Dewasa ini media pemutar film sudah mampu menyediakan film dengan detail tinggi/definisi tinggi. Hal ini diikuti dengan monitor yang sudah menyediakan rasio aspek 16:9 (layar lebar). Bandingkan dengan monitor-monitor lama yang menggunakan rasio 4:3. Teknologi media penyimpanan juga telah berkembang untuk dapat menyimpan film dengan detail tinggi. Teknologi seperti Blue Ray dan HD-DVD berlomba untuk dapat menyimpan berkas-berkas tersebut.

Sayangnya, pemutar berkas dengan detail tinggi masih mahal dan belum terjangkau. Hal ini sangat disayangkan karena monitor berdefinisi tinggi sudah banyak terdapat di pasaran. Untungnya, di GNU/Linux sudah berkembang pemutar video yang dapat memainkan berkas-berkas film berdefinisi tinggi. Sehingga, terbuka kemungkinan untuk menciptakan solusi teater rumah yang terjangkau, yakni cukup dengan menggunakan komputer pribadi sendiri.

Seberapa jauhkah kemampuan komputer saat ini dapat memainkan film-film dengan format tersebut? Apakah GNU/Linux mampu memainkannya dengan baik? Penulis berusaha menjawab pertanyaan tersebut dengan mencoba memainkan berkas-berkas tersebut menggunakan MPlayer, sebuah pemutar media di GNU/Linux.

Cara Memainkan

$ mplayer SEBUAH_PELEM_6Channel_1920x1080_Blu-ray_FLAC.mkv -vo vdpau -cache 8192 -ao oss -channels 6 -af hrtf -ass -embeddedfonts

Keterangan

-vo vdpauMenyuruh MPlayer menggunakan VDPAU, sebuah driver khusus GNU/Linux untuk kartu grafik nVIDIA. VDPAU memroses gambar langsung di kartu grafik.
-cache 8192Berkas film ada di komputer orang, saya mengaksesnya menggunakan SAMBA. Agar tidak patah-patah, perlu disimpan di tembolok sebelum memainkan aliran berkas tersebut. Sejujurnya, ini pun masih patah-patah dan terhenti di jalan (sepertinya sang empunya PC memutuskan koneksi ke jaringan…)
-ao ossSaya menggunakan OSS4.
-channels 6 -af hrtfBerkas tersebut menyediakan format FLAC dengan 6 kanal. Saya menurunkan (downmix) menjadi 2 kanal dengan menggunakan HRTF. HRTF adalah algoritma yang dibuat oleh MIT yang dioptimasi agar 6 kanal dapat diturunkan menjadi 2 kanal sehingga dapat dinikmati menggunakan headphone.
-ass -embedded-fontsMemberi tahu MPlayer untuk memperlakukan teks penerjemah (subtitle) berformat ASS dan menggunakan huruf yang tersedia di dalam berkas MKV tersebut.

Kesimpulan

Hasil memainkan berkas cukup menjanjikan. Awalnya ketika di lagu pembuka, MPlayer berjalan mulus. Beberapa saat setelah mulai animasi mulai patah-patah dan diikuti dengan film terputus di tengah jalan. Saran penulis untuk mengatasi masalah tersebut dengan beberapa langkah:

  1. Meminta maaf kepada pemilik PC dan meminta izin dahulu kepada pemilik PC.
  2. Menyalin terlebih dahulu berkas film tersebut ke komputer sendiri. Tetapi, perlu diingat bahwa film Blue Ray berukuran besar.

Demikian.