Setelah komite komunitas OpenSolaris membunuh diri mereka sendiri, kini giliran komunitas OpenOffice.org yang melepaskan diri dari Oracle. Semenjak Oracle membeli SUN, beberapa proyek perangkat lunak bebas/terbuka banyak yang melepaskan diri. Kasus MySQL AB yang merupakan aset SUN misalnya, menjadi perdebatan hukum di Eropa karena hukum Antitrust. Selain itu, pendiri MySQL yang telah melepaskan sahamnya ke SUN menyatakan kekecewaannya dan mengajak untuk mengambil kode MySQL dan membuat proyek baru dari kode tersebut (forking). Yang paling mengejutkan adalah James Gosling tidak lagi di SUN. Ia berhenti setelah Oracle mengambil alih SUN.

[James Gosling adalah Bapak dari Java. Ia yang menjadikan hampir semua perangkat lunak di HP Anda bisa ada.]

Oracle memang sebuah fenomena yang baru, tetapi tindakan negatif mereka justru membuktikan bahwa sebuah perangkat lunak bebas/terbuka tidak akan pernah bisa mati. Bayangkan seandainya OpenOffice.org adalah sebuah solusi yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan komersial. Anda dapat kehilangan dukungan terhadap perangkat lunak Anda. Tidak salah jika kita mempercayakan proses bisnis kita kepada perangkat lunak bebas/terbuka.

Sampai jumpa, OpenOffice.org! Halo, LibreOffice!

Referensi:

LibreOffice Is The New OpenOffice.org – Phoronix

Phoronix is the leading technology website for Linux hardware reviews, open-source news, Linux benchmarks, open-source benchmarks, and computer hardware tests.

http://www.documentfoundation.org/faq/

http://www.eweek.com/c/a/Application-Development/Java-Creator-James-Gosling-Why-I-Quit-Oracle-813517/