset di Amsterdam. Ia memiliki akses pengetahuan dalam membuat sebuah meja layar sentuhan-ganda (multi-touch screen) dengan bahan-bahan murah. Lab X adalah sebuah Lab di Indonesia yang hendak membuat penelitian tentang teknologi terkini yang bisa terjangkau. Mereka tak pernah tahu satu sama lain.

JP (bukan nama sebenarnya :P) adalah seorang yang cuma bisa bicara. Makanya, ia menulis ini dan bertanya kepada kawan-kawan: Adakah tempat nyata/situs di mana pihak-pihak tersebut bisa saling bertemu; di mana ide-ide tersebut dapat dibagikan dan semua orang bisa saling bertemu?

Indonesia Idea Marketplace. <– I’m wishing this is not a broken link like now…. :((